30 Juni 2019

Sampah Rumah Tangga Yang Laku Dijual

Sampah Rumah Tangga
Sampah Rumah Tangga

Sampah yang laku dijual? Memang ada? Hmm, ada dong, hehehehe. Pada skala rumah tangga atau rumahan, ada beberapa jenis sampah yang bisa dijual dan menghasilkan uang tanpa diolah atau dikreasikan terlebih dahulu. Secara garis besar, sampah yang bisa dijual tersebut adalah benda yang dapat didaur ulang atau dibuat menjadi benda berguna lainnya.

Untuk mengetahui jenis-jenis sampah apa saja yang laku dijual sebetulnya sangat mudah sekali caranya, yaitu dengan bertanya dengan abang-abang atau tukang rongsokan yang lazim dijumpai di sekitar lingkungan kita. Hmm, saat ini para tukang rongsokan mayoritas sudah menggunakan sepeda motor dalam menjalankan profesinya. Pada beberapa tahun sebelumnya mayoritas masih menggunakan gerobak manual yang ditarik dengan tenaga manusia.

Oh iya, waktu zaman aku kecil dulu profesi ini bersamaan dengan penjual mainan anak-anak dan penjual gulali (sejenis manisan gula-gula jajanan anak-anak). Waktu itu biasanya kami (Aku, Mamasku dan si Bungsu) membarter mainan atau gulali dengan bekas botol kecap atau botol sirup yang terbuat dari kaca (beling). Hmm, sepertinya penjual mainan dengan sistem barter seperti ini sudah sangat langka di sini, huhuhuhu.

Untuk skala rumahan biasanya sampah yang laku dijual tersebut mayoritas seperti koran, kardus, kertas hvs, gelas plastik, botol plastik, botol beling, kaleng dan barang-barang elektronik yang sudah rusak. Ada juga beberapa jenis bekas komponen kendaraan (mobil atau sepeda motor).

mesin pompa air yang sudah rusak
mesin pompa air yang sudah rusak

Hmm, hasil dari beres-beres rumah beberapa hari yang lalu diperoleh sampah yang laku dijual sebagai berikut:
  • 10 kg koran
  • 2 kg gelas plastik air mineral
  • 1 unit aki mobil (berat 15,5 kg)
  • 1 unit pompa air (berat 5,5 kg)
  • 2 unit mainboard cpu

Dari sampah-sampah tersebut diperoleh uang senilai Rp.234.000,- dengan rincian:
  • Rp.12.000,- dari 2 kg gelas plastik air mineral
  • Rp.46.500,- dari 10 kg koran dan 1 unit pompa air (berat 5,5 kg)
  • Rp.170.500,- dari 1 unit aki mobil (berat 15,5 kg)
  • Rp.5.000,- dari 2 unit mainboard cpu

hasil penjualan sampah rumah tangga (1)
hasil penjualan sampah rumah tangga (1)
hasil penjualan sampah rumah tangga (2)
hasil penjualan sampah rumah tangga (2)

Dari angka-angka di atas dapat diketahui bahwa:
  • gelas plastik air mineral (kondisi bersih) dihargai Rp.6000,- per kg
  • koran dan besi dihargai Rp.3.000,- per kg
  • aki (kondisi kering, tanpa air aki) dihargai Rp.11.000,- per kg
  • mainboard cpu dihargai Rp.2.500,- per unit

Sempat juga aku tanya tentang jenis lainnya, yaitu harga kardus Rp.1.000,-/kg, kertas hvs Rp.2.000,-/kg, botol plastik Rp.2.000/kg dan tembaga Rp.48.000,-/kg. Oh iya, menurut pengepulnya nominal harga tersebut bersifat fluktuatif atau berubah-ubah menyesuaikan dengan kondisi pasar.

Nah, mulai sekarang bijaklah terhadap sampah-sampah tersebut karena yang menurut kita sudah tidak berguna dan tidak bisa dimanfaatkan ternyata bisa dijual dan ada harganya, hehehehe. Dan yang lebih penting adalah jangan buang sampah sembarangan, sayangi lingkungan sekitarmu sebagai warisan untuk generasi-generasimu selanjutnya. ^,^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar