March 1, 2016

Mengapa Blog Ini Dinamakan dlaiqa.com ?

Halaman Utama dlaiqa.com
Halaman Utama dlaiqa.com

"Mbak, dlaiqa itu siapa ya?"
"Mbak, dlaiqa itu nama apa ya?"
"Mbak, kok nama blog-nya aneh sih?"
"Mbak, namanya Rika atau Laiqa sih?"
...
dan ada banyak berderet pertanyaan yang ditujukan kepadaku yang intinya 'dlaiqa' itu apa, siapa dan suatu jenis apa? hop oloh, heheheheHmm, karena sudah banyak yang bertanya dan ada juga sebagian yang sudah aku jawab seadanya, hehehehe, supaya seragam maka jawabannya akan aku paparkan pada artikel ini. Oke, mari simak baik-baik.

Awal mulanya adalah ketika aku sedang iseng-iseng dan pada waktu itu juga kebetulan tersedia waktu luang serta rasa ingin memiliki sebuah halaman web pribadi atau lebih tepatnya sebuah personal blog sangat tinggi, lalu aku coba beranikan diri dan realisasikan apa yang menjadi keinginanku pada waktu itu.

Pertama kali blog yang akan aku buat tersebut kuberi nama sesuai dengan nama dan tahun kelahiranku, yaitu rika88.blogspot.com (karena aku menggunakan platform blogspot), dan ternyata pada waktu itu nama itu tidak bisa didaftarkan karena (mungkin) sudah ada yang pernah mendaftar dengan nama itu, huhuhuhu. Kemudian aku acak susunannya menjadi 88rika.blogspot.com, dan hasilnya ternyata sama saja tidak bisa didaftarkan, huffftt.

Sempat terpikir untuk menambahkan karakter khusus seperti setrip (-) atau garis bawah (_) (seperti penamaan alamat email baru ketika alamat email baru yang ingin kita daftarkan tidak tersedia, contoh: rika-88.com atau 88_rika.com) pada blog tersebut, tapi aku sempat membaca suatu artikel bahwa dengan penambahan karakter khusus tersebut tidak terlalu baik untuk alamat suatu blog.

Pikir sini, pikir sana, eeh, tiba-tiba aku teringat akan keponakanku yang baru berumur beberapa bulan, yaitu anaknya Mbak Mila yang nomor dua, si Laiqa atau sering aku sebut dengan nama Leka. Karena namanya agak kurang familiar jika dibandingkan dengan keponakanku yang pertama, yaitu Karina atau yang sering aku sebut dengan nama Ain, nama Karina terlalu umum, hehehehe. Sebagai informasi, nama Laiqa sendiri memiliki arti indah, layak dan elegan.

Oke deh, saatnya mendaftarkan nama untuk blog lagi setelah sebelumnya tidak bisa. Dan setelah dicoba mendaftarkan nama laiqa.blogspot.com, teetttooooott, masih tidak bisa juga, huhuhuhu. Ternyata (kemungkinan) sudah digunakan juga, huffftt. Hop oloh, piye iki? Sebelumnya aku kira nama Laiqa belum terlalu terkenal, ternyata sudah ada yang pakai, hehehehe.

Hmm, ribet juga yah, nama ini tidak bisa, nama itu tidak boleh, huhuhuhu. Akhirnya aku berinisiatif dengan menambahkan kata 'the' di depannya sehingga menjadi 'the laiqa'. Tetapi karena pengalamatan suatu situs tidak diperkenankan menggunakan spasi maka harus ditulis dalam satu kesatuan atau dipisahkan dengan karakter khusus menjadi thelaiqa, the-laiqa atau the_laiqa.

Agar terlihat lebih menarik dan keren, aku ganti 'the' menjadi 'd', sehingga menjadi d'Laiqa. toh secara pengucapannya sama dan aku juga sempat berpikir jika 'thelaiqa' secara lidah orang kita akan terucap 'telayka' bukan 'deleyka', hehehehe. Ya, jadi maksudnya nanti akan seperti d'Lloyd, d'Masiv atau Maliq & d'Essentials.

Bakal nama blog sudah didapatkan (lagi) dan saatnya mendaftarkan kembali, aku berharap kali ini bisa diterima dan nama tersebut belum dipakai. Dan akhirnya, tarrraaaa, pengajuan nama alamat blog berhasil dan diterima dengan alamat dlaiqa.blogspot.com (waktu itu blogspot untuk wilayah Indonesia masih berekstensi .com belum .co.id seperti sekarang). Dan sejak bulan Maret tahun 2015, blog ini secara resmi memakai domain pribadi yang berekstensi .com sehingga dapat diakses dengan cukup mengetikkan 'dlaiqa.com' pada kolom alamat situs atau web.

Sementara di bagian header blog tertulis kata d'Laiqa Arena yang maksudnya adalah blog ini adalah sebagai lahan atau area bermain untuk mempresentasikan sebagian cerita dan pengalaman di dalam kehidupan sehari-hariku. Serta ada juga tulisan Lampung, culinary, education, automotive and travelling yang merupakan bab-bab utama dari keseluruhan isi tulisanku yang ada di blog ini.

Hmm, oke deh, begitulah ceritanya awal mula dan sampai sekarang blog ini menggunakan nama alamat dlaiqa.com. ^,^

10 comments:

  1. kok saya bacanya "ndlogok" ya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba keluar dulu dari kamar gelap agar mendapat pencerahan. ^,^

      Delete
  2. Replies
    1. hmm, nanti tak buat artikel khusus 'hop oloh'. ^,^

      Delete
  3. Kenapa om pitra selalu kepoohh sama mba rika...��

    ReplyDelete
  4. wah, joss.. blog e rika

    suksess

    http://imotorium.com/2016/03/01/skenario-kecelakaan-saat-berkendara-dengan-sepeda-motor-part-1/

    ReplyDelete