July 24, 2017

Siomay Sederhana

Siomay Sederhana ala Rika
Siomay Sederhana ala Rika

Thok.. thok.. thok.. thoookk...
Familiar dengan suara tersebut? Yup, itu adalah suara kentongan yang biasa digunakan di lingkungan rumah atau perkampungan, berfungsi untuk alat pemanggil warga sekitar untuk berkumpul, biasanya sih digunakan ketika ada situasi darurat seperti ada bencana alam, kebakaran, kemalingan dan keadaan darurat lainnya, hmm sebagai alarm tradisional lah kira-kira fungsinya. Nah, di sekitar tempatku (baca: Lampung) kentongan juga dipakai oleh pedagang siomay keliling (biasanya menggunakan gerobak dorong) sebagai identitasnya. Jadi kalau mendengar suara kentongan di siang atau sore hari tetapi suaranya berirama lebih pelan, santai dan teratur, bisa dipastikan ada pedagang siomay (abang siomay) yang sedang lewat di sekitar kita, hehehehe.

Yup, pada tulisan kali ini aku akan coba menjelaskan tentang cara membuat siomay, salah satu jenis jajanan yang digemari oleh anak-anak maupun orang dewasa. Oh iya, siomay yang akan aku buat kali ini adalah siomay sederhana ala pedagang siomay keliling, bukan siomay dimsum yang seperti dijual di restoran atau yang dijual di supermarket dalam bentuk makanan kemasan.

Hmm, kalau sudah siap, oke deh, mari kita mulai acara main masak-masakannya, hehehehe.

Bahan-bahan:
-  250 gr ikan giling (aku menggunakan ikan kacang-kacang)
-  100 gr tepung kanji
-  1 sdm tepung terigu
-  1 batang daun bawang, iris tipis
-  1 batang daun seledri, iris tipis
-  2 sdt garam
-  1 sdm gula pasir
-  1/2 sdt merica bubuk
-  1 sdm minyak goreng
-  100 ml air

Bahan pelengkap:
-  saus kacang
-  kecap manis
-  saus sambal
-  bawang goreng
-  jeruk sate

Cara pembuatan:
  1. Siapkan sebuah wadah, lalu masukkan ikan giling, garam, gula, merica, minyak dan air, kemudian aduk rata sampai semua komposisi menyatu. Setelah itu tambahkan daun bawang dan seledri, lalu aduk kembali.

    bahan-bahan
    bahan-bahan

  2. Kemudian tambahkan tepung terigu dan tepung kanji sedikit demi sedikit, lalu aduk rata sampai menjadi sebuah adonan.

    adonan jadi
    adonan jadi

  3. Sementara itu didihkan air di dalam sebuah panci atau dandang untuk mengukus adonan siomay.

    didihkan air
    didihkan air

  4. Kemudian dengan menggunakan sendok makan, buatlah adonan kecil (ukuran sesuai selera) untuk langsung dikukus. Setelah itu tutup bagian atas panci agar adonan siomay cepat matang. Proses pengukusan sekitar 15-20 menit dengan api kecil-sedang.

    proses pengukusan
    proses pengukusan
    tutup bagian atas panci
    tutup bagian atas panci

  5. Setelah 15-20 menit lihat dan periksalah keadaan siomay, apakah matangnya telah merata sampai ke bagian dalamnya. Jika sudah matang merata siomay siap untuk disajikan.

    siomay telah matang
    siomay telah matang

  6. Sajikan dalam sebuah piring, kemudian siram dengan saus kacang, lalu tambahkan dengan kecap manis dan saus sambal (sesuai selera). Kemudian taburi bawang goreng dan agar aromanya lebih menggoda tambahkan air perasan jeruk sate.

    sajikan
    sajikan

  7. Tarraaa, Siomay Sederhana ala Rika siap untuk dinikmati. ^,^

    Siomay Sederhana ala Rika (1)
    Siomay Sederhana ala Rika (1)
    Siomay Sederhana ala Rika (2)
    Siomay Sederhana ala Rika (2)

*) Agar lebih bervariasi dan kaya rasa, siomay bisa disajikan bersama dengan telur rebus, kentang rebus, tahu rebus, kubis rebus atau pare rebus.

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment