24 Maret 2014

Ukuran Dan Tekanan Angin Ban Honda Beat FI

Honda Beat FI (K25)
Honda Beat FI (K25)

Berapa sih ukuran ban standar serta tekanan angin ideal pada sepeda motor Honda Beat FI (K25)? Yup, untuk melihat berapa besaran nilai tersebut secara mudah bisa diketahui dengan melihat keterangan yang tertera pada dinding ban sepeda motor tersebut. Nah, tetapi apabila ban sudah pernah diganti dan ban yang terpasang sekarang ternyata bukan ban standar bawaan pabrik bagaimana cara mengetahuinya?

Hmm, cara mudah lainnya untuk mengetahui berapa ukuran ban standar dan tekanan angin ban pada sepeda motor Honda Beat FI adalah dengan melihat sticker tabel panduan pada bagian cover inner lower atau leg shield (lihat tanda panah pada gambar di bawah).

letak tabel panduan (1)
letak tabel panduan (1)
letak tabel panduan (2)
letak tabel panduan (2)
tabel panduan
tabel panduan


Berdasarkan tabel panduan tersebut bisa diketahui bahwa ban standar bawaan pabrik pada sepeda motor Honda Beat FI (K25) adalah ban dengan merk SRI Federal seri FT235 dengan spesifikasi ukuran 80/90-14 M/C 40P untuk ban depan, serta 90/90-14 M/C 46P untuk ban belakang. Ban ini diproduksi oleh PT. Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) yang merupakan bagian dari PT. Astra Honda Motor (AHM). Oh iya, ban merk Federal masih satu pabrik dengan ban merk FDR.

Sementara untuk tekanan angin ideal sesuai anjuran pabrik adalah:

  • ban depan : 29 psi = 200 kPa = 2,00 kgf/cm2
  • ban belakang : 33 psi = 225 kPa = 2,25 kgf/cm2


Hmm
, jika menurut anda tekanan angin tersebut kurang cocok (terlalu keras atau terlalu lembut), ukuran standar tersebut bisa dikurangi atau ditambah sekitar 2-3 psi. Oh iya, apabila ban yang terpasang pada sepeda motor tidak sesuai atau berbeda ukuran dari standar ukuran pabrikan, maka untuk menentukan berapa tekanan angin ban ideal silahkan lihat keterangan pada dinding ban yang sedang digunakan saat ini. ^,^

Tonton video-nya di sini:


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...