October 6, 2015

Daftar Trayek Angkutan Kota Di Bandar Lampung

Apabila anda berkunjung ke kota Bandar Lampung belum lengkap rasanya jika belum merasakan moda transportasi yang satu ini, ya angkutan kota atau biasa disebut dengan 'angkot'. Keberadaan angkot di kota Bandar Lampung masih lumayan banyak jumlahnya dan masih menjadi pilihan utama masyarakat kota Bandar Lampung sebagai alat transportasi umum, walaupun secara keseluruhan populasinya saat ini sudah berkurang jika dibandingkan beberapa tahun yang lalu.

Angkot di Bandar Lampung menggunakan mobil dengan jenis minibus pabrikan Mitsubishi Colt T120SS dan Suzuki Carry Futura. Angkot bisa membawa sekitar 10-12 orang penumpang, dengan posisi duduk penumpang berhadap-hadapan, kecuali penumpang yang duduk di sebelah pengemudi angkot.

Dalam operasionalnya, satu mobil angkot dioperasikan oleh seorang pengemudi dan dibantu oleh seorang kondektur atau kenek, tetapi ada juga beberapa angkot yang dioperasionalkan hanya oleh seorang pengemudi tanpa bantuan kenek.

Di Bandar Lampung jika anda ingin menikmati angkot, anda cukup menunggu di tepi jalan yang dilalui angkot yang akan dinaiki, lalu dengan melambaikan tangan ke arah angkot yang akan dinaiki sebagai isyarat anda ingin menaiki angkot tersebut. Dan jika sudah sampai tujuan, anda cukup berkata 'minggir' atau 'kiri' sebagai isyarat anda akan turun dari angkot tersebut. Istimewanya lagi, untuk jurusan tertentu yang melewati daerah pemukiman, kita bisa meminta kepada pengemudi angkot untuk melewati jalan yang bukan rute utamanya, ya melenceng-melenceng sedikit dari rute utama lah intinya. Jadi kalau rumah kita atau tempat tujuan kita letaknya di tepi jalan yang masih bisa dilewati angkot, kita bisa turun tepat di depan rumah atau tempat tujuan. Asyik kan? hehehehe.

Oke deh, ini dia daftar trayek angkutan kota (angkot) untuk wilayah kota Bandar Lampung:

Angkot
Warna
Trayek
Biru Muda
Tanjung Karang - Rajabasa
Kuning Gading (Ivory)
Tanjung Karang - Way Halim - Way Kandis
Abu-Abu
Tanjung Karang - Sukarame
Abu-Abu Lis Biru Tua
Tanjung Karang - Permata Biru
Putih Lis Hijau
Tanjung Karang - Jln. Ir. Sutami
Hijau
Tanjung Karang - Pahoman - Garuntang
Ungu
Tanjung Karang - Teluk Betung - Sukaraja
Merah Maroon
Tanjung Karang - Kemiling
Merah Maroon Lis Biru Tua
Tanjung Karang - Sam Ratulangi
Oranye
Sukaraja - Panjang
Kuning
Rajabasa - Kemiling

Catatan:
  • Tarif angkot berkisar Rp.3.500 - Rp.4.000 untuk sekali jalan.
  • Secara umum waktu padat dan ramainya angkot adalah saat jam masuk sekolah dan masuk kerja (sekitar jam 06.30 - 08.00), kemudian saat jam pulang sekolah (sekitar jam 14.00 - 14.30) dan jam pulang kerja (sekitar jam 16.30 - 17.30).
  • Angkot bisa dijadikan alternatif kendaraan carteran (sewa) dalam keadaan tertentu, dengan tarif khusus sesuai kesepakatan bersama.

8 comments:

  1. Blognya informatif, bagus. Oiya mbak, kalau dari Stasiun ke Masjid Agung Al Furqon naik angkot mana? Saran saja, mungkin tiap rute dilengkapi jalan mana saja yang dilewati, terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. keluar dari stasiun, lalu menuju terminal tanjung karang yang ada di bawah supermarket ramayana, kemudian naik angkot warna ungu jurusan sukaraja/teluk betung. ^,^

      Delete
  2. maaf mbak, saya mau tanya kalau dari hotel nusantara mau naik bus trans ke itera caranya gimana ya mbak?

    atau kalau dari hotel harion yg di urip mau ke itera angkutannya apa ya mbak?
    terimakasih bnyak mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau naik bus translampung, yang harus dituju pertama kali adalah jalan ryacudu (fly-over sultan agung/dua jalur).
      kalau dari hotel nusantara bisa naik bus transbandar lampung (bis kecil warna hijau jurusan ke rajabasa), lalu turun di fly-over sultan agung, kemudian nyebrang ke jalan ryacudu, trus tinggal tunggu bus translampung tujuan itera.

      kalau dari arah sekitar jalan urip sumohardjo, naik angkot (warna abu-abu list biru) jurusan ke permata biru, trus bilang sama supirnya minta turunin di lapangan golf, trus naik ojek dari golf menuju itera.

      Delete
  3. Kalo mau ke stadion pahoman dari simpur nyari angkot nya dimana ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke jalan raden intan dulu, trus naik angkot warna hijau. ^,^

      Delete
  4. Min kalo dari masjid al furqon mau ke ramayana Tanjung karang naik angkot apa yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. naik angkot warna ungu (teluk betung - tanjung karang). ^,^

      Delete