February 23, 2016

Mengganti Karet Batang Lampu Sein Depan Yamaha V-ixion

Yamaha V-ixion
Yamaha V-ixion

Pada artikel beberapa bulan yang lalu yaitu, Karet Batang Lampu Sein Robek? Untuk Sementara Dilem Dulu Deh, pada artikel itu aku ceritakan bagaimana caranya mengelem karet batang lampu sein pada sepeda motor Yamaha V-ixion (FZ150i v2), yang ternyata teman-teman penunggang V-ixion yang lain pun mengalami cerita yang kurang lebih sama dengan ceritaku di mana hal ini terjadi di saat usia Yamaha V-ixion berumur sekitar 4 tahunan.

Sebetulnya cukup dengan dilem dengan lem epoxy bisa bertahan cukup lumayan lama, hal ini terbukti dengan karet batang lampu sein pada sepeda motorku. Tapi nasib berubah beberapa waktu yang lalu ketika aku membeli ban luar untuk motor Mbak Mila yaitu Yamaha Mio J, di mana pada waktu itu selama perjalanan dari kedai ban ke rumah Mbak Mila, ban tersebut aku gantungkan di setang sebelah kiri karena pada saat itu aku berkendara sendirian sehingga selama perjalanan ban yang aku gantungkan di setang secara langsung bersentuhan dengan karet batang lampu sein yang menyebabkan karet batang lampu sein tersebut sobek lagi, dan sialnya letak sobeknya di tempat yang susah dilem, yaitu di sekitar cover dudukan karet batang lampu sein.

Beruntungnya, saat itu pas waktunya pencairan uang transport dan uang makanku yang sebagian bisa aku sisihkan untuk membeli satu set lampu sein bagian depan untuk sepeda motor kesayanganku, huhuhuhu. Langsung saja deh aku pergi ke toko suku cadang Yamaha terdekat untuk membeli barang yang dimaksud.

Oh iya, sebelumnya aku sempat berpikir jika karet batang lampu sein tersebut aku ganti dengan model yang sama apakah sekitar empat tahun ke depan akan terjadi hal yang sama? (hehehehe, mudah-mudahan si Nero masih bisa berlari dan enak ditunggangi selama itu, :hope). Sebelum memutuskan untuk membeli aku minta izin untuk melihat sepeda motor yang dipajang di showroom, aku lihat dan perhatikan dua sepeda motor, yaitu New Vixion Advance dan Byson yang mana Byson bentuk lampu sein-nya sama persis dengan V-ixion. Dan kemudian aku tanya dengan mekaniknya, apakah bisa lampu sein New Vixion Advance dipasang di V-ixion, dan jawabannya bisa. Hmm, ya sudah deh akhirnya aku putuskan untuk membeli lampu sein model New Vixion Advance karena terlihat lebih menarik, keren dan futuristik, hehehehe. Dan untuk satu set lampu sein (kanan dan kiri) aku tebus dengan harga Rp.138.000,- (harga per Februari 2016).

Hmm, oke deh sekarang saatnya pulang ke rumah, istirahat sejenak, lalu mari kita mulai acara main bengkel-bengkelannya, hehehehe.
  1. Siapkan satu set lampu sein depan.

    1 set lampu sein depan
    1 set lampu sein depan

  2. Siapkan peralatan berupa obeng (+) dan kunci L (hex key).

    peralatan
    peralatan

  3. Lepaskan dua buah sekrup yang terletak di bagian bawah lampu depan (lihat tanda panah), gunakan obeng (+). Kemudian lepaskan dua buah konektor yang terhubung ke lampu depan (head lamp) dan lampu senja, lalu taruh rumah lampu depan di tempat yang aman.

    lepaskan rumah lampu depan
    lepaskan rumah lampu depan

  4. Lepaskan cover tempat dudukan karet batang lampu sein dengan menggunakan kunci L (hex key) (lihat tanda panah).

    lepaskan cover outer
    lepaskan cover outer

  5. Kemudian lepaskan konektor yang terhubung ke lampu sein depan, semua ada 4 konektor, 2 konektor terhubung ke lampu sein depan sebelah kanan dan 2 konektor terhubung ke lampu sein depan sebelah kiri.

    lepas konektor kabel lampu sein depan
    lepas konektor kabel lampu sein depan

  6. Setelah cover dilepas, perhatikan di bagian dalam cover, di situ terdapat klip penahan karet batang lampu sein yang dikunci dengan sekrup. Kemudian lepaskan sekrupnya dengan menggunakan obeng (+), lalu lepaskan juga klipnya (lihat tanda panah).

    lepaskan sekrup dan klip
    lepaskan sekrup dan klip

  7. Nah, lampu sein sudah terlepas dari cover dudukannya. Hmm, coba bandingkan apa bedanya selain bentuknya? Yup, ternyata panjang kabelnya berbeda, kabel lampu sein yang baru memiliki kabel yang lebih pendek. Ya, karena pada dasarnya memang sepeda motornya berbeda. Tapi tenang saja karena kabel yang lama bisa digunakan, jadi tinggal ganti saja kabel yang baru dengan kabel yang lama (maksudnya kabel, fitting dan bohlamnya).

    perbandingan lampu sein lama (atas) dan baru (bawah)
    perbandingan lampu sein lama (atas) dan baru (bawah)

  8. Lepaskan sekrup pengunci mika pada lampu sein yang lama (lihat tanda panah), gunakan obeng (+).

    lepaskan sekrup mika
    lepaskan sekrup mika
    mika telah terlepas
    mika telah terlepas

  9. Kemudian lepaskan lampu dari mika dengan cara memutarnya ke arah berlawanan jarum jam, lalu tarik perlahan.

    lepaskan lampu dari mika
    lepaskan lampu dari mika
    kabel, fitting dan bohlam lampu sein
    kabel, fitting dan bohlam lampu sein

  10. Sekarang saatnya melepas kabel, fitting dan bohlam di lampu sein yang baru dan menggantinya dengan yang lama. Caranya sama seperti dengan cara pada langkah nomor 8 dan 9.

    lepas sekrup mika
    lepas sekrup mika
    lepaskan kabel, fitting dan bohlam, lalu ganti sengan yang lama
    lepaskan kabel, fitting dan bohlam, lalu ganti dengan yang lama

  11. Sekarang waktunya memasang karet batang lampu sein yang baru di cover dudukannya. Pasang dengan hati-hati jangan sampainya karetnya sobek, kemudian pasang klip penahannya, lalu pasang kembali dan kencangkan sekrupnya dengan menggunakan obeng (+) (lihat tanda panah).

    pasang kembali klip dan sekrup
    pasang kembali klip dan sekrup
    lampu sein baru telah terpasang di cover
    lampu sein baru telah terpasang di cover

  12. Kemudian pasang kembali cover tempat dudukan karet batang lampu sein dengan menggunakan kunci L (hex key) (lihat tanda panah).

    pasang kembali cover pada tempatnya
    pasang kembali cover pada tempatnya

  13. Kemudian sambungkan kembali empat buah konektor yang menghubungkan kabel lampu sein (lihat tanda panah).

    sambung kembali konektor kabel lampu sein depan
    sambung kembali konektor kabel lampu sein depan

  14. Sebelum lampu depan (head lamp) dipasang kembali, terlebih dahulu coba tes nyalakan lampu sein apakah bisa menyala dan berfungsi dengan normal, jika tidak periksa, bersihkan dan kencangkan kembali socket-socket dan kabel yang terhubung ke lampu sein.

    tes nyala lampu sein
    tes nyala lampu sein

  15. Jika lampu sudah bisa berfungsi dengan normal, pasang kembali lampu depan (head lamp), kemudian pasang dan kencangkan dua buah sekrup yang terletak di bawah lampu depan dengan menggunakan obeng (+) (lihat tanda panah).

    pasang kembali rumah lampu depan
    pasang kembali rumah lampu depan

  16. Selesai. Nah, sekarang lampu sein depan Yamaha V-ixion terlihat lebih keren, elegan dan futuristik dengan menggunakan lampu sein model New Vixion Lightning dan New Vixion Advance. ^,^

Artikel terkait:

5 comments:

  1. kirain sekalian ganti bpkb #ehh

    ReplyDelete
  2. artikel sering dilihat ya kategori otomotif, rada aneh memang. ^,^

    ReplyDelete
  3. Harga lampu sein kanan, kiri berapa gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. per februari 2016 (tulisan ini dibuat) satu set ori yamaha 138.000,-

      Delete