February 2, 2016

Cara Murah Dan Hemat Dari Bandara Radin Inten Ke Kota Bandar Lampung

Bandara Radin Inten II Lampung
Bandara Radin Inten II Lampung

Saat ini provinsi Lampung adalah salah satu destinasi wisata bagi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, selain itu Lampung juga menjadi tujuan investor untuk mengembangkan bisnisnya. Hal ini bisa dilihat dari jumlah penerbangan setiap harinya maskapai penerbangan yang masuk dan keluar Bandara Radin Inten II atau dikenal oleh masyarakat sekitar dengan sebutan Bandara Branti.

Jika anda beruntung, jeli dan sabar dalam berburu (hunting) tiket pesawat terbang, anda bisa terbang ke Lampung hanya dengan mengeluarkan uang sekitar dua ratus ribuan saja (untuk rute Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Radin Inten II). Lumayan terjangkau bukan?

Hmm, secara garis besar ada enam cara yang bisa dipilih untuk menuju Kota Bandar Lampung dari Bandara Radin Inten II, Branti, yaitu:
  1. Naik taksi bandara
  2. Naik bis
  3. Naik angkot
  4. Minta jemput teman atau saudara
  5. Naik kendaraan tumpangan
  6. Naik bis Trans Lampung (mulai beroperasi per 10 Agustus 2016)
  7. Naik taksi Trans Lampung (mulai beroperasi per 18 Maret 2017)
Pilihan pertama yaitu naik taksi bandara, taksi yang dimaksud di sini adalah mobil minibus jenis Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang dioperasionalkan sebagai taksi, bisa memuat penumpang sekitar 5-6 orang dan hanya berlaku untuk satu tujuan. Tarifnya untuk sampai ke wilayah sekitar Rajabasa, Bandar Lampung adalah sekitar Rp.100.000,- per mobil. Opsi ini cocok dipilih apabila anda berjumlah di atas 4 orang dan sarat barang bawaan. Kelebihannya adalah diantar sampai tempat tujuan dan lebih cepat, tetapi ongkos yang dikeluarkan lebih mahal.

Pilihan kedua adalah naik bis, bis yang aku maksud di sini adalah bis ukuran sedang (seukuran metromini) yang menuju Terminal Rajabasa. Bisa menjadi pilihan apabila barang bawaan anda tidak terlalu banyak, tarif sekitar Rp.5.000,- sampai dengan Rp.7.000,-, agak susah menentukan tarif untuk pilihan ini karena tak ada patokan. Dan kekurangan pilihan ini adalah kita tidak tahu apakah tersedia tempat duduk atau tidak karena posisi kita naik di tengah perjalanan.

Pilihan ketiga adalah naik angkot. Eeh, kita lewatkan (skip) dulu karena ini yang akan aku bahas, hehehehe. Kemudian untuk pilihan keempat rasanya tak perlu aku bahas deh, sudah pada paham kan? Hmm, dan opsi kelima hanya boleh dilakukan apabila syaraf dan urat malu anda sudah agak tidak berfungsi, hehehehe, atau apabila anda benar-benar telah kehabisan uang, huhuhuhu. Sementara untuk dua opsi terakhir silahkan klik tautan di atas (pilihan nomor 6 dan 7) untuk keterangan lebih lanjut.

Nah, yang ingin aku informasikan di sini adalah bagaimana cara murah dan hemat dari Bandara Radin Inten II, Branti, yang secara letak berada di Kabupaten Lampung Selatan ke Kota Bandar Lampung. Ya, cara ala backpacker yang lebih suka dan lebih memilih transportasi murah meriah gitu lho, tapi tidak malu-maluin, hehehehe.

Oke deh, begini caranya.

peta dan jarak menurut google maps
peta dan jarak menurut google maps

Jarak yang akan ditempuh dari Bandara Radin Inten II menuju Terminal Rajabasa adalah sekitar 16,4 kilometer dan akan memakan waktu sekitar 30 menit jika arus lalu-lintas normal lancar. Setelah tiba di Bandara Radin Inten II, Branti dan barang bawaan anda sudah di tangan anda, segeralah keluar area bandara menuju jalan besar. Sebagai saran, jika anda ditanya oleh orang yang menawarkan jasa transportasi, cukup berikan senyuman dan tolak saja serta bilang saja anda sudah dijemput atau anda mau naik angkot karena tujuannya dekat, jangan diam karena jika diam dan menunjukkan muka seperti orang kebingungan maka anda akan diikuti terus.

di depan bandara Radin Inten II, Branti (1)
di depan bandara Radin Inten II, Branti (1)
di depan bandara Radin Inten II, Branti (2)
di depan bandara Radin Inten II, Branti (2)

Setelah anda berada di tepi jalan besar di depan Bandara Radin Inten II, Branti, tunggulah dan stop-lah angkot (lebih tepatnya sih angkutan perbatasan) yang berwarna cokelat. Angkot ini melayani penumpang jurusan Tegineneng - Terminal Rajabasa.

angkot jurusan Tegineneng - Terminal Rajabasa
angkot jurusan Tegineneng - Terminal Rajabasa

Setelah sekitar 30 menit perjalanan kita akan memasuki wilayah Bandar Lampung, yang artinya sebentar lagi akan tiba di terminal Rajabasa. Dan jangan lupa siapkan uang senilai Rp.5.000,- untuk membayar ongkos angkot.

bundara Rajabasa atau bundaran Radin Inten
bundaran Rajabasa atau bundaran Radin Inten

Oh iya, saranku turunlah sebelum angkot yang kita naiki memasuki terminal Rajabasa, di situ lebih aman dan jika ingin meneruskan ke daerah Tanjung Karang (pusat kota) di tempat kita turun tersebut ada angkot berwarna biru muda jurusan Rajabasa - Tanjung Karang. Dan untuk angkot jurusan Rajabasa - Tanjung Karang tarifnya Rp.3.000,- saja.

turunlah sebelum angkot masuk ke terminal Rajabasa
turunlah sebelum angkot masuk ke terminal Rajabasa
angkot jurusan Rajabasa - Tanjung Karang
angkot jurusan Rajabasa - Tanjung Karang

Hmm, oke deh, hanya ini yang dapat aku informasikan. Kesimpulannya dari Bandara Radin Inten II, Branti ke Terminal Rajabasa cukup mengeluarkan uang senilai Rp.5.000,- saja, dan apabila ingin melanjutkan perjalanan ke daerah Tanjung Karang, silahkan meneruskan perjalanan dengan angkot warna biru muda dengan tarif Rp.3.000,- saja. Lumayan murah dan hemat kan? Selamat berwisata dan selamat datang di Kota Bandar Lampung. ^,^

Catatan: Tarif yang berlaku adalah tarif ketika tulisan ini dipublikasikan.

Artikel terkait:

88 comments:

  1. Artikel yang sangat membantu.
    Terima kasih mbak Rika. ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama. terima kasih sudah berkunjung. ^,^

      Delete
  2. kak kalo malam angkotnya ada gak ya? kebetulan saya org lampung to gak pernah naik angkotnya, dan kebetulan gak ada yg bisa jemput :"

    ReplyDelete
    Replies
    1. mayoritas angkot hanya sampai sore (sekitar sebelum maghrib). kalau kira-kira sampai di bandara malam lebih baik naik travel, atau kalau mau yang murah bisa naik bis akdp (seperti bis dari metro atau kota bumi) yang ke arah terminal rajabasa. ^,^

      Delete
    2. untuk taksi bandara, selama bandara buka taksi tetap jalan karena taksi standby di bandara.

      Delete
  3. kalau malam sekitar jam 9 an dari bandara kira-kira naik apa ya mbak rika

    ReplyDelete
    Replies
    1. lewat waktu maghrib aku sarankan untuk naik taksi bandara atau minta jemput (jika ada teman).

      Delete
  4. Mau tanya donk.. Kalo balik ke bandara juga pakai cara yg sama? Kalau mau cati taxi bandara buat balik ke bandara dr bandar lampungnya kmn ya itu?

    Mereka ngga punya omprengan gt yak yang kaya mobil bukan angkot tp charge sendiri2 gt

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau naik angkot seperti cara di atas ya kebalikan dari cara yang dijelaskan di atas, titik poinnya menuju terminal rajabasa, terus naik angkot warna cokelat jurusan tegineneng, bilang saja turun di bandara branti.

      kalau mau naik taksi dari bandar lampung, aku rekomendasikan pakai taksi puspa jaya (silahkan nomor kontak untuk reservasinya cari di situs taksipuspa(dot)com), mobilnya sedan warna hijau, untuk tarif silahkan langsung tanya ke bagian reservasinya, imho kalau dari sekitar daerah rajabasa sih tarifnya relatif sama dengan taksi bandara. ^,^

      Delete
  5. Emm boleh tanya mba?
    Lbih baik naik taxi atau bis ya untuk tujuan pasar tridatu lampung timur. Tksh
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau ke arah way kambas yah?
      rekomendasi sih naik taxi atau bis dulu ke metro atau ke bandar lampung, trus naik travel atau bis ke tempat yang dimaksud. soalnya kalau naik taxi bandara langsung biayanya agak mahal. ^,^

      Delete
  6. Membantu banget..lagi mau ke Lampung..biasnya lewat darat, jadi gak repot banget..krn langsung sampe Rajabasa. Tks

    ReplyDelete
  7. mba rika kalau dari bandara ke desa hargomulyo naik apa ya? dan kira" berapa jam perjalanan nya?

    terimakasih mba mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau naik taxi kira" habis berapa duit ya mba?

      Delete
    2. ini maksudnya hargomulyo, sekampung, lampung timur yah?
      kalau iya, (dan mau ala backpacker) keluar dari area bandara lalu nyebrang jalan, lalu naik bis jurusan metro menuju terminal kota metro dulu, terus naik angkutan ke arah sekampung.
      kalau langsung naik taksi bandara tarifnya sekitar 250-300 ribu per mobil (bisa untuk 5 orang). lama perjalanan jika naik taksi bandara sekitar 45-60 menit. ^,^

      Delete
    3. iya benar mba, kalau naik angkutan ala backpacker brp jam perjalanan ya mba kira" ?

      terimakasih :D

      Delete
    4. naik bis dari bandara sampai ke terminal metro sekitar 30 menit jika lalu lintas lancar, kalau naik angkutannya aku kurang paham berapa lama perjalanan.
      kalau mau ala backpacker usahakan pagi atau siang sudah tiba di bandara, antisipasi kalau angkutan ke sekampung-nya tidak beroperasi sampai sore. ^,^

      Delete
    5. oke mba rika sangat membantu sekali, terimakasih banyak ya mba..
      ketemulah nanti kalau saya lagi main ke lampung ya mba :D

      Delete
  8. hallo mba rika, salam kenal
    saya mau tanya untuk rute dari bandara branti ke pringsewu apakah ada bus? saya peranh dengar ada bus damri (microbus) yg melayani rute branti - pringsewu. terima kasih utk jawabannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. berbahagialah warga pringsewu dan sekitarnya, mulai 10 agustus 2016 dioperasikan bus trans lampung jurusan pringsewu - bandara raden inten (branti) dengan tarif Rp.30.000,- per orang.

      info lebih lanjut silahkan kunjungi tautan berikut:
      http://www.dlaiqa.com/2016/09/bus-trans-lampung-bandara-raden-inten_11.html

      ^,^

      Delete
    2. oh iya saya baru baca artikel mba hehehe. makasih byk mba rika

      Delete
    3. yup, sama-sama, terima kasih telah berkunjung. ^,^

      Delete
  9. kalau dari bandara branti ke krui (lampung barat)... naik mapa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. naik taksi bandara bisa, tapi tarifnya lebih mahal dari tarif pesawat jakarta-lampung, hehehehe.

      kalau mau lebih hemat, ke bandar lampung (terminal rajabasa) dulu, terus disambung naik bis atau travel menuju krui (waktu tempuh rajabasa-krui sekitar 6 jam jika naik travel, kalau naik bis bisa lebih lama).

      (aku kurang tau ini masih beroperasional atau tidak) bisa juga disambung naik pesawat (susi air) lagi dari branti ke krui (bandara serai), beberapa waktu yang lalu penerbangan hanya 1 kali dalam 1 pekan di hari rabu. ^,^

      Delete
  10. Mba kalo dari bandara ke pasar Babatan Lampung Selatan itu naek apa ya. Sekalian mohon infonya penginapan sekitar pasar Babatan. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara murah:
      dari bandara naik angkot warna cokelat turun di terminal rajabasa, lanjut naik bus jurusan bakauheni, bilang turun di babatan. nah mesti di-survey dulu pasar yang dimaksud dekat jalan lintas sumatera ndak? kalau agak jauh bisa dilanjut dengan naik ojek.

