November 9, 2015

Karet Batang Lampu Sein V-ixion Robek? Untuk Sementara Dilem Dulu Deh.

Yamaha V-ixion
Yamaha V-ixion

Ada yang agak aneh dengan penampilan sepeda motorku. Apa yang agak aneh hayo? Ya, betul. Lampu sein bagian depan sebelah kiri pada sepeda motorku tidak seperti biasanya, terlihat seperti patah dan menggantung. Apa penyebabnya? Penyebabnya adalah batang lampu sein yang terbuat dari bahan karet robek. Nah, yang membuatku bingung bagaimana caranya bisa robek, padahal tidak ada sentuhan atau benturan yang terjadi pada area itu.

Aah sudahlah, daripada bingung dan menghabiskan waktu memikirkan cara bagaimana itu karet batang lampu sein bisa robek, lebih baik aku memikirkan bagaimana itu lampu sein bisa terlihat seperti sedia kala, hehehehe.

Ada dua pilihan, yaitu pertama adalah diganti dan yang kedua cukup diperbaiki. Untuk pilihan pertama aku coba bertanya kepada temanku yang kebetulan bekerja di bengkel resmi Yamaha, dan info yang kudapat adalah harga satu sein lampu sein untuk bagian depan sebelah kiri Rp.66.000,-, harus dibeli satu set dan tidak menjual untuk bagian karet batangnya saja.

Nah, untuk sementara waktu aku coba perbaiki dulu deh, hehehehe. Cara paling mudah adalah di-isolasi dengan isolasi bening atau hitam, tapi setelah aku pikir akan tampak kurang bagus hasilnya. Nah, kebetulan ada lem epoxy atau sering disebut dengan nama 'plastic steel'. Oke deh, akan aku coba memperbaiki karet batang lampu sein yang robek tadi dengan menggunakan lem tersebut, mudah-mudahan bisa digunakan. Ayo kita mulai, hehehehe.

Caranya:
  1. Siapkan lem epoxy atau biasa juga disebut dengan 'plastic steel' dan lidi atau apa saja yang nantinya berfungsi untuk mengaduk lem.

    plastic steel dan lidi
    plastic steel dan lidi

  2. Tuang kedua bagian lem epoxy dengan perbandingan 1:1.

    2 bagian lem epoxy
    2 bagian lem epoxy

  3. Aduk rata kedua bagian lem epoxy dengan menggunakan lidi, jangan lama-lama karena setelah dicampur lem epoxy akan cepat mengeras.

    lem epoxy dicampur
    lem epoxy dicampur

  4. Lalu lapisi lem epoxy pada karet batang lampu sein yang robek, lakukan dengan cepat karena lem sangat mudah mengering. Untuk hasil yang baik, setelah dilapisi lem epoxy untuk sementara tahan beberapa saat dengan mengunakan tangan agar lem dapat merekat dengan baik pada bagian yang robek. Dan agar dapat merekat lebih kuat lapisi lem sebanyak 2-3 kali.

    bersiap untuk proses pengeleman
    bersiap untuk proses pengeleman

  5. Tunggu beberapa saat dan lapisan karet pada batang lampu sein akan merekat seperti semula. Agar hasilnya terlihat rapih, pada saat proses pengeleman di lapisan terakhir lakukanlah dengan perlahan dan halus. ^,^

    proses pengeleman selesai
    proses pengeleman selesai

4 comments: