March 23, 2017

Memasak Nasi Cara Dikukus Dengan Kayu Bakar

Nasi Kuku Kayu Bakar
Nasi Kukus Kayu Bakar

Pada tulisan kali ini aku akan membahas tentang cara memasak nasi dengan cara dikukus. Hmm, sudah pada bisa dan mahir kan soal memasak atau menanak nasi? Hehehehe. Tetapi kali ini aku akan memasaknya dengan menggunakan kayu bakar. Hah, hari gini masih memasak pakai kayu bakar? Hellow. ^,^

Jangan mengeluh dulu, walaupun kata ibu-ibu muda zaman sekarang akan sangat ribet, repot, rempong, riweuh, kuno, ketinggalan zaman, tidak praktis, bukan cara gue, dan atau sebagainya, akan tetapi nasi yang dimasak dengan menggunakan kayu bakar akan menghasilkan cita rasa yang berbeda dan khas apabila dibandingkan dengan nasi yang dimasak dengan kompor gas atau kompor minyak tanah, apalagi kalau dibandingkan dengan nasi yang dimasak dengan magicom atau rice cooker, hohohoho.

Tidak percaya? Ayo deh kita coba mulai memasak nasi dengan menggunakan kayu bakar. Siap? Let's go! ^,^

Bahan-bahan:
-  1,5 canting beras
-  1,5 canting air
-  1 lembar daun pandan (opsional, sesuai selera)

Cara memasak:
  1. Cuci beras dengan air, jangan terlalu lama, cukup dicuci dua kali lewat.
  2. Masukkan beras dan daun pandan ke dalam panci atau kuali yang telah disiapkan (pada kasus kali ini aku menggunakan kuali karena keterbatasan panci dan dandang, hehehehe). Lalu tambahkan air. Sebagai informasi, dalam memasak nasi kita harus tahu dan mengerti jenis beras yang akan dimasak, apakah beras tersebut jenis beras yang perlu banyak air atau sedikit air untuk mengembang ketika dimasak. Aku menggunakan perbandingan 1:1 untuk perbandingan beras dan air karena beras yang akan aku masak termasuk beras yang mudah mengembang. Kemudian masak sampai setengah matang dengan posisi tanpa ditutup. Proses memasak nasi sampai kondisi nasi setengah matang ini disebut dengan istilah 'di-aron'.
  3. Ketika mulai mendidih dan setengah matang, aduk-aduklah nasi tersebut dengan sendok nasi, terus aduk sampai kadar airnya agak berkurang.

    nasi setengah matang
    nasi setengah matang

  4. Sementara itu siapkan dandang yang telah diisi air, kemudian tunggu sampai airnya mendidih dan mengeluarkan uap.

    siapkan dandang dan didihkan airnya
    siapkan dandang dan didihkan airnya

  5. Kemudian masukkan nasi yang telah diaron ke dalam dandang.

    masukkan nasi ke dalam dandang
    masukkan nasi ke dalam dandang

  6. Kemudian tutup dandangnya dan tunggu hingga nasi matang. Jika api dalam kondisi bagus, proses pengukusan memakan waktu sekitar 25 menit.

    tunggu sampai nasi matang
    tunggu sampai nasi matang

  7. Setelah matang, pindahkan nasi ke dalam tempat nasi, dan nasi pun sekarang siap untuk dinikmati. ^,^

    nasi siap dinikmati
    nasi siap dinikmati

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment