December 10, 2016

Obeng Elektrik, Lebih Hemat Tenaga

Obeng Elektrik
Obeng Elektrik

Di setiap rumah tangga, obeng adalah salah satu alat yang penting dan berguna karena banyak benda di sekitar kita menggunakan sekrup. Nah, obeng ini adalah alat yang digunakan untuk memasang dan melepas sekrup pada tempatnya. Secara tenaga yang digunakan, obeng terdiri dari dua jenis yaitu obeng manual dan obeng elektrik. Obeng manual menggunakan tenaga manusia, sementara obeng elektrik menggunakan tenaga listik.

Pada tulisan kali ini yang akan aku bahas adalah obeng elektrik yang lazim disebut dengan obeng listrik. Mengapa obeng elektrik? Yup, karena menurutku obeng manual secara sangat mudah untuk dipahami. Sementara obeng elektrik memiliki beberapa kelebihan dan keistimewaan dibanding dengan obeng manual, walaupun pada dasar tujuannya adalah sama, yaitu untuk memasang dan melepas sekrup, hehehehe.

Sebagai contoh, aku akan coba menjelaskan fitur-fitur yang tersedia dalam sebuah obeng elektrik, dan kebetulan di rumah ada obeng elektrik dengan merk C-Mart dengan tipe W0016. Secara nama, obeng elektrik tersebut memiliki embel-embel 'cordless screwdriver', yang secara umum dapat diartikan 'obeng tanpa kabel'. Untuk jenis obeng elektrik yang ada embel-embel 'cordless' bisa diartikan obeng elektrik tersebut menggunakan tenaga baterai, jadi obeng tersebut tidak perlu berada dekat dengan sumber listrik langsung (listrik PLN) ketika digunakan atau tidak memerlukan kabel untuk menghubungkannya ke sumber listrik langsung.

Oke deh, sekarang mari kita coba periksa apa saja yang ada di dalam kemasannya. Seperti lazimnya obeng elektrik, secara umum terdiri dari obeng elektrik, 1 set mata obeng (yang terdiri dari 4 jenis mata obeng yang berbeda), charger adapter dan panduan pengguna.

isi kemasan
isi kemasan

Berikut adalah 4 jenis mata obeng yang didapat, terdiri dari 3 jenis mata obeng (+) dan 1 jenis mata obeng (-).

mata obeng
mata obeng

Charger adapter atau alat untuk mengisi ulang tenaga baterai berbentuk seperti charger handphone, dengan ukuran 5,5 volt DC, 0,6 ampere.

charger adapter
charger adapter

Obeng elektrik ini bisa diatur kekuatan putaran mesinnya, tersedia 9 pilihan kekuatan putaran yang bisa disesuaikan dengan kondisi sekrup dan kondisi bidang yang dihadapi.

pengaturan kekuatan putaran
pengaturan kekuatan putaran

Selain itu, posisi gagang handle juga bisa diatur secara vertikal atau horizontal sesuai kondisi yang dihadapi.

gagang fleksibel
gagang fleksibel

Fitur lainnya adalah obeng elektrik ini dilengkapi dengan lampu senter mini (lihat tanda panah A) yang secara otomatis menyala ketika obeng dioperasikan, sangat membantu ketika digunakan di tempat gelap atau kurang cahaya. Dan juga terdapat lampu indikator tenaga baterai yang masih tersedia di dalam baterai obeng elektrik tersebut (lihat tanda panah B).

lampu indikator
lampu indikator

Kesimpulannya, obeng elektrik sangat membantu pekerjaanku ketika melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan sekrup. Tenaga yang kita keluarkan bisa dihemat, dan juga pada kasus tertentu bisa meminimalisir kerusakan kepala sekrup dan bidang atau alat di mana sekrup tersebut digunakan. ^,^

No comments:

Post a Comment