      estimasi ongkos per orang: angkot 5 ribu + bus 30 ribu + ojek (jika naik ojek)

      kalau mau langsung bisa naik taksi bandara, tarif sekitar 200-250 ribu per mobil, untuk tarif fix bisa ditanya di loket taksi di dekat pengambilan barang bagasi di sekitar pintu keluar bandara.

      hmm, kalau 4-5 orang lebih baik naik taksi bandara karena diantar sampai ke tempat tujuan.

      nah, kalau soal penginapan aku kurang tau kalau di sekitar daerah babatan. setauku penginapan/hotel (yang terdekat dari situ dan aku tau) ada di sekitar daerah pantai pasir putih. ^,^

      Delete
  11. Mba rika klo dr bandara branti ke kota baru sebaiknya naik apa ya..mksh sblmnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, ini kota baru yang dimaksud kota baru yang di tanjung karang yah? kalau iya:

      kalau mau cepat naik taksi bandara, sebutkan saja alamat lengkapnya sama supir taksinya.

      kalau ndak buru-buru, bisa ikuti cara seperti tulisanku di atas, kemudian setelah sampai di terminal tanjung karang (ramayana) lanjutkan naik angkot warna abu-abu (jurusan tanjung karang-sukarame).

      atau bisa juga naik bus translampung dari bandara, kemudian turun di terminal tanjung karang atau bisa juga turun di bawah fly-over gajahmada (dekat stadion pahoman), kemudian diteruskan naik angkot warna abu-abu.

      kuncinya ada di alamat lengkapnya kota baru yang akan dituju di mana. ^,^

      Delete
  12. Mbak Rika kalau mau ke kota metro dari bandara selain naik bis apa bisa naik angkot lokal ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari pintu keluar bandara silahkan nyebrang jalan, trus naik angkot warna cokelat jurusan tegineneng, turun di pertigaan tegineneng, trus naik angkot warna abu-abu tujuan metro. ^,^

      Delete
  13. Salam kenal Kak Rika. Mau tanya jarak dari bandara ke pempek 123 jauh tidak? Baiknya naik apa ya? Trus rekomendasi tempat beli oleh-oleh kripik pisang Lampung dimana dan naik apa dari bandara ongkosnya berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pempek 123 di daerah teluk betung, sekitar 1 jam lah kalau naik taksi dari bandara.
      kalau mau putus-putus bisa ikuti cara di artikel ini, (sampai di terminal rajabasa) kemudian dilanjutkan naik angkot warna biru untuk menuju terminal tanjung karang (ramayana), lalu lanjut lagi naik angkot warna ungu ke arah teluk betung, bilang saja dengan supir angkotnya nanti minta turunkan di pempek 123. estimasi total ongkos sekitar 15-20 ribu.

      cara kedua bisa naik bis trans lampung, turun di terminal tanjung karang (ramayana), terus lanjut naik angkot warna ungu ke arah teluk betung, estimasi total ongkos sekitar 25 ribu.

      cara mudah ya naik taksi bandara, ongkosnya sekitar 110-120 ribu.

      kalau toko oleh-oleh bisa ke toko yen-yen atau aneka sari rasa, tidak jauh dari pempek 123. ^,^

      Delete
  14. malam mba, kalo trans lampung itu berhentinya sesuai halte yg ada atau bisa bebas ya ? sy ada kunjungan ke central plaza. tlg di info ya mba. tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum ada haltenya, bisa turun di mana pun.
      hmm, kalau dari bandara bis trans lampung ndak lewat central plaza, tapi central plaza dilalui ketika bus dari bandar lampung menuju ke bandara.

      sebagai saran, kalau mau naik bus trans lampung dari bandara menuju central plaza, bisa turun di sekitar bundaran gajah (tugu adipura) kemudian nyebrang jalan, lalu naik angkot warna ungu atau hijau yang mau ke arah terminal tanjung karang (ramayana), bilang sama supir angkotnya turun di central plaza (cp atau artomoro). ^,^

      Delete
    2. oh gitu, makasih ya mba rika.. tp 1 lg mba, mulai operasinya bis translampung jam berapa ya ?

      Delete
    3. kalau dari bandar lampung mulai 04.30-15.45, kalau dari bandara mulai 06.30-21.00 (atau sampai waktu kedatangan pesawat terakhir di hari tersebut). ^,^

      http://www.dlaiqa.com/2016/09/bus-trans-lampung-bandara-raden-inten.html

      Delete
  15. klw bus dr bandara branti ke bukit kemuning ada tidak mbak yg 24 jam
    atau travel ya yg buka 24 jam juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau taksi bandara selama ada pesawat ya tetap jalan.
      kalau mau naik bis, keluar dari bandara, trus nyebrang jalan, trus cari bis jurusan ke kotabumi, baradatu, kasui, liwa atau bis yang lewat jalan lintas tengah sumatera, nanti bilang sama kondektur atau supirnya turun di bukit kemuning. ^,^

      Delete
    2. Kalo dari bandara ke kotabumi naik travel berapa ya?

      Delete
  16. mbak kalo dari branti ke metro naik bis apa harus ke terminal rajabasa dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ndak perlu, beda arah.

      bisa naik bis jurusan ke metro, caranya keluar dari bandara trus nyeberang jalan, trus tunggu bis jurusan ke metro.

      atau kalau mau naik angkot, caranya dari pintu keluar bandara silahkan nyebrang jalan, trus naik angkot warna cokelat jurusan tegineneng, turun di pertigaan tegineneng, trus naik angkot warna abu-abu tujuan metro. ^,^

      Delete
  17. Tutorial yang bagi wisman yg akan datang ke bandarlampung. Semoga menjadikan Lampung lebih terkenal.Good

    ReplyDelete
  18. Dari bandara ke jl.kartini naek apa ya baiknya mba??selain taksi.trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. alternatif 1:
      - naik bis transbandara jurusan bandar lampung (graha wangsa), turun di tugu adipura, trus nyebrang jalan.
      - trus naik angkot warna hijau atau abu-abu atau ungu yang arah ke tanjung karang, bilang sama supir angkotnya turun di mana di jalan kartininya.
      estimasi ongkos sekitar Rp.25.000,-

      alternatif 2:
      - naik angkot cokelat turun di terminal rajabasa
      - trus disambung naik angkot warna biru jurusan ke tanjung karang.
      - trus disambung naik angkot warna ungu jurusan teluk betung bilang turun di seberang tugu adipura.
      - trus disambung dengan angkot warna hijau atau abu-abu yang arah ke tanjung karang, bilang sama supirnya mau turun di mana.
      estimasi ongkos sekitar Rp.17.000 - 20.000,-

      Delete
  19. Misi mb rika,mo nanya klu dari bandara ke simpang randu naik taksi ada g ya,,klu ada trf nya kira2 brp

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau naik taksi bandara sekitar Rp.400.000,-an per mobil (kalau rombongan atau sekitar 4-5 orang lebih baik naik taksi bandara, kalau cuma sendiri hitungannya mahal karena tarifnya hitungan per mobil).

      kalau cuma sendiri dan mau agak murah, ke terminal rajabasa dulu atau ke sekitar bundaran raden intan (bundaran rajabasa), trus lanjut naik travel ke arah simpang randu/seputih banyak.

      Delete
  20. Mba Rika mw nanya kalo dari bandara ke pringsewu itu naiknya apa ya sama kira" brp tarifnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bandara ke pringsewu:

      - cara mahal, naik taksi bandara ongkos sekitar Rp.250.000 per mobil.

      - cara agak murah, agak nyaman, tapi agak lama nunggu busnya = naik bus translampung jurusan bandara - pringsewu, ongkos Rp.30.000,- per orang

      - cara putus-nyambung, naik angkot cokelat jurusan ke terminal rajabasa, bilang sama supir angkotnya turun di simpang pramuka, trus lanjut naik bus jurusan ke kota agung, lalu turun di pringsewu. ongkos sekitar Rp.25.000 - 30.000,- per orang.

      Delete
  21. Mbak rika kalau travel atau bis ke raman utara lampung timur sekitar habis magrib ada gak ya? Karena saya sampai bandara habis magrib dan kebetulan tdk ada yg jemput.dan tarif nya sekitar berapa? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tiba di bandara sekitar ba'da maghrib lebih baik naik taksi bandara, tarif ke raman utara sekitar 300 ribu.
      kalau tibanya agak siangan lebih enak, menuju ke kota metro dulu (terminal metro), trus naik angkutan umum menuju ke raman utara.

      Delete
  22. Replies
    1. kalau tiba di bandara sekitar ba'da maghrib lebih baik naik taksi bandara, tarif ke raman utara sekitar 300 ribu.
      kalau tibanya agak siangan lebih enak, menuju ke kota metro dulu (terminal metro), trus naik angkutan umum menuju ke raman utara. ^,^

      Delete
  23. Mbk Rika mau tanya kl Dr bandara tujuan ke universitas Malahayati naik angkot wrna apa???

    ReplyDelete
    Replies
    1. keluar dari area bandara, naik angkot warna cokelat tujuan ke rajabasa, bilang sama supirnya turun di simpang jalan pramuka, trus nyeberang jalan, trus naik angkot warna kuning jurusan terminal kemiling atau angkot warna biru, bilang sama supirnya turun di universitas malahayati.

      kalau sampainya sudah agak malam, naik bis bandara (translampung), turun di lampu merah sebelum terminal rajabasa, trus cari ojek, bilang mau ke universitas malahayati. ^,^

      Delete
  24. Mba rika salam kenal..
    Minggu ini sy ada rencana ke lampung, mba punya kontak langganan rental ga?tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, salam kenal juga, mbak.
      hmm, via email ya mbak. ^,^

      rika@dlaiqa.com

      Delete
  25. mlm mba rika salam kenal, saya ada rencana berkunjung ke kota metro..boleh info ga ya angkot atau bus ke metro itu ada nomornya atau namanya ga ya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, salam kenal juga.
      di metro ada beberapa trayek angkot yang bisa diketahui dari warnanya (aku juga kurang begitu paham soal trayeknya).

      tapi kalau dari bandara menuju metro kalau mau naik angkot bisa juga kok, caranya keluar dari area bandara, lalu nyeberang jalan, kemudian naik angkot warna cokelat (jurusan rajabasa - tegineneng), turun di simpang tegineneng. lalu dilanjutkan dengan naik angkot warna abu-abu jurusan tegineneng - metro.

      kalau mau naik bis cukup sekali naik bus. caranya keluar dari area bandara, lalu nyeberang jalan, terus naik bis ukuran medium (seukuran metromini atau kopaja) jurusan rajabasa - metro. saranku naik bis ac yang berwarna biru (penantian utama) atau warna hijau (puspa jaya). ^,^

      Delete
  26. Mba aku mau nanya dr raden inten ke kota bumi naik damri ada ga? Klo ada ongkos nya kira2 berapa?dan beroperasi dr jam brp sampai jam brp? Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau damri sepertinya tidak ada, om.
      alternatifnya bisa naik bis jurusan rajabasa-kotabumi atau taksi bandara (tapi tarif taksi lebih mahal).
      caranya, keluar dari area bandara, lalu nyeberang jalan, lalu naik bis jurusan ke kotabumi (bis ukuran medium seperti metromini atau kopaja). tarif sekitar 20-30 ribu, lama perjalanan sekitar 2-3 jam. ^,^

      Delete
  27. Maaf mbak mau tanya klo naik translampung dri bandara ke pasar bambu kuning bawa koper boleh gak ya mbak? Lalu rutenya bagaimna?

    Sma mau tanya klo damri ke pasar bambu kuning ada apa nggak? Trua ongkosnya brp ya mbak kira2

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari bandara naik bis translampung, lalu turun di gedung juang (bioskop king lama) atau di sekitar ramayana atau di sekitar pintu masuk stasiun kereta api tanjung karang. terus jalan kaki atau naik becak ke pasar bambu kuning, jaraknya hanya sekitar 150-200 meter. ^,^

      Delete
  28. Siang Mba Rika, Bagus Artikelnya,
    saya mau tanya sekalian jika dari bandara raden inten ke lampung utara, tepatnya ke bukit kemuning itu ala backpacker naek apa ya,,rencana saya naek pesawat di pagi atau siang hari,,

    ReplyDelete
  29. Mba Rika, Bagus infonya
    saya mau tanya jika turun di raden inten, lalu klo mau ke bukit kemuning ( lampung utara ) naek apa ya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. keluar dari area bandara, lalu nyeberang jalan, lalu naik bus jurusan ke bukit kemuning, atau bisa juga naik bis jurusan ke way kanan (baradatu), atau bisa juga naik bis jurusan ke liwa (lampung barat), atau bisa juga naik bis yang lewat jalan lintas tengah sumatera. ^,^

      Delete
  30. Thankyou infonya.... udah lama ga maen ke lampung... biasanya lewat darat/laut.. ternyata gampang juga dari branti yaa 😄

    ReplyDelete
  31. Mbak rika ada ngak travel ke kalianda maksudnya saya sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke arah kalianda bisa naik bus translampung jurusan bandara-kalianda atau bandara-bakauheni. ^,^

      Delete
  32. Ada akomandasi atau kontak mobil trvael yg murah gak mba rika dari bandara ke metro... sialnya cm satu orang ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke metro bisa naik bus rajabasa-metro, caranya keluar dari area bandara, trus nyeberang jalan, trus naik bus rajabasa-metro.
      atau bisa juga naik angkot, caranya keluar dari area bandara, trus nyeberang jalan, trus naik angkot cokelat yang ke arah tegineneng, sampai di tegineneng lanjut naik angkot abu-abu jurusan ke metro.

      kalau sampainya sore atau malam saranku sih naik taksi bandara saja, ongkosnya sekitar 130.000,- ^,^

      Delete
  33. kalau dari bandara radin inten ke bakauheni naik translampung ongkosnya berapa ya?

    ReplyDelete
  34. salam hangat saudara sekalian. saya ingin ke labuhan maringgai
    jadi berapa jauh dari bandara menuju labuhan maringgai tersebut.
    dan transportasi apa yang bisa saya gunakan dari bandara menuju labuhan maringgai tersebut.
    mohan saran dan petunjuk saudara sekalian.
    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jarak dari bandara ke labuhan maringgai (lampung timur) sekitar 120 km.
      ada beberapa opsi untuk menuju ke sana, antara lain.
      - naik taksi bandara (ongkos sekitar 400 per mobil, mobil avanza, bisa dipilih kalau rombongan 4-5 orang atau untuk perjalanan sore-malam).
      - kalau sendiri bisa pakai bus atau travel. caranya menuju ke kota metro (dari terminal metro) atau ke terminal rajabasa (bandar lampung) terlebih dahulu, terus dilanjutkan dengan naik bus atau travel menuju ke labuhan maringgai. ^,^

      Delete
  35. Mba mau tanya....aku sampai di airport Raden intan II jam 18.00...tujuan saya ke negara ratu Sungkai selatan.tapi uang saya mepet.saya harus naik transportasi apa ia.bingung saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah ada tujuan (tempat yang dituju sudah fix) bisa naik bus jurusan ke kotabumi atau bukit kemuning atau bus yang lewat lintas tengah, trus turun di sekitar kotabumi, lanjut naik ojek atau minta jemput.
      caranya keluar dari area bandara, lalu nyeberang jalan, lalu tunggu bus. ^,^

      Delete
  36. Mba sorry mau tanya kalo dari bandara mau ke metro rute nya gmn ya? Lebih simpel dan yg terjangkau naik apa ya hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau simple naik taksi bandara, tinggal naik begitu keluar pintu kedatangan.
      kalau mau lebih murah naik bis, keluar dari area bandara, nyeberang jalan, trus naik bus jurusan rajabasa-metro.

      *)kalau mau naik bus usahakan sampai di bandara sebelum sore (sekitar jam 5-an sore). ^,^

      Delete
  37. Mbak rika mau tanya, kalau dri bandara branti mau ke iain jurai siwo metro lampung alamatnya di jl ki hajar dewantara 15 A kampus iringmulyo kota metro lampung 3111, naik apa aja ya rutenya? Sekalian dgn estimasi ongkosnya. Trs klo pake ojek online kaya gojek ato grab ada g? Kira2 brp ya. Terimkasih 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sampai di bandara pagi, siang atau sore, bisa naik bus jurusan rajabasa-metro, caranya keluar dari area bandara, trus nyeberang jalan, trus tunggu busnya, turun di terminal metro. hmm, atau bisa tanya dengan kondektur busnya kalau mau ke iain metro nanti lanjut naik apa lagi. sepertinya ada angkot dari terminal menuju ke iain.
      kalau gojek aku kurang paham sekarang sudah ada di metro atau belum, alternatif ojek online ada masojek (lihat situs masojek-dot-com).

      ongkos bus ke metro sekitar 15 ribu, angkot dalam kota sekitar 3-5 ribu. ^,^

      Delete