25 Juni 2019

Cara Mendaftarkan Situs Atau Blog Ke Yandex Webmaster

Mesin Pencari Yandex
Mesin Pencari Yandex

Apa itu Yandex? Yup, Yandex adalah perusahaan teknologi dan mesin pencari yang berasal dari negara Rusia. Hmm, seperti Google lah secara garis besarnya. Mesin pencari Yandex mayoritas digunakan di negara seperti Rusia, Ukraina, Belarus, Kazakhstan, Uzbekistan dan Turki. Nah, pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan tentang bagaimana cara melakukan pendaftaran situs atau blog ke mesin pencari Yandex melalui Yandex Webmaster. Hmm, siapa tahu nanti ada atau banyak yang melihat, membaca atau menyukai situs atau blog kita dari negara-negara yang telah disebut di atas, hehehehe.

Oke deh, berikut penjelasannya.
  1. Buka halaman situs webmaster.yandex.com. Oh iya, agar proses pendaftaran lebih mudah sebaiknya buat akun email terlebih dahulu di Yandex, lalu login ke akun tersebut sebelum mendaftarkan situs atau blog ke Yandex Webmaster.

    buka halaman Yandex Webmaster
    buka halaman Yandex Webmaster

  2. Kemudian klik Add site (lihat tanda panah).

    klik Add site
    klik Add site

  3. Lalu ketikkan url atau alamat situs atau blog yang akan didaftarkan. Agar tidak salah dalam mendaftarkan url atau alamat situs, silahkan buka halaman utama situs atau blog anda pada browser, lalu salin (copy) url-nya dari address bar pada browser, kemudian tempelkan (paste) pada kolom pendaftaran situs di Yandex Webmaster. Setelah itu klik Add.

    url atau alamat situs
    url atau alamat situs
    ketik alamat situs atau blog, lalu klik Add
    ketik alamat situs atau blog, lalu klik Add

  4. Kemudian akan muncul baris kode meta tag yang harus diselipkan pada baris kode halaman situs atau blog yang didaftarkan. Salin baris kode meta tag tersebut (lihat tanda panah).

    salin baris kode meta tag
    salin baris kode meta tag

  5. Kemudian buka halaman dashboard blog anda. Klik Tema, lalu klik Edit HTML (lihat panah 1). Kemudian selipkan atau tempel (paste) baris kode meta tag tersebut di antara kode <head> dan </head> (lihat panah 2). Lalu klik Simpan tema (lihat panah 3).

    selipkan baris kode meta tag pada baris kode tema blog
    selipkan baris kode meta tag pada baris kode tema blog 

  6. Kemudian kembali ke halaman Yandex Webmaster, lalu klik Check (lihat tanda panah).

    klik Check
    klik Check

  7. Apabila proses cek dan verifikasi berhasil, maka akan muncul keterangan seperti gambar di bawah dan anda akan menerima email pemberitahuan dari Yandex Webmaster.

    proses verifikasi berhasil
    proses verifikasi berhasil
    email pemberitahuan dari Yandex Webmaster
    email pemberitahuan dari Yandex Webmaster

  8. Tahap berikutnya adalah menambahkan atau mendaftarkan peta situs (sitemap) blog. Caranya klik Indexing, lalu klik Sitemap files (lihat panah A). Kemudian tambahkan peta situs blog anda (lihat panah B). Untuk blog dengan platform blogspot lazimnya berupa url alamatblog/sitemap.xml. Kemudian klik Add (lihat panah C).

    pendaftaran sitemap
    pendaftaran sitemap

  9. Kemudian Yandex akan melakukan proses pengindekan dan perayapan pada situs atau blog anda. Lazimnya proses akan berlangsung selama 1 sampai 2 x 24 jam atau tergantung dari kuantitas atau isi dari situs atau blog tersebut.

    sitemap telah didaftarkan
    sitemap telah didaftarkan

Selesai deh, mudah sekali tho? ^,^

2 komentar:

  1. terimakasih ka buat tutornya yadex yang banyak visitor dari mana ka? sama ijin coba terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. rusia, turki, uzbekistan, kazakhstan.

      Hapus