7 Agustus 2021

Mengganti Gantungan Knalpot Toyota Kijang Super

Gantungan Knalpot Toyota Kijang Super (5K-KF40)
Gantungan Knalpot Toyota Kijang Super (5K-KF40)

Hmm, sepertinya ada suara yang agak aneh pada bagian bawah si Kirun belakangan ini. Suaranya terdengar seperti ada besi bergetar, tetapi tidak selalu terdengar selama mesin menyala atau selama mobil berjalan, hanya terdengar ketika pedal gas dilepas atau digantung. Suara tersebut akan lebih sering muncul ketika mobil sedang dipacu melewati jalan menurun yang cukup panjang. Terasa agak aneh kan?

Setelah ditelusuri akhirnya ketemu juga sumber masalahnya, yaitu 2 dari 3 buah gantungan knalpot mengalami kerusakan. Satu buah karetnya lepas atau rontok dengan sendirinya (gantungan nomor 2), sementara yang satunya lagi (gantungan nomor 3) malah hilang entah ke mana, huhuhuhu. Beruntung, gantungan yang di ujung belakang (gantungan nomor 1) masih cukup terpasang erat sehingga knalpot masih bisa tetap berada pada tempatnya. Yup, beginilah resiko mobil dengan status ratu garasi, begitu dicoba tes lari marathon dan lari lintas alam, ada saja komponen-komponen uzur yang protol di jalan, huhuhuhu.

posisi gantungan 1 (belakang)
posisi gantungan 1 (belakang)
posisi gantungan 2 & 3 (tengah)
posisi gantungan 2 & 3 (tengah)
posisi gantungan 2
posisi gantungan 2
posisi gantungan 3
posisi gantungan 3

Oke deh, karena sumber masalahnya telah ditemukan, ayo kita mulai acara main montir-montirannya, hehehehe.
  1. Siapkan gantungan knalpot yang baru. Nama suku cadangnya adalah 'cushion' dengan kode 90917-08009. Apabila ingin diganti semua jumlahnya ada 3 buah. Akan tetapi cukup ganti saja pada komponen yang mengalami kerusakan.

    gantungan knalpot
    gantungan knalpot

    Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli gantungan knalpot Toyota Kijang Super (KF40) di sini:

    gantungan knalpot kijang super
    shopee

    tokopedia

    jd id

    blibli


  2. Siapkan juga kunci ring 12', cairan penetran, gemuk (grease) dan kain lap.

    kunci ring 12', cairan penetran, grease
    kunci ring 12', cairan penetran, grease

  3. Pastikan kondisi suhu knalpot sudah cukup aman atau tidak panas sebelum melakukan pekerjaan ini. Oh iya, pada contoh kasus kali ini aku akan melakukan penggantian pada gantungan knalpot nomor 2 atau yang berada di belakang tabung knalpot.
    Lepas 2 buah baut-mur pengunci dengan menggunakan kunci ring 12' (lihat tanda panah). Hmm, jika susah melepasnya, coba semprotkan dulu cairan penetran pada sekitar baut-mur tersebut, lalu diamkan sejenak. Kemudian coba ulangi lagi sampai bisa dilepas.

    lepas 2 baut-mur pengunci
    lepas 2 baut-mur pengunci

  4. Kemudian bersihkan dan periksa pada mur dan baut pengunci. Pastikan baut dan mur tersebut masih cukup layak untuk digunakan kembali. Jika dirasa sudah tidak layak sebaiknya baut dan mur tersebut diganti juga dengan yang baru. Hmm, pada contoh kasus kali ini kondisi baut dan mur masih cukup layak untuk digunakan kembali, jadi tidak perlu diganti, hehehehe.

    bersihkan dan periksa baut-mur pengunci
    bersihkan dan periksa baut-mur pengunci

  5. Hmm, sebelum gantungan knalpot yang baru dipasang, sebaiknya bersihkan dulu pada bagian sekitar dudukan gantungan knalpot dari debu dan kotoran (lihat tanda panah).

    bersihkan dari debu dan kotoran
    bersihkan dari debu dan kotoran

  6. Kemudian pasang gantungan knalpot yang baru, lalu pasang dan kencangkan baut-mur penguncinya (lihat tanda panah). Oh iya, lapisi tipis gemuk (grease) pada baut dan mur sebelum dipasang. Setelah itu ulangi langkah ketiga sampai langkah keenam untuk mengganti 2 gantungan knalpot lainnya (gantungan nomor 1 dan 3). Caranya sama kok hanya berbeda posisi, hehehehe.

    pasang gantungan knalpot yang baru
    pasang gantungan knalpot yang baru

  7. Setelah semua gantungan knalpot dipasang, coba hidupkan mesin. Lalu perhatikan dan periksa pada sekitar bagian knalpot, terutama pada sekitar gantungan knalpot yang tadi dipasang. Pastikan tidak ada suara atau getaran tak lazim pada bagian knalpot. Atau kalau masih belum yakin bisa langsung dites jalan. Selesai deh. ^,^

    pekerjaan selesai
    pekerjaan selesai

Tonton video-nya di sini:


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...