17 April 2023

Mengganti Kapasitor, PTC dan OLP Pada Kulkas 1 Pintu (LG GN-V191RL)

Komponen Mesin Kulkas
Komponen Mesin Kulkas

Hmm, sekitar seminggu menjelang hari lebaran tahun 2023 (idul fitri 1444 H) si Mbok menelponku, beliau menginformasikan bahwa lemari es (kulkas) di rumahnya bermasalah atau mengalami kerusakan. Karena kebetulan esok harinya adalah hari Jum'at, maka aku bilang ke si Mbok bahwa kami (aku dan keluarga kecilku) akan ke rumah beliau pada esok hari.

Pada keesokan hari setibanya di rumah si Mbok, aku langsung memeriksa kulkas yang bermasalah tersebut. Setelah aku periksa dengan seksama, kondisi kulkas ketika aku coba hubungkan dengan sumber listrik masih bisa menyala. Hal tersebut ditandai dengan lampu dalam kulkas tetap menyala dan kompresor pun juga menyala. Nah, masalahnya dapat diketahui setelah sekitar 2-3 menit kemudian, yaitu kompresor tiba-tiba berhenti beroperasi. Kemudian aku buka pintu kulkas, lalu aku lihat lampu dalam kulkas masih menyala. Artinya kondisi kelistrikan atau kabel-kabel masih terhubung dengan baik.

Selanjutnya aku periksa kembali bagian belakang kulkas, terutama pada sekitar bagian kompresor. Aku sentuh body kompresor tersebut dan memang terasa panas, namun tidak terlalu panas. Beberapa saat kemudian atau ketika kondisi kompresor sudah tidak panas, aku perhatikan sepertinya ada indikasi kompresor akan kembali melakukan starting namun tidak kuat dan terjadi sampai beberapa kali.

Hmm, jujur karena sebetulnya aku belum berpengalaman memperbaiki kulkas, lalu aku ceritakan masalah tersebut dengan Papa Iyas yang lebih paham dengan barang-barang elektronik, hohohoho. Oh iya, kulkas pada kasus kali ini adalah kulkas satu pintu merk LG seri GN-V191RL. Hmm, kalau tidak salah kulkas tersebut sudah berada di rumah si Mbok sekitar 15 tahun.

spesifikasi produk
spesifikasi produk

Setelah berkonsultasi dan juga kulkas tersebut diperiksa oleh Papa Iyas, dia menyarankan untuk mengganti komponen-komponen yang bernama OLP (overload protector), relay PTC (positive temperature coefficient) dan kapasitor. Menurutnya 3 komponen tersebut kinerjanya sudah tidak optimal karena termakan usia (penggunaan lebih dari 10 tahun). Hmm, dan juga berharap kompresor masih dalam kondisi OK, serta kulkas tersebut tidak mengalami kebocoran freon. Karena kalau kompresor yang mengalami kerusakan lebih baik biaya servisnya dialihkan dan ditambah sedikit untuk membeli kulkas baru, huhuhuhu.

Yup, mudah-mudahan permasalahan kali ini dapat diselesaikan seperti yang telah disarankan oleh Papa Iyas di atas. Oke deh, ayo kita mulai acara main jadi tukang servis kulkasnya, hehehehe.
  1. Siapkan peralatan berupa obeng (+), obeng (-), multitester dan kain lap.

    obeng
    obeng
    multitester digital
    multitester digital

    Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli obeng plus di sini:

    shopee

    tokopedia

    blibli


    Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli obeng (-) di sini:

    obeng min
    shopee

    tokopedia

    blibli


    Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli multitester digital di sini:

    multitester digital
    shopee

    tokopedia

    blibli


  2. Lepas steker kabel daya dari sumber listrik, lalu diamkan kulkas selama sekitar 30 menit atau sampai suhu pada kompresor tidak terlalu panas. Kemudian lepas 2 buah sekrup pengikat wadah penampung air buangan (lihat tanda panah), gunakan obeng (+). Lalu pindahkan wadah tersebut dari dudukannya.

    lepas sekrup wadah penampung air
    lepas sekrup wadah penampung air

  3. Kemudian lepas 2 buah sekrup pengikat pelindung (cover) kabel-kabel (lihat tanda panah). Gunakan obeng (+).

    lepas sekrup pelindung kabel-kabel
    lepas sekrup pelindung kabel-kabel

  4. Lalu lepas kapasitor dari dudukannya (lihat tanda panah). Oh iya, hati-hati ketika memegang kapasitor karena biasanya masih ada listrik yang tersimpan pada kapasitor. Gunakan kain lap atau sarung tangan ketika melepas kapasitor dari dudukannya.

    lepas kapasitor dari tempatnya
    lepas kapasitor dari tempatnya

  5. Kemudian lepas socket kabel yang terhubung pada kapasitor (lihat tanda panah). Caranya cukup dicabut menggunakan tangan atau jika susah gunakan bantuan obeng (-) untuk mencongkelnya. Oh iya, hati-hati ketika melepasnya karena mungkin saja kapasitor tersebut masih menyimpan listrik.

    lepas kabel-kabel pada kapasitor
    lepas kabel-kabel pada kapasitor
    kapasitor
    kapasitor

  6. Selanjutnya lepas kotak berwarna hitam yang menempel pada kompresor (lihat tanda panah). Perhatikan kunciannya ketika melepasnya. Oh iya, kotak hitam tersebut adalah pelindung (cover) komponen PTC dan OLP yang menempel pada kompresor.

    lepas pelindung PTC dan OLP
    lepas pelindung PTC dan OLP

  7. Kemudian lepas socket kabel yang terhubung pada OLP dan PTC (lihat tanda panah). Caranya cukup ditarik dengan tangan atau jika susah gunakan bantuan obeng (-) untuk melepasnya. Terdapat 3 socket kabel yang harus dilepas, yaitu 1 socket yang terhubung ke OLP (lihat panah A) dan 2 socket yang terhubung ke PTC (lihat panah B & C). Oh iya, sebaiknya ingat dan catat urutan warna kabel yang dilepas tersebut agar nanti tidak kebingungan ketika akan memasangnya kembali.

    lepas kabel-kabel pada OLP dan PTC
    lepas kabel-kabel pada OLP dan PTC

  8. Lalu lepas komponen PTC dari tempatnya (lihat panah bawah / PTC). Caranya cukup ditarik dengan menggunakan tangan.

    lepas PTC dari tempatnya
    lepas PTC dari tempatnya
    PTC telah dilepas dari tempatnya
    PTC telah dilepas dari tempatnya

  9. Kemudian lanjutkan dengan melepas komponen OLP (lihat tanda panah). Caranya sama, yaitu cukup ditarik dengan menggunakan tangan.

    lepas OLP dari tempatnya
    lepas OLP dari tempatnya

  10. Setelah PTC dan OLP dilepas dari tempatnya, sebaiknya bersihkan di sekitar terminal PTC dan OLP (lihat tanda panah) dari debu dan kotoran.

    bersihkan terminal dari kotoran
    bersihkan terminal dari kotoran

  11. Nah, 3 komponen yang akan diganti adalah kapasitor, PTC dan OLP. Sekarang saatnya membeli sparepart tersebut di toko suku cadang elektronik atau toko peralatan servis kulkas atau AC. Apabila anda akan membelinya di toko terdekat, maka bawa saja 3 komponen tersebut sebagai contoh. Sementara jika anda ingin membelinya secara online, maka jelaskan kode komponen tersebut. Sebutkan kata kunci 'kulkas satu pintu merk LG seri GN-V191RL'.
    - Kapasitor 300 VAC 32 uF
    - Relay PTC 2 kaki, kanan atas bawah
    - Overload OLP 1/8 HP/PK

    3 komponen yang diganti (kapasitor, PTC, OLP)
    3 komponen yang diganti (kapasitor, PTC, OLP)

    Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli kapasitor kulkas 32uF di sini:

    kapasitor kulkas
    shopee

    tokopedia

    blibli


    Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli PTC relay kulkas LG di sini:

    PTC kulkas
    shopee

    tokopedia

    blibli


    Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli OLP 1/8 hp kulkas LG di sini:

    OLP kulkas
    shopee

    tokopedia

    blibli


  12. Kemudian pasang OLP yang baru pada tempatnya (lihat tanda panah). Pastikan dipasang dengan benar dan pas.

    pasang OLP yang baru
    pasang OLP yang baru

  13. Lalu pasang PTC yang baru pada tempatnya (lihat tanda panah). Pastikan dipasang dengan benar dan pas.

    pasang PTC yang baru
    pasang PTC yang baru

  14. Setelah itu pasang kembali 3 socket kabel pada OLP dan PTC (lihat tanda panah gambar atas). Pastikan dipasang dengan benar dan pas. Hmm, jika lupa dan bingung dengan susunan warna kabelnya, coba lihat dan perhatikan gambar diagram kelistrikan yang tertera pada bagian belakang kulkas (lihat gambar bawah).

    pasang kembali kabel-kabel
    pasang kembali kabel-kabel
    diagram kelistrikan
    diagram kelistrikan

  15. Lalu pasang kembali kotak pelindung (cover) PTC dan OLP (lihat tanda panah). Perhatikan kunciannya, serta pastikan dipasang dengan benar dan pas.

    pasang kembali pelindung PTC & OLP
    pasang kembali pelindung PTC & OLP

  16. (Apabila kapasitor pengganti terdiri dari 2 kaki, maka abaikan langkah ini dan lanjutkan ke langkah selanjutnya). Yup, karena kebetulan pada kasus kali ini kapasitor pengganti terdiri dari 4 kaki, maka harus dicari dulu pasangan kakinya agar nanti tidak salah pasang. Caranya dengan menggunakan bantuan multitester yang disetel ke fungsi ohm-meter. Lalu hubungkan ke setiap kaki kapasitor tersebut. Jika multitester menunjukkan angka 0 atau 0,xx artinya kedua kaki terhubung atau pasangannya. Namun jika multitester menunjukkan angka 1, maka itu bukan pasangannya.

    menentukan terminal kapasitor (1)
    menentukan terminal kapasitor (1)
    menentukan terminal kapasitor (2)
    menentukan terminal kapasitor (2)

  17. Kemudian pasang 2 socket kabel pada kapasitor (lihat panah merah). Pastikan dipasang dengan benar dan pas. Oh iya, karena pada contoh kasus kali ini kapasitor pengganti terdiri dari 4 kaki, sementara yang terpakai hanya 2 kaki, maka 2 kaki yang tidak terpakai sebaiknya ditutupi atau dilapisi dengan isolator (lihat panah biru).

    pasang socket kabel pada kapasitor
    pasang socket kabel pada kapasitor

  18. Lalu pasang kapasitor pada dudukannya (lihat tanda panah). Pastikan dipasang dengan benar dan pas.

    pasang kapasitor pada dudukannya
    pasang kapasitor pada dudukannya

  19. Kemudian rapihkan kabel-kabel, lalu pasang kembali pelindung (cover) kabel. Pasang dan kencangkan 2 buah sekrup pengikatnya (lihat tanda panah).

    pasang kembali pelindung kabel-kabel
    pasang kembali pelindung kabel-kabel

  20. Kemudian pasang kembali wadah penampung air buangan pada dudukannya, lalu pasang dan kencangkan 2 buah sekrup pengikatnya (lihat tanda panah).

    pasang kembali wadah penampung air buangan
    pasang kembali wadah penampung air buangan

  21. Yup, langkah selanjutnya adalah pengujian. Hubungkan steker kabel daya ke sumber listrik, lalu tunggu prosesnya. Oh iya, sebaiknya saat pengujian kondisi kulkas dalam keadaan kosong agar lebih mudah diketahui hasilnya. Hmm, untuk setelan temperatur cukup disetel ke pengaturan pendinginan normal.

    pekerjaan selesai
    pekerjaan selesai

Hasilnya:
Alhamdulillah, setelah 3 komponen tersebut diganti dengan yang baru, kulkas dapat kembali beroperasi dengan normal. Kompresor tidak lagi tiba-tiba mati setelah 2-3 menit kulkas dihubungkan ke listrik. Kompresor baru berhenti (stanby) setelah bekerja selama beberapa jam atau setelah mendapat instruksi dari thermostat karena suhu bagian dalam kulkas sudah dalam kondisi dingin dan stabil. Hal tersebut adalah normal.

Nah
, nanti setelah beberapa saat atau ketika suhu bagian dalam kulkas dinginnya berkurang, maka kompresor akan kembali menyala dan bekerja mengalirkan atau menyebarkan freon untuk mendinginkan kembali bagian dalam kulkas. Begitulah prosesnya berulang secara terus-menerus. ^,^

Tonton video-nya di sini:


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar