17 Mei 2020

Pemeriksaan Sekring Mesin Cuci (Sanken TW-8102)

Pemeriksaan Sekring Mesin Cuci (Sanken TW-8102)
Pemeriksaan Sekring Mesin Cuci (Sanken TW-8102)

Masalah mesin cuci tidak mau menyala atau istilahnya mati total bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari permasalahan sepele seperti kabel daya (power) yang putus, sekring (fuse) yang putus, atau sampai masalah yang ribet seperti pengkabelan atau motor yang mengalami kerusakan.

Apabila mendapati kasus mesin cuci tidak mau menyala karena masalah sepele seperti kabel daya atau sekring putus, sebetulnya anda tidak perlu memanggil tukang servis mesin cuci karena cara melakukan penggantian suku cadang tersebut sangatlah mudah dan bisa dilakukan sendiri.

Nah, kali ini aku akan melakukan pemeriksaan sekring pada mesin cuci yang ada di rumahku. Oh iya, mesin cuci tersebut jenis 2 (dua) tabung merk Sanken Yarrow Series TW-8102 dengan kapasitas maksimal 7 kilogram. Oke deh, ayo kita mulai acara main servis-servisannya, hehehehe.
  1. Siapkan obeng (+) dan multitester.

    obeng (+)
    obeng (+)
    multitester
    multitester

  2. Lepas kabel daya jika masih terhubung. Kemudian lepas 2 buah sekrup pengunci penutup bagian belakang mesin cuci dengan menggunakan obeng (lihat tanda panah), lalu lepas penutup tersebut dari body mesin cuci.

    lepas penutup belakang
    lepas penutup belakang

  3. Kemudian cari letak posisi sekring. Oh iya, sekring lazimnya terletak di dalam rumah sekring (fuse box). Hmm, kalau masih bingung mencarinya, silahkan lihat dan perhatikan diagram kelistrikan yang biasanya terletak atau menempel pada bagian belakang body mesin cuci.

    cari sekring
    cari sekring
    diagram kelistrikan
    diagram kelistrikan
    rumah sekring
    rumah sekring

  4. Jika sudah ketemu dengan rumah sekring, buka rumah sekring tersebut. Perhatikan bentuk kunciannya, biasanya untuk membukanya ada yang dengan cara diputar atau ada juga yang dengan cara melepas kaitannya.

    sekring (fuse)
    sekring (fuse)

  5. Kemudian periksa kondisi sekring tersebut. Lazimnya dilakukan 2 (dua) pemeriksaan, yaitu pemeriksaan secara fisik dan mengukur nilai hambatannya dengan multitester. Pemeriksaan secara fisik dengan cara melihat kondisi sekring. sekring yang putus atau rusak biasanya bisa dilihat dengan putusnya elemen yang berada di dalam tabung sekring, lalu ada juga yang tabungnya berubah warna dari bening menjadi keputihan atau kehitaman, atau yang lebih parah lagi ada yang kasusnya rumah sekring sampai meleleh atau bekas terbakar. Ada juga kasusnya yang secara fisik kondisi sekring masih bagus tetapi sebetulnya rusak. Nah, untuk memastikannya diperlukan multitester untuk mengetahuinya. Caranya dengan menyetel multitester pada posisi ohm-meter, lalu hubungkan kedua probe multitester dengan kedua ujung sekring. Apabila nilai pada multitester tidak berubah atau berada di angka 1 artinya sekring tersebut putus. Namun jika nilai pada multitester menunjukkan angka 0 atau 0,xx artinya sekring tersebut masih berfungsi dan masih bisa digunakan.

    pemeriksaan sekring dengan multitester
    pemeriksaan sekring dengan multitester

  6. Setelah dilakukan pemeriksaan pada langkah sebelumnya, kita bisa memutuskan apakah sekring tersebut masih bisa digunakan atau harus diganti. Jika ternyata harus diganti, maka ganti dengan yang nilai arusnya (ampere) sama. Oh iya, jika pada rumah sekring didapati bekas ada terbakar atau meleleh, sebaiknya diganti juga dengan rumah sekring yang baru. Yup, kemudian pasang kembali sekring pada rumah sekring. Atau jika harus sampai mengganti rumah sekring, rangkai kembali rumah sekring ke dalam rangkaian. Caranya cukup mudah kok, hanya dengan memutus lalu menyambung kembali kabel. Nah, sampai di sini, coba lakukan pengetesan. Apabila mesin cuci bisa menyala normal artinya pekerjaan kita selesai.

    pasang kembali sekring
    pasang kembali sekring
    satukan kembali rumah sekring
    satukan kembali rumah sekring

    Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli sekring (fuse) mesin cuci di sini:

    sekring mesin cuci
    shopee

    tokopedia

    blibli


  7. Kemudian rapihkan kembali pengkabelan (lihat tanda panah).

    rapihkan kabel-kabel
    rapihkan kabel-kabel

  8. Kemudian pasang kembali penutup bagian belakang mesin cuci. Lalu pasang dan kencangkan 2 buah sekrup penguncinya (lihat tanda panah).

    pasang kembali penutup belakang
    pasang kembali penutup belakang

  9. Taruh mesin cuci di tempat semula atau sesuai selera anda. Selesai. ^,^

    pekerjaan selesai
    pekerjaan selesai

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar