January 25, 2017

Wajah Baru Bandara Radin Inten II Lampung Di Tahun 2017

Bandara Radin Inten II Lampung
Bandara Radin Inten II Lampung

Bandara Radin Inten II Lampung yang terletak di Desa Branti, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung terus berbenah, bandara ini rencananya akan dijadikan bandara embarkasi haji Provinsi Lampung di masa mendatang, sehingga dilakukan perombakan, perluasan dan pengembangan. Jika anda sering melakukan perjalanan melalui bandara ini di sepanjang tahun 2016, pasti anda paham sudah berapa kali bandara ini dirombak penampilannya, hehehehe.

Hmm, pada tulisan kali ini aku akan sedikit menjelaskan tentang perubahan di sekitar area akses jalan kendaraan dari pintu masuk, drop zone (tempat menurunkan dan menaikkan penumpang) dan pintu keluar. Oke deh, berikut ulasannya.
  • Pintu masuk saat ini bergeser sedikit ke arah utara, jika kita berkendara dari arah Bandar Lampung letaknya tak jauh dari putaran (u-turn) yang biasa dilalui.

    jalan masuk
    jalan masuk

  • Pintu masuk saat ini berupa palang parkir otomatis yang terdiri dari 2 jalur untuk kendaraan roda 4 atau lebih dan 1 jalur untuk kendaraan roda dua. Di sini ambil tiket parkir di mesin dispenser yang telah disediakan. Setelah tiket diambil dan palang pintu terbuka, maka masuklah.

    pintu masuk
    pintu masuk

  • Ikuti papan petunjuk arah, karena tujuanku adalah langsung ke drop zone, maka ikutilah petunjuk arah ke drop zone atau zona keberangkatan atau zona kedatangan.

    ikuti rambu petunjuk arah
    ikuti rambu petunjuk arah

  • Nah, setelah tiba di drop zone, berhentikan kendaraan anda pada zona yang berwarna merah (aspal bercat merah) untuk menurunkan atau menaikkan penumpang. Oh iya, di drop zone ini waktu kita untuk berhenti dibatasi sekitar 3-5 menit.

    drop zone
    drop zone
    turunkan dan naikkan penumpang di drop zone
    turunkan dan naikkan penumpang di drop zone

  • Setelah prosesi menurunkan atau menaikkan penumpang di drop zone selesai, saatnya beranjak pergi dari tempat tersebut. Ikuti papan petunjuk arah untuk menuju keluar.

    ikuti rambu arah keluar
    ikuti rambu arah keluar

  • Sesaat sebelum pintu keluar ada persimpangan, apabila ke kanan akan menuju ke tempat parkir dan ke kiri akan menuju ke pintu keluar. Karena aku akan menuju keluar, maka aku belok ke arah kiri.

    menuju pintu keluar
    menuju pintu keluar

  • Sampai di pintu keluar, siapkan tiket parkir dan uang tunai Rp.5.000,- (untuk biaya masuk dan parkir selama satu jam pertama, apabila parkir lebih dari satu jam akan dikenakan Rp.3.000,- untuk hitungan jam berikutnya). Kemudian berikan tiket dan uang tersebut kepada petugas penjaga loket di pintu keluar.

    pintu keluar
    pintu keluar

  • Yup, setelah melewati pintu keluar, bersiaplah untuk berkendara kembali di jalan lintas Sumatera. ^,^

    masuk ke jalan lintas Sumatera
    masuk ke jalan lintas Sumatera

Untuk lebih jelasnya silahkan simak video berikut. ^,^



Artikel terkait:

4 comments:

  1. Kalau cara naik pesawat nya bagaimana? Misal check in and blabla nya, saya blm pernah soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe, mudah kok.
      hal yang pertama adalah beli tiket pesawatnya dulu, lalu pada hari keberangkatan usahakan sudah berada di bandara sekitar 60 menit atau 90 menit sebelum jadwal penerbangan. nanti kalau sudah di bandara ada petugas yang siap membantu. ^,^

      Delete
  2. tempat check in itu di area keberangkatan ya? kalau saya jalan kaki dari pintu masuk, masuk lewat mana ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, masuk ke dalam gedung lewat pintu keberangkatan, setelah masuk nanti ada konter-konter maskapai penerbangan, silahkan lapor ke konter sesuai dengan maskapai penerbangan yang akan dinaiki. ^,^

      Delete