May 26, 2017

Mengganti Busi Toyota Kijang Super

Busi Toyota Kijang Super 5K (Denso W16EX-U)
Busi Toyota Kijang Super 5K (Denso W16EX-U)

Kerjaan iseng-iseng kali ini adalah mengganti busi pada mobil Toyota Kijang Super dengan kode mesin 5K. Kegiatan mengganti busi atau sekedar memeriksa kondisi busi pada mobil Toyota Kijang Super sangatlah mudah untuk dilakukan, bahkan oleh pemula sekalipun karena letak busi sangat mudah dijangkau dan tidak perlu melepas komponen lain, kecuali kabel busi.

Pada kasus kali ini aku akan melakukan pergantian busi lama dengan busi yang baru sebanyak satu set atau empat buah busi sekaligus karena keempat busi sudah lama tidak diganti. Hmm, kasus di lapangan yang pernah aku temui soal penggantian busi adalah mesti diganti semuanya secara bersamaan atau hanya diganti pada busi yang mati atau rusak saja. Terserah anda mau ikut yang mana, yang terpenting keempat busi harus dalam kondisi bagus dan layak pakai ketika mesin dioperasikan.

Oke deh, ayo kita mulai acara main bengkel-bengkelannya, hehehehe.
  1. Siapkan satu set (4 buah) busi baru, kunci busi dan alat ukur celah busi (feeler gauge). Untuk mobil Toyota Kijang Super 5K biasanya menggunakan busi Denso W16EX-U atau bisa juga menggunakan busi NGK BP5EY.

    busi dan kunci busi
    busi dan kunci busi

  2. Pastikan mesin mobil dalam keadaan mati. Atau jika mesin baru dimatikan, diamkan dulu sejenak untuk mengurangi panas di bagian sekitar busi. Setelah itu buka kap mesin. Letak busi pada mobil Toyota Kijang Super 5K sangat mudah dilihat dan dijangkau tanpa harus melepas komponen lain, kecuali kabel busi.

    letak busi Toyota Kijang Super (5K)
    letak busi Toyota Kijang Super (5K)

  3. Agar lebih mudah dan teratur, kita mulai dari busi nomor satu atau yang paling dekat dijangkau. Lepaskan kabel busi nomor satu, pegang bagian ujung kabel busi jangan pegang kabelnya saat melepasnya. Kemudian lepaskan busi dengan menggunakan kunci busi.

    lepaskan busi dari tempatnya
    lepaskan busi dari tempatnya

  4. Lepaskan juga mangkok busi atau tabung busi (sparkplug tube).

    mangkok busi (sparkplug tube)
    mangkok busi (sparkplug tube)

  5. Kemudian periksa kondisi mangkok atau tabung busi dan karet seal-nya. Jika kotor bersihkan. Atau ganti dengan yang baru apabila kondisinya sudah tidak layak pakai.

    mangkok busi dan busi
    mangkok busi dan busi
    mangkok busi dan karet seal
    mangkok busi dan karet seal

  6. Kemudian atur kerenggangan celah busi baru dengan feeler gauge. Ukuran celah busi yang dianjurkan untuk mesin 5K adalah 0,7-1,0. Dalam kasusku kali ini aku menggunakan celah 0,7 karena menyesuaikan dengan celah busi sebelumnya.

    ukuran celah busi
    ukuran celah busi

  7. Kemudian pasang kembali mangkok busi, setelah itu pasang busi baru dan kencangkan dengan kunci busi.

    pasang busi baru
    pasang busi baru

  8. Kemudian ulangi langkah-langkah di atas untuk busi nomor dua, tiga dan empat.

    lakukan hal yang sama untuk busi nomor 2, 3 dan 4
    lakukan hal yang sama untuk busi 2, 3 dan 4

  9. Selesai. ^,^

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment