October 28, 2016

Solusi Jika Kartu Jaringan (LAN Card) Pada Laptop Mengalami Kerusakan

USB to LAN
USB to LAN

Jika pada tulisan sebelumnya telah aku jelaskan bagaimana solusi apabila kartu jaringan (LAN Card) onboard pada CPU mengalami kerusakan, maka pada tulisan kali ini akan aku jelaskan bagaimana solusi jika yang mengalami kerusakan adalah kartu jaringan pada laptop.

Hmm, sebetulnya zaman sekarang sudah agak jarang sih dijumpai pada sebuah kantor, laptop terhubung ke jaringan kantor yang masih menggunakan media kabel jaringan atau biasa disebut dengan kabel LAN. Di zaman nirkabel (wireless) seperti saat ini lebih banyak dijumpai laptop terhubung ke jaringan melalui wifi.

Untuk kasus kali ini anggap saja kita menjumpai sebuah laptop dengan kondisi kartu jaringan yang rusak pada sebuah kantor yang belum tersedia fasilitas wifi. Hal pertama yang dilakukan adalah membeli sebuah alat yang bernama USB to LAN adapter. Sesuai namanya, alat ini adalah berupa adapter yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat yang menggunakan konektor RJ45 melalui port USB atau secara awam bisa diartikan alat yang mengubah fungsi port USB menjadi port LAN.

Oh iya, selain berguna untuk laptop yang fungsi kartu jaringannya rusak, alat ini juga bisa digunakan sebagai alternatif pada CPU yang kartu jaringannya rusak (seperti kasus pada tulisan sebelumnya). Alat ini bisa dibeli dengan harga sekitar Rp.50.000,- (harga di tiap daerah mungkin berbeda), dan pada saat membelinya mintalah cd driver-nya kepada penjualnya dan juga tanya apakah alat ini kompatibel dengan sistem operasi yang anda gunakan pada laptop atau CPU.

USB to LAN adapter
USB to LAN adapter

Jika alat telah tersedia, langsung saja hubungkan adapter ke port USB (lihat tanda panah). Untuk beberapa kasus dijumpai alat langsung terdeteksi dan terbaca secara otomatis tanpa perlu dilakukan instalasi driver-nya. Namun, apabila belum terbaca oleh sistem artinya harus dilakukan instalasi driver terlebih dahulu. Nah, di sinilah perlunya cd driver. Untuk masalah instalasi driver aku anggap sudah mengerti lah ya? Lha wong tinggal masukkan cd driver, lalu klik install, lalu klik next, next, next sampai proses instalasi driver selesai, hehehehe.

hubungkan adapter ke port USB
hubungkan adapter ke port USB

Langkah selanjutnya adalah menghubungkan kabel jaringan ke adapter (lihat tanda panah). Setelah itu tinggal melakukan konfigurasi ulang ip address (untuk lebih jelasnya silahkan buka halaman pada tautan artikel terkait di bawah). Selesai deh. ^,^

hubungkan kabel jaringan ke adapter
hubungkan kabel jaringan ke adapter


Artikel terkait:
-  Solusi Jika Kartu Jaringan (LAN Card) Pada CPU Mengalami Kerusakan

No comments:

Post a Comment