October 3, 2015

Mengganti Tabung Kompor Gas Elpiji

Tabung Gas Elpiji
Tabung Gas Elpiji

Lagi asyik-asyik main masak-masakan tiba-tiba api kompornya padam. Hmm, pasti gas habis ini, kemudian cek indikator volume gas di regulator kompor gas, eeh benar, ternyata gasnya habis. Dan untungnya kemarin aku sudah beli gas untuk cadangan persediaan. Oke deh, ayo kita ganti tabung gas elpiji-nya dengan yang baru.

Begini caranya:
  • Lepaskan regulator yang terpasang di tabung lama dengan cara memutar knob pengunci regulator ke arah atas (lihat gambar di bawah).

    posisi regulator terpasang dan terkunci
    posisi regulator terpasang dan terkunci
    buka kunci regulator
    buka kunci regulator

  • Siapkan tabung baru yang akan digunakan.

    siapkan tabung baru
    siapkan tabung baru

  • Buka dan lepaskan segelnya.

    lepas segel (1)
    lepas segel (1)
    lepas segel (2)
    lepas segel (2)
    lepas segel (3)
    lepas segel (3)

  • Kemudian periksa bagian mulut tabung, apakah cincin karet (seal) sudah terpasang dengan benar. Jika pada tabung yang baru tidak terdapat cincin karet (seal), gunakan cincin karet (seal) yang terdapat di tabung yang lama.

    periksa bagian mulut tabung
    periksa bagian mulut tabung
    cincin karet (seal)
    cincin karet (seal)

  • Lalu pasang kembali regulator. Sebelum regulator dipasang pastikan knob pengunci regulator dalam keadaan tidak terkunci. Mayoritas regulator yang beredar di pasaran posisi knob pengunci terbuka adalah posisi knob menghadap ke atas (lihat gambar di bawah). Kemudian pasang regulator ke mulut tabung, lalu putar knob ke arah bawah untuk menguncinya. Setelah terpasang dan terkunci coba dengar apakah disekitar regulator dan mulut tabung terdengar suara angin mendesis, jika terdengar artinya pemasangan belum benar atau belum pas. Buka dan lepaskan regulator dari mulut tabung, lalu pasang lagi sampai tidak terdengar lagi bunyi angin mendesis.

    pasang kembali regulator
    pasang kembali regulator
    posisi regulator terpasang dan terkunci
    posisi regulator terpasang dan terkunci

  • Jika regulator dilengkapi dengan indikator volume, maka indikator tersebut akan mengindikasikan volume dari tabung gas elpiji yang terpasang.

    indikator volume
    indikator volume

  • Jika pemasangan sudah benar dan tidak terdengar bunyi angin mendesis di sekitar mulut tabung dan regulator, letakkan tabung di posisi yang aman, lalu coba nyalakan kompor.

    nyalakan kompor
    nyalakan kompor

  • Selesai. ^,^

Catatan:
  • Pada saat membeli gas elpiji pastikan bagian mulut tabung masih dalam keadaan tersegel.
  • Pastikan kondisi regulator, selang regulator dan cincin pengunci pada selang regulator dalam keadaan baik dan terpasang dengan benar.
  • Kasus bunyi angin mendesis biasanya terjadi karena pemasangan regulator yang tidak benar atau tidak pas. Bisa juga karena cincin karet (seal) ukurannya terlalu kecil atau terlalu besar sehingga masih ada rongga ketika regulator dipasang dan dikunci. Solusinya, coba ambil dan pasang cincin karet (seal) yang ada di tabung lama, lalu pasang di tabung baru.
  • Atau bisa juga (aku pernah mendapati kasus) ukuran (diameter) mulut tabung lebih kecil dari ukuran biasanya. Solusinya, coba lilitkan karet gelang pada bagian luar mulut tabung (solusi dalam keadaan darurat).
  • Kasus kompor tidak bisa menyala ketika baru diganti tabung baru biasanya dikarenakan gas belum atau tidak tersirkulasi dengan lancar. Solusinya, coba nyalakan berulang kali kompor gas-nya. Jika masih belum menyala coba periksa regulator-nya, lepaskan dan pasang lagi.
  • Lakukan dengan hati-hati dan jika ada masalah silahkan hubungi orang yang lebih paham.

2 comments: