8 Mei 2020

Cara Darurat Memasang Kuku Macan (Bon-Bon) Keramik

Cara Darurat Memasang Kuku Macan (Bon-Bon) Keramik
Cara Darurat Memasang Kuku Macan (Bon-Bon) Keramik

"Praaankk...". Yup, ketika sedang menyapu membersihkan di sekitar tangga dalam di rumah, kuku macan atau biasa juga disebut dengan bon-bon yang menempel pada ujung siku tangga tersebut terlepas 2 keping. Hmm, entah mengapa bisa terlepas, kemungkinan karena sebelumnya pernah terbentur atau tertabrak dengan benda lain ketika ada yang melewati anak tangga tersebut.

Jika dibiarkan saja atau kuku macan tersebut tidak dipasang kembali akan berbahaya untuk keamanan dan juga mengganggu pandangan mata (tidak sedap dipandang), hehehehe. Hmm, kalau hanya memasang 2 keping kuku macan sangat tanggung rasanya atau akan mubazir hitungannya jika menggunakan jasa tukang bangunan, hohohoho.

Bongkar-bongkar gudang peralatan di belakang rumah, ternyata tidak tersedia sisa semen, yang aku temukan hanya sebungkus semen nat (pengisi celah keramik) yang masih utuh atau belum terbuka bungkusnya. Hmm, untuk hal darurat semen nat bisa juga digunakan untuk menempel kuku macan sebagai alternatif jika tidak tersedia semen biasa.

Oke deh, ayo kita mulai acara main tukang-tukangannya, hohohoho.
  1. Perhatikan dan periksa kondisi kuku macan lain di sekitarnya, apakah masih menempel dengan erat atau sudah goyang (mau terlepas). Jika masih menempel dengan erat biarkan saja, tetapi jika sudah goyang atau tidak terpasang dengan erat, sebaiknya dilepas saja untuk kemudian dipasang kembali.

    langkah 1
    langkah 1

  2. Buang sebagian semen lama yang menempel, lalu buat guratan atau goresan pada tempat kuku macan akan dipasang (lihat tanda panah). Gunakan pahat dan palu. Hal ini bertujuan sebagai pegangan atau menambah ruang untuk semen baru agar lebih menempel dan kuku macan yang akan dipasang posisinya rata dengan kuku macan lainnya.

    langkah 2
    langkah 2

  3. Siapkan alat dan bahan untuk membuat perekat kuku macan. Karena darurat aku menggunakan semen nat sebagai bahan perekatnya. Siapkan juga air, wadah (dalam contoh kasus kali ini digunakan bekas gelas air kemasan), sendok (untuk alat penakar) dan lidi atau kayu kecil.

    semen nat
    semen nat
    langkah 3
    langkah 3

  4. Kemudian buat adukan bahan perekat. Pada contoh kasus kali ini aku menggunakan perbandingan 2:1 di mana 2 bagian semen nat dicampur dengan 1 bagian air. Kemudian aduk rata komposisi tersebut sampai membentuk pasta.

    langkah 4
    langkah 4

  5. Bersihkan terlebih dahulu permukaan yang akan dipasang kuku macan dari debu dan kotoran. Gunakan kuas untuk membersihkannya. Setelah itu beri secukupnya adukan semen nat yang telah dibuat di tempat tersebut (lihat tanda panah), kemudian ratakan adukannya.

    langkah 5
    langkah 5

  6. Kemudian pasang atau tempel kuku macan pada tempat yang telah diberi adukan semen nat. Ratakan atau sesuaikan posisinya dengan kuku macan yang terpasang di sebelahnya. Tekan perlahan dengan tangan atau bisa juga diketuk perlahan dengan palu karet. Hmm, apabila ternyata adukan semen nat yang diberikan terlalu banyak, buang atau kurangi adukan semen tersebut sampai kuku macan posisinya rata atau sejajar dengan kuku macan di sebelahnya. Lakukan hal tersebut sampai semua kuku macan terpasang dengan rapih. 

    langkah 6
    langkah 6

  7. Setelah itu diamkan atau jangan disentuh selama minimal 24 jam agar melekat sempurna. Selesai deh. ^,^

    selesai
    selesai

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...