April 28, 2017

Cara Cek Kabel Busi Toyota Kijang Super

Kabel Busi Kijang Super
Kabel Busi Kijang Super

Pada tulisan kali ini aku akan membahas tentang cara melakukan pengecekan kabel busi atau kabel tegangan tinggi pada mobil Toyota Kijang Super. Kabel busi adalah salah satu komponen yang sangat penting pada sistem pengapian mobil, kabel ini adalah penghantar yang menghubungkan antara busi, distributor (delco) dan coil. Apabila kabel ini rusak atau tidak berfungsi dengan baik dapat mengakibatkan masalah pada kinerja mesin mobil.

Alat yang diperlukan adalah multitester atau ohm meter, kemudian atur alat tersebut ke satuan kilo ohm. Atau jika menggunakan multitester digital seperti gambar di bawah, atur ke setelan 20k (lihat tanda panah).

siapkan multitester
siapkan multitester

Kemudian, buka kap mesin mobil, lalu lepaskan 4 buah kabel busi dan 1 buah kabel yang terhubung ke coil. Lepaskan dengan perlahan dan hati-hati, saat melepasnya peganglah pada bagian karet konektornya, jangan menariknya pada bagian kabelnya.

Lalu periksalah fisik kabel tersebut, apakah ada bagian yang terkelupas, tertekuk, patah atau pecah-pecah. Apabila kondisi fisik kabel masih layak pakai, lanjutkan pemeriksaan tegangan pada masing-masing kabel tersebut.

Caranya sangat mudah, cukup hubungkan masing-masing konektor multitester ke masing-masing ujung kabel busi, kemudian lihat angka yang tertera di multitester. Apabila angka yang tertera di multitester di bawah angka 25 (25 kilo ohm), artinya tahanan kabel tersebut dalam kondisi baik dan masih layak pakai.

Nah, berikut hasil tes pada kabel busi mobil Toyota Kijang Super milikku. Pada kabel busi pertama menunjukkan angka 3,94 yang artinya tahanan kabel masih dalam kondisi baik.

tahanan kabel busi 1
tahanan kabel busi 1

Pada kabel busi kedua menunjukkan angka 3,52.

tahanan kabel busi 2
tahanan kabel busi 2

Pada kabel busi ketiga menunjukkan angka 3,88.

tahanan kabel busi 3
tahanan kabel busi 3

Pada kabel busi keempat menunjukkan angka 3,54.

tahanan kabel busi 4
tahanan kabel busi 4

Dan pada kabel ke coil menunjukkan angka 2,07.

tahanan kabel ke coil
tahanan kabel ke coil

Yup, dari hasil tes di atas yang menunjukkan tahanan kabel berada di bawah 25 kilo ohm, maka dapat disimpulkan bahwa kondisi kabel busi dan kabel ke coil pada mobil Toyota Kijang Super milikku masih dalam kondisi baik dan masih layak pakai. ^,^


Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment