January 5, 2017

Iklan AdSense Di Salah Satu Artikel Blog Tidak Muncul? Begini Solusinya

Iklannya Kemana?
Iklannya Kemana?

Beberapa waktu yang lalu ada yang agak aneh dengan tampilan blog milikku. Anehnya di mana? Yup, di salah satu halaman artikel yang baru aku publikasikan iklan AdSense-nya tidak muncul, huhuhuhu. Agak kaget juga, sempat bertanya dalam hati apakah blog-ku bermasalah dan melanggar ketentuan serta kebijakan Google sehingga iklannya tidak muncul seperti biasanya.

Hmm, setelah aku periksa dengan seksama ternyata memang hanya di artikel yang baru aku publikasikan tersebutlah iklan tidak muncul, sementara di halaman artikel lainnya dan halaman utama tidak bermasalah, dalam artian tampilan iklan di blog tetap tampil seperti sedia kala.

tampilan halaman utama (home)
tampilan halaman utama (home)

Kemudian aku coba hapus cookies dan riwayat pada browser yang biasa aku pakai, hasilnya nihil dan tetap sama. Lalu aku coba juga dengan membuka halaman blog dengan browser lain, dan hasilnya tetap sama, iklan tetap tidak mau muncul. Hmm, aku coba juga membuka halaman blog dengan komputer dan laptop yang berbeda serta modem yang berbeda juga, dan hasilnya pun sami mawon podo wae, huhuhuhu.

tampilan halaman artikel yang iklannya tidak muncul
tampilan halaman artikel yang iklannya tidak muncul

Hipotesisku sih ada salah suatu kata atau kalimat atau apalah pada artikel tersebut yang menurut Google melanggar ketentuan dan kebijakan sehingga iklan tidak mau muncul. Akan tetapi aku tidak tahu bagian yang mana yang menjadi masalahnya, karena tidak ada pemberitahuan dari Google.

Hmm, sebagai percobaan aku coba iseng-iseng publikasi ulang artikel tersebut dengan mengubah judul artikelnya, tetapi secara isi sama alias salin ulang dari artikel sebelumnya. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah, di mana yang ditunjukkan oleh tanda panah A adalah artikel baru dan yang ditunjukkan oleh panah B adalah artikel lama yang bermasalah.

publikasi ulang artikel yang bermasalah
publikasi ulang artikel yang bermasalah

Dan tarrraaaaa, iklan pun muncul seperti sedia kala, hehehehe. Lalu aku cek dan ricek lagi dengan browser dan komputer serta perangkat lainnya, dan alhamdulillah, tampilan iklan di blog milikku tampil normal seperti sedia kala. Hmm, karena permasalahan aku anggap selesai sampai di sini, maka artikel yang bermasalah aku hapus secara permanen. ^,^

iklan muncul seperti sedia kala
iklan muncul seperti sedia kala

2 comments: