26 Desember 2022

Mengganti Laher (Bearing) Roda Pagar Rumah

Roda Pagar Rumah
Roda Pagar Rumah

Hmm, sepertinya ada yang agak aneh dengan gerbang pagar di depan rumahku, ketika pagar tersebut digerakkan terasa seperti ada yang mengganjal atau agak tidak lancar pergerakannya. Mulanya aku pikir ada batu kecil atau benda kecil yang terselip pada roda atau di sekitar relnya, tetapi setelah aku perhatikan tidak ada hal yang aku maksud tersebut.

Dugaanku berikutnya mengarah pada laher atau bearing atau bantalan pada salah satu roda pagar tersebut mengalami kerusakan. Untuk memastikan hal tersebut, mau tidak mau roda pagar yang dianggap bermasalah mesti dilepas dari tempatnya. Oke deh, ayo kita mulai acara main tukang-tukangannya, hohohoho.
  1. Siapkan peralatan berupa kunci ring-pas 17', palu, pahat, balok kayu dan kain lap.

    aneka peralatan
    aneka peralatan

  2. Siapkan juga gemuk (grease), cairan penetran dan air.

    grease dan cairan penetran
    grease dan cairan penetran

  3. Posisikan pagar di posisi yang aman, lalu angkat pagar tersebut di sekitar bagian roda pagar yang akan dilepas, kemudian ganjal bagian bawah pagar dengan balok kayu (lihat tanda panah) sehingga roda pagar posisinya menggantung atau tidak menyentuh permukaan lantai.

    ganjal pagar dengan balok kayu
    ganjal pagar dengan balok kayu

  4. Kemudian lepas mur dan baut pengikat roda pagar dengan menggunakan kunci ring-pas 17' (lihat gambar atas). Lalu lepas roda tersebut dari tempatnya (lihat gambar bawah). Oh iya, apabila susah melepasnya, semprotkan cairan penetran di sekitar mur dan baut.

    lepas mur dan baut
    lepas mur dan baut
    roda pagar telah dilepas
    roda pagar telah dilepas

  5. Nah, jika roda sudah dilepas maka dapat dilihat komponen mana yang mengalami kerusakan sehingga roda pagar tidak bisa bergerak dengan lancar seperti biasanya. Pada kasus kali ini bisa dilihat kerusakan pada bagian komponen bearing atau laher roda. Oh iya, pada roda yang dibongkar kali ini terdapat 2 buah bearing dan setelah diamati kedua bearing tersebut sama-sama mengalami kerusakan. Kemudian yang lebih penting lagi adalah soal kode bearing yang digunakan pada roda tersebut. Biasanya kode bearing tertera pada bagian ring bearing, namun sering dijumpai pada kasus di lapangan, tulisan kode tersebut menjadi tidak terlihat, terhapus atau tertutup oleh karat. Hmm, cara termudah untuk mengetahui kode bearing tersebut dan mencari gantinya adalah dengan membawanya ke toko sparepart sepeda motor, toko baut atau toko bahan bangunan. Pada kasus kali ini kode bearing yang digunakan untuk roda pagar tersebut adalah bearing dengan kode 6301.

    bola gotri ada yang hilang
    bola gotri ada yang hilang
    ring dalam retak
    ring dalam retak
    kode bearing 6301
    kode bearing 6301

    Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli bearing/laher 6301 di sini:

    bearing laher 6301
    shopee


    tokopedia


    blibli


  6. Setelah mendapatkan bearing baru (pengganti), kemudian lepas bearing lama dari roda. Sebelum dicoba melepasnya sebaiknya bersihkan dahulu di sekitar posisi bearing dari kotoran dan karat. Gunakan cairan penetran untuk merontokan kotoran dan karat. Setelah itu gunakan pahat atau besi sebagai alat bantu, lalu hentak dengan palu. Lakukan sampai kedua buah bearing pada roda tersebut keluar dari tempatnya.

    lepas bearing lama
    lepas bearing lama
    gunakan pahat sebagai alat bantu
    gunakan pahat sebagai alat bantu
    bearing lama telah dilepas
    bearing lama telah dilepas

  7. Sebelum bearing yang baru dipasang ke roda, lapisi kedua buah bearing tersebut dengan grease.

    bearing baru diberi grease
    bearing baru diberi grease

  8. Kemudian masukkan kedua buah bearing tersebut ke roda. Oh iya, gunakan bantuan kayu atau karet agak tebal sebagai bantalan ketika memasukkan bearing pada tempatnya, lalu pukul-pukul perlahan dengan palu. Pastikan kedua bearing tersebut dipasang dengan benar dan pas.

    masukkan bearing ke roda
    masukkan bearing ke roda
    pastikan bearing dipasang dengan benar dan pas
    pastikan bearing dipasang dengan benar dan pas

  9. Kemudian pasang kembali roda tersebut pada tempatnya. Oh iya, baut dan mur pengikat roda dilapisi dulu dengan grease sebelum dipasang pada tempatnya.

    pasang kembali roda ke pagar
    pasang kembali roda ke pagar

    pasang baut dan mur pengikat
    pasang baut dan mur pengikat

  10. Kemudian lepas balok kayu yang digunakan sebagai pengganjal. Pastikan roda pagar tersebut berada di atas relnya. Setelah itu coba operasikan pagar tersebut untuk mengetahui kinerja dari bearing yang tadi dipasang. Apabila gerak roda pagar tersebut lancar seperti sedia kala artinya pekerjaan selesai. ^,^

    pekerjaan selesai
    pekerjaan selesai

Tonton video-nya di sini:


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...