April 3, 2017

Peralatan Snorkeling Dan Fotografi Bawah Air

Kamera Aksi Untuk Snorkeling
Kamera Aksi Untuk Snorkeling

Ada beberapa tempat wisata pantai atau wisata pulau yang menawarkan tempat untuk melakukan snorkeling. Apa itu snorkeling? Snorkeling adalah kegiatan berenang di permukaan air dengan alat bantu berupa snorkel dan masker (kacamata selam). Snorkeling bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan oleh orang yang tidak bisa atau belum mahir berenang, biasanya dilakukan dengan alat bantu berupa rompi pelampung dan bantuan pemandu.

Di Lampung ada beberapa tempat yang menawarkan tempat untuk snorkeling, seperti di Pulau Pahawang, Pulau Kelagian, Tanjung Putus, Teluk Kiluan dan tempat snorkeling lainnya. Nah, pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan tentang peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan snorkeling sekaligus melakukan kegiatan fotografi bawah air. Kenapa mesti bawa alat fotografi segala? Yup, karena siapa tahu saja di bawah air sana kita menjumpai objek yang jarang dijumpai dan sayang apabila tidak diabadikan dalam bentuk gambar (foto) atau video, hehehehe.

Secara umum peralatan snorkeling terdiri dari snorkel, masker dan kaki katak. Snorkel adalah alat berupa selang atau pipa udara dan pelindung mulut, berfungsi sebagai alat bantu pernafasan ketika sedang melakukan kegiatan snorkeling. Kemudian masker adalah alat pelindung mata dan hidung, berfungsi untuk membantu pengelihatan ketika di dalam air serta melindungi hidung agar tidak menghirup air. Sebagai informasi, ketika sedang snorkeling kita bernafas melalui mulut bukan hidung. Dan yang terakhir adalah kaki katak atau kaki bebek yang berfungsi sebagai alat bantu gerak kaki serta melindungi kaki.

peralatan snorkeling
peralatan snorkeling

Untuk sebagian orang yang kurang mahir berenang biasanya ada satu peralatan lagi, yaitu rompi pelampung yang berguna agar tidak tenggelam. Akan tetapi untuk orang yang mahir berenang biasanya mereka jarang menggunakan rompi pelampung, karena akan susah apabila mereka ingin berenang melayang di bawah permukaan air atau lebih ke bawah (dasar).

Sementara untuk fotografi bawah air, peralatan yang dibutuhkan adalah:
  • A : kamera aksi (action camera)
  • B : casing anti air (waterproof case atau underwater case)
  • C : anti embun atau anti kabut (anti fog)
  • D : tongsis (monopod)
peralatan fotografi bawah air
peralatan fotografi bawah air

Oke deh, sekarang mari merangkai atau menyusun peralatan fotografi menjadi satu kesatuan yang siap digunakan di bawah air. Sangat mudah sekali menyusunnya, sama dengan menyusun peralatan fotografi untuk selfie atau wefie dengan alat bantu monopod atau tongsis.

Hanya saja pada kasus kali ini karena kita akan melakukan kegiatan fotografi di bawah air dan kamera yang digunakan bukan kamera khusus bawah air (underwater camera), jadi diperlukan alat bantu yang berfungsi melindungi kamera agar tidak terkena air, yaitu casing anti air (waterproof case atau underwater case). Dan untuk hasil yang lebih maksimal digunakan perlengkapan tambahan yang namanya anti embun atau anti kabut (anti fog).

menyusun kamera dan perlengkapannya
menyusun kamera dan perlengkapannya
kamera siap digunakan
kamera siap digunakan

Nah, apabila peralatan snorkeling dan peralatan fotografi bawah air sudah siap, ayo kita bergegas menuju spot snorkeling. Di sana sudah siap biota bawah air yang akan menyapa anda, hehehehe. ^,^

ayo kita mulai snorkeling, hehehehe
ayo kita mulai snorkeling, hehehehe
hasil foto bawah air (1)
hasil foto bawah air (1)
hasil foto bawah air (2)
hasil foto bawah air (2)

Catatan:
Setelah kegiatan snorkeling selesai, bilas semua peralatan snorkeling dan peralatan fotografi bawah air dengan air tawar sampai bersih, gunakan air mengalir untuk hasil bilas yang lebih maksimal, kemudian keringkan dengan kain lap atau tissue sampai benar-benar kering.

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment