October 16, 2016

Solusi Jika Kartu Jaringan (LAN Card) Pada CPU Mengalami Kerusakan

LAN Card
LAN Card

Pada ruang lingkup perkantoran skala kecil biasanya digunakan beberapa unit komputer untuk menjalankan operasionalnya. Secara umum digunakan untuk penggunaan bersama beberapa sumber daya atau perangkat, seperti berbagi file atau data, berbagi printer, program aplikasi client-server, dan lain sebagainya. Nah, untuk itu diperlukan beberapa perangkat untuk bisa melakukan kegiatan tersebut, salah satunya adanya kartu jaringan atau sering disebut LAN Card.

LAN Card pada CPU desktop zaman sekarang biasanya menyatu pada mainboard (onboard), dan juga disediakan beberapa slot kosong dengan model PCI untuk perangkat tambahan. Nah, slot ini bisa digunakan untuk perangkat LAN Card apabila kartu jaringan onboard mengalami kerusakan. Oke deh, berikut cara instalasinya jika kartu jaringan mengalami kerusakan.
  1. Siapkan LAN Card baru, kemudian buka penutup casing CPU sebelah kanan, lalu pasang LAN Card baru di slot PCI yang terletak pada motherboard, kemudian pasang dan kencangkan sekrupnya (lihat tanda panah).

    pasang LAN Card baru
    pasang LAN Card baru

  2. Kemudian hubungkan kabel jaringan ke port yang ada pada LAN Card baru yang dipasang tadi (lihat tanda panah). Nah, sampai di sini langkah instalasi perangkat keras (hardware) telah selesai, kemudian langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi di sistem operasi.

    hubungkan dengan kabel jaringan
    hubungkan dengan kabel jaringan

  3. Oh iya, sistem operasi yang digunakan adalah Microsoft Windows 7. Pada tampilan layar utama, perhatikan di pojok kanan bawah, klik pada icon yang bergambar monitor (lihat tanda panah). Kemudian akan muncul kotak informasi, lalu klik pada tulisan 'Open Network and Sharing Center' (lihat tanda panah).

    klik icon monitor
    klik icon monitor
    klik 'Open Network and Sharing Center'
    klik 'Open Network and Sharing Center'

  4. Kemudian akan muncul layar jendela menu pengaturan jaringan, klik pada tulisan 'Change adapter settings' (lihat tanda panah).

    klik 'Change Adapter Settings'
    klik 'Change adapter settings'

  5. Kemudian akan terlihat konfigurasi jaringan yang ter-install pada sistem operasi. Konfigurasi kartu jaringan (LAN Card) yang rusak (lihat panah sebelah kiri) silahkan di-nonaktifkan (Disable) terlebih dahulu, dengan cara klik kanan kemudian pilih 'Disable'. Sementara konfigurasi kartu jaringan (LAN Card) yang baru silahkan diaktifkan, dengan cara klik kanan kemudian pilih 'Enable' (lihat panah sebelah kanan). Oh iya, jika pilihan konfigurasi untuk kartu jaringan baru tidak muncul di layar, itu artinya harus terlebih dahulu di-install driver-nya, biasanya cd installer terdapat pada paket pembelian kartu jaringan (LAN Card). Atau jika tidak tersedia, bisa didapatkan file installer pada halaman situs sesuai merk kartu jaringan yang dibeli.

    konfigurasi LAN Card
    konfigurasi LAN Card

  6. Langkah selanjutnya adalah pengaturan pengalamatan internet protocol (ip address), langkah ini bisa diabaikan apabila pada jaringan lokal menggunakan mode DHCP yang secara otomatis bisa mengetahui alamat komputer yang berada pada jaringan tanpa pengaturan konfigurasi jaringan lebih lanjut. Pengaturan ip address secara statis adalah sebagai berikut, klik kanan pada Local Area Connection 2 (LAN Card baru), kemudian klik pada opsi 'Properties' (lihat tanda panah). Lalu klik pada opsi 'Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)'. Kemudian ketikkan ip address-nya, untuk mengisi kolom ini ada baiknya disamakan dengan konfigurasi sebelumnya (konfigurasi pada kartu jaringan yang rusak). Jika sudah klik 'OK' (lihat tanda panah).

    klik kanan, lalu pilih 'Properties'
    klik kanan, lalu pilih 'Properties'
    klik pada opsi 'Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)
    klik pada opsi 'Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)'
    setting ip address
    setting ip address

  7. Kemudian uji koneksi ke komputer lain yang ada di jaringan komputer lokal. Buka jendela command prompt, kemudian ketikkan 'ipconfig' kemudian tekan tombol 'enter' untuk mengetahui konfigurasi alamat komputer kita (lihat panah atas). Kemudian coba uji koneksi ke komputer lain dengan mengetikkan 'ping 192.168.0.202' (alamat komputer tujuan disesuaikan dengan alamat komputer yang ada di jaringan anda), lalu tekan tombol 'enter', kemudian lihat informasi yang diberikan oleh sistem, apakah paket data berhasil diterima oleh komputer tujuan atau tidak. Jika ada balasan artinya berhasil dan jika belum silahkan periksa kembali konfigurasi kartu jaringan dan keadaan perangkat (LAN Card dan kabel jaringan) apakah sudah terpasang dengan baik dan benar.

    uji koneksi
    uji koneksi

  8. Selesai. ^,^

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment