November 22, 2015

Membersihkan Noda Pada Kompor Gas

Noda Pada Kompor Gas
Noda Pada Kompor Gas

Sebagai wanita yang suka memasak setiap hari pasti tidak pernah lepas dari yang namanya kompor. Saat ini kompor yang digunakan mayoritas rakyat Indonesia adalah kompor dengan bahan bakar liquified petroleum gas (lpg) atau yang sering disebut dengan nama elpiji. Penggunaan kompor gas menggantikan penggunaan jenis kompor sebelumnya yang menggunakan bahan bakar minyak tanah, seiring dengan kebijakan pemerintah yang melakukan konversi dari bahan bakar minyak ke bahan bakar gas.

Seperti juga peralatan lain, kompor gas juga harus dirawat agar bisa bekerja dengan optimal dan bisa digunakan untuk waktu yang lebih lama. Idealnya setelah proses masak selesai kompor gas harus dibersihkan dari noda minyak dan noda yang muncul setelah proses masak-memasak, terlebih jika digunakan untuk menggoreng yang sudah pasti meninggalkan noda minyak dan memasak ikan atau makanan laut yang selain menghasilkan noda minyak juga akan meninggalkan bau amis yang mengganggu.

Tetapi mayoritas dari kita biasanya paling malas atau sering menunda untuk hal yang satu ini, dengan alasan belum terlalu kotor, karena besok juga masih dipakai, atau ada pekerjaan lain yang lebih penting. Akibatnya noda-noda tersebut akan terakumulasi dan membuat kompor menjadi penuh dengan noda minyak, lengket, bau dan tidak sedap dipandang.

Hmm, karena hari ini aku ada waktu luang, oke deh mari kita mulai acara bersih-bersihnya, hehehehe.

Begini caranya:
  1. Siapkan kain lap, baskom yang telah diisi air bersih dan cairan pencuci piring. Untuk proses pembersihan harian atau jika setiap hari kompor gas selalu dibersihkan, dengan peralatan ini saja sudah cukup. Nah, apabila kompor gas jarang dibersihkan perlu ditambahkan peralatan berupa sabut stainless cuci piring dan soda kue.

    peralatan (1)
    peralatan (1)
    peralatan (2)
    peralatan (2)

  2. Lepaskan dudukan kompor gas dan burner, lalu rendam burner dan dudukan kompor gas di dalam air bersih, kemudian taburi soda kue, diamkan selama 5-10 menit agar noda yang menempel terangkat. Untuk burner cukup disikat sekali lewat atau cukup dibersihkan jika ada noda atau kotoran yang menyumbat. Nah, untuk dudukan kompor gas yang biasanya agak sulit dibersihkan nodanya, apalagi jika dalam waktu lama tidak pernah dibersihkan. Sikat dudukan kompor gas dengan mengunakan sabut stainless cuci piring, taburkan lagi soda kue pada bagian yang ada nodanya jika noda belum hilang ketika disikat. Sikat berulang-ulang hingga bersih.

    rendam dalam air dan taburi soda kue (baking soda)
    rendam dalam air dan taburi soda kue (baking soda)

  3. Setelah bersih kemudian keringkan dengan kain lap.

    keringkan dengan kain lap
    keringkan dengan kain lap

  4. Lalu pasang kembali burner dan dudukan kompor gas yang telah dibersihkan di tempat semula.

    pasang kembali di tempat semula
    pasang kembali di tempat semula

  5. Kemudian bersihkan permukaan badan kompor gas dengan menggunakan kain lap yang telah dibasahkan dengan air dan cairan pembersih, lalu lap sampai kering. Hmm, terlihat lebih bersih dan seperti baru bukan? hehehehe.

    kompor gas terlihat lebih bersih
    kompor gas terlihat lebih bersih

  6. Oke deh, sekarang coba hidupkan kompor, kompor gas yang pengapiannya bagus adalah yang apinya nyala merata dan berwarna biru. ^,^

    nyalakan kompor
    nyalakan kompor

No comments:

Post a Comment