January 4, 2017

Verifikasi Rekening Bank Pada Akun Google AdSense

Google AdSense
Google AdSense

Pada tulisan sebelumnya yaitu Menambahkan Metode Pembayaran AdSense telah aku jelaskan bagaimana melakukan pengajuan atau penambahan metode pembayaran pada akun Google AdSense. Nah, berselang satu hari dari proses tersebut Google mentransfer sejumlah Rupiah (IDR) ke rekening yang telah aku ajukan.

Sebagai informasi, besaran transfer adalah 3 digit (kalau tidak salah antara 100 - 999). 3 digit angka tersebut adalah data yang diperlukan untuk melakukan proses verifikasi rekening bank. Oh iya, sebagai saran, gunakanlah fasilitas m-banking, sms-banking atau e-banking yang bisa dilakukan di rumah atau di mana saja kita berada, agar kita tidak perlu melakukan pengecekan melalui cetak buku rekening di bank atau cek via ATM.

Hmm, karena data yang diperlukan sudah aku dapatkan, langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi rekening bank. Oke deh, berikut caranya:
  • Buka halaman Google AdSense, login dengan akun anda. Kemudian klik 'Settings' (lihat panah atas), lalu klik 'Payments' (lihat panah bawah).

    klik 'Settings'
    klik 'Settings'
    klik 'Payments'
    klik 'Payments'

  • Lihat pada kotak pemberitahuan yang terletak di sebelah atas, lalu klik 'VERIFIKASIKAN SEKARANG' (lihat tanda panah).

    klik 'VERIFIKASIKAN SEKARANG'

  • Pilih angka transfer dari Google yang masuk ke rekening bank anda (lihat panah A), kemudian klik 'VERIFIKASI' (lihat panah B).

    masukkan angka transfer
    masukkan angka transfer
    klik 'VERIFIKASI'
    klik 'VERIFIKASI'

  • Setelah itu sistem akan melakukan proses validasi verifikasi, silahkan tunggu sejenak. Jika angka transfer yang di-inputkan benar, maka akan muncul kotak pemberitahuan bahwa rekening bank anda sudah diverifikasi dan siap digunakan. Setelah itu klik 'OKE' (lihat tanda panah).

    klik 'OKE'
    klik 'OKE'

  • Yup, coba lihat pada kotak informasi pengelola metode pembayaran. Sekarang kotak informasi tersebut sudah tertera nama pemilik rekening sesuai dengan yang didaftarkan pada proses sebelumnya.

    kotak informasi metode pembayaran
    kotak informasi metode pembayaran

  • Selesai. ^,^

Artikel terkait:

4 comments:

  1. owh gitu ya.. aku malah urung peripikasasi

    ReplyDelete
  2. Aku engga ada notif email transfer nya gmna itu hu

    ReplyDelete
    Replies
    1. informasi google sudah transfer atau belum memang tidak di-informasikan lewat email, tetapi tercatat di buku rekening yang nomor rekeningnya didaftarkan. akan lebih mudah apabila rekening yang didaftarkan ada fasilitas m-banking atau e-banking, jadi bisa dicek melalui smartphone atau internet (komputer atau laptop). ^,^

      Delete