January 14, 2017

Verifikasi Alamat Pada Akun Google AdSense

Google AdSense
Google AdSense

Setelah penghasilan akun Google AdSense kita telah mencapai ambang verifikasi (10% dari ambang batas pembayaran) atau sekitar US $10 atau jika dikonversikan ke Rupiah saat tulisan ini dipublikasikan adalah Rp.130.000,-, kita akan mendapatkan pemberitahuan untuk melakukan verifikasi alamat. Alamat yang dimaksud adalah alamat yang kita input-kan sebelumnya ke dalam sistem melalui akun Google AdSense kita.

pemberitahuan untuk verifikasi alamat
pemberitahuan untuk verifikasi alamat

Oke deh, mari kita login ke halaman Google AdSense. Kemudian perhatikan di sekitar sebelah kanan atas layar, klik pada tulisan 'ACTION' (lihat tanda panah).

klik 'ACTION'
klik 'ACTION'

Nah, setelah di-klik akan muncul informasi tentang panduan cara melakukan verifikasi alamat.

panduan verifikasi alamat
panduan verifikasi alamat

Terdapat data-data tentang kapan PIN dibuat (lihat panah A) dan PIN akan dikirim ke mana (lihat panah B). Sebagai saran, pada saat memasukkan data alamat pada proses sebelumnya disarankan alamat yang dimasukkan harus sesuai dengan alamat yang tertera di kartu identitas diri (KTP/SIM/Paspor) dan jangan lupa cantumkan juga kode posnya. Karena apabila nanti surat yang berisi PIN yang dikirim oleh Google ke alamat anda tidak sampai, maka cara alternatif untuk verifikasi alamat adalah dengan cara mengirimkan hasil scan (softcopy) kartu identitas diri.

Selama dua sampai empat minggu sejak dari tanggal pembuatan PIN, hal yang bisa kita lakukan adalah menunggu 'surat cinta' dari Google yang dikirim melalui pos. Sebagai saran, apabila rumah anda tidak jauh dari kantor pos atau ada kenalan orang kantor pos, bisa deh sesekali didatangi atau dihubungi untuk menanyakan pasal 'surat cinta' dari Google tersebut. Lakukanlah setelah sekitar dua minggu setelah tanggal PIN dibuat, soalnya bukan apa-apa, karena Google mengirimkan surat tersebut melalui jasa pos surat biasa, jadi keberadaan surat tidak bisa dilacak secara online.

Oh iya, apabila berselang 4 minggu setelah tanggal PIN dibuat anda belum mendapat 'surat cinta' dari Google, anda dapat melakukan pengajuan ulang (request) PIN. Request PIN bisa dilakukan sebanyak 3 kali dengan ketentuan berjarak 4 minggu per request.

informasi tanggal pembuatan PIN dan alamat tujuan
informasi tanggal pembuatan PIN dan alamat tujuan

Nah, apabila surat dari Google telah diterima, silahkan dibuka, kemudian baca dan perhatikan baik-baik terletak di mana PIN yang sudah ditunggu-tunggu tersebut, hehehehe.

letak PIN dalam surat
letak PIN dalam surat

Setelah PIN diketahui, buka kembali halaman Google AdSense, lalu masukkan PIN, kemudian klik 'Kirim PIN'. Selesai deh. ^,^

formulir masukkan PIN
formulir masukkan PIN

Oh iya, jangan salah memasukkan PIN sampai 3 kali. Karena apabila salah sampai 3 kali, penayangan iklan pada blog, situs, atau channel YouTube yang terkait dengan akun Adsense anda akan ditangguhkan atau iklan tidak akan tayang. Dan kita mesti mengajukan permohonan lagi ke Google.

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment