November 1, 2016

Memasak Nasi Cara Ngeliwet

Ngeliwet
Ngeliwet

Hmm, di zaman serba canggih seperti sekarang ini hampir semua aktivitas dilakukan dengan bantuan alat yang canggih pula dan serba elektrik, dalam artian menggunakan sumber daya listrik. Tak terkecuali di dapur, beberapa alat masak dan alat pengolah makanan menggunakan sumber daya listrik. Contohnya seperti rice cooker, magic jar dan magic com, sengaja aku beri contoh yang berhubungan dengan nasi karena tulisan ini membahas tentang nasi, hehehehe.

Nah, di tulisan ini aku akan memberikan alternatif cara memasak nasi yang merupakan makanan pokok mayoritas penduduk di negeri ini, juga sebagai solusi apabila di tempat anda sedang mengalami gangguan listrik sehingga kegiatan memasak nasi dengan alat masak elektrik tersebut tidak bisa dilakukan.

Yup, kali ini aku akan menjelaskan tentang cara memasak nasi dengan cara diliwet atau ngeliwet. Pada dasarnya memasak nasi dengan cara ngeliwet ini adalah cara yang paling mudah apabila dibandingkan dengan cara memasak nasi secara tradisional lainnya, seperti diaron, disiram dan sebagainya.

Menurut sebagian orang memasak dengan cara ngeliwet ini nasi yang dihasilkan lebih enak dan padat rasanya. Dan juga daya tahan nasi lebih lama daripada nasi yang dimasak dengan cara yang lain. Hmm, oke deh, ayo kita mulai acara masak-masaknya, hehehehe.

Bahan-bahan:
-  1,5 canting beras
-  1,5 canting air
-  1 lembar daun pandan (opsional, sesuai selera)

Cara memasak:
  • Cuci beras dengan air, jangan terlalu lama, cukup dicuci 2 kali lewat.
  • Kemudian masukkan beras ke dalam panci yang telah disiapkan, lalu tambahkan air. Sesuaikan takaran beras dan air dengan jenis beras, kali ini aku menggunakan perbandingan 1:1, di mana pada tulisan ini aku menggunakan beras sebanyak 1,5 canting, maka airnya sebanyak 1,5 canting juga. Tambahkan juga daun pandan agar nasi beraroma harum (opsional, sesuai selera).

    siapkan beras
    siapkan beras

  • Masak dengan api sedang.

    masak dengan api sedang
    masak dengan api sedang

  • Ketika mulai mendidih dan setengah matang, kecilkan api, lalu aduk-aduk nasi dengan sendok nasi (centong) agar kerak yang terbentuk tidak terlalu banyak atau tebal, aduk sampai air agak kering.

    kecilkan api
    kecilkan api
    aduk rata ketika mulai mendidih dan setengah matang
    aduk nasi ketika mulai mendidih dan setengah matang

  • Nah, kemudian taruh tutup panci bekas atau kaleng yang agak tebal diantara api dan bagian bawah panci (lihat tanda panah bawah), dan tutup juga bagian atas panci (lihat tanda panah atas), kemudian tunggu sekitar 15 menit.

    proses akhir pematangan nasi
    proses akhir pematangan nasi

  • Setelah itu coba lihat keadaan nasi, apabila airnya sudah kering artinya nasi telah matang, lalu matikan kompor dan diamkan beberapa saat.

    nasi telah matang
    nasi telah matang

  • Kemudian pindahkan nasi ke dalam tempat nasi. Oh iya, memasak nasi dengan cara ngeliwet akan menghasilkan kerak nasi yang menempel pada dasar panci. Kerak nasi ini bisa diolah menjadi cemilan dengan cara digoreng lho (hmm, lupakan dulu cemilan kerak nasinya, di sini kita bahas nasinya dulu, hehehehe).

    kerak nasi
    kerak nasi

  • Tarrraaaaa, nasi siap disajikan. ^,^

    nasi siap disajikan
    nasi siap disajikan

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment