June 22, 2016

Membersihkan Filter CVT Yamaha Mio J

Yamaha Mio J
Yamaha Mio J

Kerjaan iseng hari ini adalah membersihkan filter udara cvt atau saringan udara v-belt pada sepeda motor matic Yamaha Mio J. Sebagai informasi, komponen ini disarankan untuk selalu dibersihkan setelah sepeda motor menempuh jarak 3.000 kilometer, atau jika sepeda motor sering dikendarai di daerah yang berdebu atau basah maka harus lebih sering dibersihkan dan diperiksa kondisinya.

Oke deh, mari kita mulai acara main bengkel-bengkelannya, hehehehe.
  1. siapkan kunci sok ukuran 10', lap kanebo, bensin, oli mesin, air dan baskom.

    kunci sok
    kunci sok

  2. Tegakkan sepeda motor dengan mengunakan standar tengah, kemudian kendurkan dan lepaskan 4 buah baut pengunci rumah filter cvt dengan menggunakan kunci sok.

    buka rumah filter cvt
    buka rumah filter cvt

  3. Setelah terbuka, bersihkan daerah di sekitar rumah filter cvt dengan menggunakan lap kanebo. Agar lebih mudah membersihkannya basahi lap kanebo dengan sedikit air, tetapi perlu diingat jangan sampai ada air yang tersisa di sekitar rumah filter cvt karena daerah tersebut harus dalam keadaan bersih dan kering. Atau jika ada lebih mudah dibersihkan dengan semprotan udara kompresor.

    bersihkan daerah sekitar rumah filter cvt
    bersihkan daerah sekitar rumah filter cvt

  4. Bersihkan rumah filter cvt dengan menggunakan lap kanebo. Sementara busa filter cvt bisa dibersihkan dengan cara direndam di dalam bensin. Setelah kotoran yang menempel pada busa filter cvt keluar, keringkan busa filter cvt dengan cara diremas-remas dengan tangan secara perlahan sampai terasa kering, atau jika ada bisa menggunakan semprotan udara kompresor. Setelah itu lapisi permukaan busa filter cvt dengan oli mesin, sedikit saja jangan sampai terlalu basah. Fungsi oli mesin dilapisi ke busa filter cvt adalah agar kotoran menempel atau berkumpul di busa filter cvt tersebut.

    bersihkan rumah dan busa filter cvt
    bersihkan rumah dan busa filter cvt

  5. Setelah itu pasang kembali semua komponen pada posisi semula, kemudian pasang dan kencangkan kembali 4 buah baut pengunci rumah filter cvt.

    pasang kembali rumah filter cvt
    pasang kembali rumah filter cvt

  6. Selesai dan sepeda motor kembali siap dikendarai. ^,^

No comments:

Post a Comment