November 22, 2016

Lontong Daun Simpur

Lontong Daun Simpur ala Rika
Lontong Daun Simpur ala Rika

Hmm, hari ini iseng-iseng buat lontong aah. Tapi lontong yang akan aku buat kali ini agak sedikit berbeda, karena sebagai daun pembungkusnya akan aku gunakan daun simpur, bukan daun pisang atau plastik. Kenapa harus dibungkus pakai daun simpur? Hmm, alasannya sederhana sih, karena di sekitar asrama yang tersedia hanya pohon simpur yang bisa dimanfaatkan daunnya sebagai pembungkus lontong, hehehehe.

Oke deh, berikut ulasan cara memasak lontong dengan bungkus daun simpur ala Rika.

Bahan-bahan:
-  1,5 canting beras
-  1 sdt garam (opsional)
-  4 lembar daun simpur
-  lidi atau potongan tusuk gigi
-  air secukupnya untuk memasak lontong

Cara memasak:
  1. Siapkan beberapa lembar daun simpur. Untuk bisa digunakan sebagai pembungkus lontong, daun simpur harus didiamkan selama semalam, cukup ditaruh di tempat sejuk, jangan dijemur.

    daun simpur
    daun simpur

  2. Siapkan beras, lalu cuci bersih seperti ketika ingin memasak nasi, kemudian tiriskan airnya. Sebagai tambahan, untuk memberikan rasa agar tidak terlalu tawar, beras bisa ditambahkan dengan sedikit garam (sesuai selera).

    beras
    beras

  3. Kemudian bentuk daun simpur membentuk kerucut, siapkan juga lidi atau potongan tusuk gigi untuk kancing atau penguncinya.

    bentuk seperti kerucut
    bentuk seperti kerucut
    gunakan lidi atau potongan tusuk gigi sebagai kancing
    gunakan lidi atau potongan tusuk gigi sebagai kancing
    daun pembungkus sudah siap
    daun pembungkus sudah siap

  4. Kemudian isi daun pembungkus yang sudah dibentuk tersebut dengan beras. Untuk takarannya adalah isi beras sebanyak 2/3 bagian dari total ruang yang tersedia. Kenapa mesti disisakan ruang sebanyak 1/3 bagian? Yup, karena saat dimasak nanti beras akan berubah menjadi nasi dan mengembang.

    isi dengan beras
    isi dengan beras

  5. Kemudian bungkus lontong dengan rapih, dan sebelum dimasak periksa supaya jangan sampai ada kebocoran.

    siap dimasak
    siap dimasak

  6. Sekarang adalah proses masak. Hmm, karena kali ini aku menggunakan panci presto, maka waktu memasak akan lebih singkat, yaitu sekitar 15-17 menit dihitung dari panci presto mengeluarkan bunyi (tanda air telah mendidih). Untuk takaran air disesuaikan dengan kondisi lontong di mana posisi lontong harus dalam keadaan terendam di bawah air, tetapi air jangan sampai melebihi batas maksimal air yang tertera di dinding panci presto. Untuk hasil yang maksimal, ketika panci baru ditaruh di kompor gunakan api sedang-besar, kemudian ketika panci presto mulai mengeluarkan bunyi kecilkan api ke ukuran sedang-kecil. Sebagai informasi, jika dimasak dengan cara konvensional diperlukan waktu selama 3-4 jam. Sayang tho gas elpijinya, hehehehe. Oh iya, jika menggunakan panci presto ketika kompor dimatikan, pancinya jangan langsung dibuka, karena berbahaya, tunggu sekitar 5-10 menit atau sampai uapnya keluar semua. (informasi lebih lanjut silahkan baca: Memasak Dengan Panci Presto)

    proses masak dengan panci presto
    proses masak dengan panci presto

  7. Setelah panci presto bisa dibuka, kemudian angkat, tiriskan dan diamkan lontong supaya tekstur lontong menjadi lebih padat.

    angkat dan dinginkan
    angkat dan dinginkan

  8. Setelah dingin, marilah kita belah dan iris lontongnya untuk mengetahui hasilnya, dan tarraaaa . . . Lontong Daun Simpur ala Rika siap untuk dinikmati. ^,^

    lontong dibelah
    lontong dibelah
    lontong siap dinikmati
    lontong siap dinikmati

Hmm, karena kebetulan tadi siang di asrama Iroh masak Sayur Udang Labu Siam, cocok deh kalau lontongnya disiram dengan sayur buatan Iroh. Dan, tarraaaa, jadi deh Lontong Sayur Udang Labu Siam. Oke deh, ayo kita makan dulu. ^,^

Lontong Sayur Udang Labu Siam
Lontong Sayur Udang Labu Siam

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment