28 Oktober 2016

Macam-Macam Sendok Yang Wajib Ada Di Dapur

Sendok
Sendok

Sendok adalah salah satu alat penting dalam kegiatan makan dan masak-memasak sehingga keberadaannya adalah wajib di setiap dapur dan meja makan. Kalau menurut jenis dan fungsinya ada banyak jenis sendok yang digunakan untuk kegiatan makan dan masak-memasak, bahkan kalau mau dituruti dan sesuai prosedur setiap jenis makanan berbeda pula jenis sendok yang digunakan. Hmm, tapi kali ini aku akan menjelaskan hanya sebatas jenis sendok yang wajib dimiliki oleh rumah tangga sederhana sepertiku. Oke deh, berikut penjelasannya.

  1. Sendok Makan
    Secara nama dan fungsi adalah sendok yang digunakan untuk makan sehari-hari. Imho, sendok ini ada dua jenis yaitu sendok makan dan sendok bebek, hanya materialnya saja yang berbeda, ada yang terbuat dari bahan stainless, plastik, porselin, dan sebagainya. Sendok bebek lazimnya digunakan untuk makan bubur dan sup atau sering juga digunakan sebagai alternatif sendok makan ketika bepergian (sendok bebek plastik) karena bentuknya yang lebih kecil, praktis dan harganya murah sehingga bisa langsung dibuang setelah selesai makan. Sendok makan juga sering digunakan sebagai sendok takaran dalam kegiatan masak-memasak.

    sendok makan stainless, sendok makan plastik, sendok bebek
    sendok makan stainless, sendok makan plastik, sendok bebek

  2. Sendok Teh
    Sendok ini lazimnya digunakan untuk mengocok larutan ketika sedang membuat teh, kopi, susu, sirup dan larutan lainnya. Sendok teh juga sering digunakan sebagai sendok takaran dalam kegiatan masak-memasak.

    sendok teh gagang panjang, sendok teh gagang pendek
    sendok teh gagang panjang, sendok teh gagang pendek

  3. Sendok Obat
    Sudah jelas dari namanya, sendok ini adalah sendok yang digunakan untuk mengkonsumsi obat yang berupa sirup. Biasanya didapatkan ketika membeli obat jenis sirup.

    sendok obat
    sendok obat

  4. Sendok Sayur
    Sendok sayur atau biasa juga disebut dengan nama irus adalah sendok yang digunakan untuk mengaduk sayur ketika memasak sayur dan mengambil atau mengaut sayur dari panci.

    sendok sayur besar, sendok sayur kecil
    sendok sayur besar, sendok sayur kecil

  5. Sendok Nasi
    Sendok nasi atau sering disebut dengan nama centong atau entong adalah sendok yang lazim digunakan ketika sedang memasak nasi, terutama sendok nasi kayu. Sementara sendok nasi plastik digunakan untuk memindahkan nasi dari tempat nasi ke dalam piring. Sedangkan sendok nasi magicom digunakan untuk kegiatan yang berhubungan dengan alat masak magicom.

    sendok nasi kayu, sendok nasi plastik, sendok nasi magicom
    sendok nasi kayu, sendok nasi plastik, sendok nasi magicom

Hayo, apakah jenis-jenis sendok di atas sudah tersedia dan tersusun rapih di dapur dan meja makan rumah anda? ^,^

Tonton video-nya di sini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar