January 4, 2017

Menambahkan Metode Pembayaran AdSense

Google AdSense
Google AdSense

Yup, kali ini aku akan mencoba menjelaskan sedikit tentang pengajuan atau penambahan metode pembayaran pada akun Google AdSense khusus untuk publisher yang ada di Indonesia. Sebagai informasi, mulai tahun 2016 ada sedikit perubahan tentang metode pembayaran Google AdSense untuk publisher Indonesia yang akunnya baru dibuat mulai tahun 2016. Yaitu tentang pilihan metode pembayaran yang hanya bisa dilakukan melalui transfer bank dengan mata uang Rupiah (IDR). Sementara untuk akun yang dibuat pada tahun-tahun sebelumnya bisa dilakukan melalui Western Union atau yang lebih sering dilakukan melalui Kantor Pos.

Oh iya, fitur metode pembayaran pada akun Google AdSense baru bisa aktif apabila jumlah saldo atau penghasilan kita telah berjumlah 10% atau sekitar Rp.130.000,-. Nah, apabila akun anda sudah memenuhi kriteria, anda bisa melakukan penambahan metode pembayaran untuk akun anda. Persyaratan lainnya adalah anda harus menyiapkan rekening bank, atau jika anda tidak punya rekening bank bisa pinjam dulu rekening bank milik orang terdekat anda, hehehehe.

Hmm, oke deh, berikut cara melakukan penambahan metode pembayaran pada akun Google AdSense:
  • Buka halaman Google AdSense dan login sesuai dengan akun anda. Kemudian klik menu 'Settings', icon berbentuk roda gerigi yang berada di sekitar sebelah kiri tampilan halaman (lihat tanda panah). Lalu klik 'Payments' (lihat tanda panah).

    klik 'Settings'
    klik 'Settings'
    klik 'Payments'
    klik 'Payments'

  • Kemudian klik 'TAMBAHKAN METODE PEMBAYARAN' (lihat tanda panah).

    klik 'TAMBAHKAN METODE PEMBAYARAN'
    klik 'TAMBAHKAN METODE PEMBAYARAN'

  • Masukkan data-data yang diminta, yaitu berupa Nama Pemilik Rekening (A), Nama Bank (B), dan Nomor Rekening (C). Data-data yang dimasukkan harus sama dengan yang tertera pada buku rekening bank. Sebagai informasi, jika anda tidak punya rekening bank bisa pinjam rekening orang lain, utamakan orang-orang terdekat anda karena penghasilan anda dari Google akan masuk ke rekening tersebut. Hmm, setelah anda yakin dengan data-data yang di-inputkan, lanjutkan dengan klik 'SIMPAN' (lihat tanda panah).

    masukkan data yang diminta
    masukkan data yang diminta

  • Kemudian klik 'OKE' (lihat tanda panah).

    klik 'OKE'
    klik 'OKE'

  • Lalu akan muncul kotak pemberitahuan yang memberitahu anda untuk melakukan verifikasi (lihat tanda panah). Sampai saat ini sementara abaikan saja dulu pemberitahuan ini sampai Google melakukan sejumlah nilai transfer ke nomor rekening bank yang telah di-inputkan pada langkah sebelumnya. Google akan melakukan transfer sekitar 1-3 hari kerja setelah pengajuan metode pembayaran diajukan.

    pemberitahuan untuk verifikasi
    pemberitahuan untuk verifikasi

  • Anda juga akan mendapatkan email dari Google yang isinya sama, yaitu pemberitahuan untuk melakukan verifikasi. Sama dengan langkah di atas, untuk saat ini abaikan saja dulu, sampai Google melakukan transfer ke rekening yang diajukan.

    email pemberitahuan
    email pemberitahuan

  • Selesai. ^,^

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment