2 Januari 2024

Perlengkapan Sepak Bola Untuk Anak-Anak

Perlengkapan Sepak Bola Untuk Anak-Anak
Perlengkapan Sepak Bola Untuk Anak-Anak


A : "Bule' Ka, nanti anterin Njo beli sepatu bola ya?"
B : "Oke deh, siap."


Salah satu keponakanku, Njo (Enzo) tadi siang minta tolong kepadaku untuk mengantarkan dan menemaninya membeli sepatu sepak bola. Memang belakangan ini Njo lagi gemar-gemarnya bermain sepak bola dengan teman-teman seusianya yang tergabung di dalam perkumpulan sepak bola anak-anak setempat (sejenis klub amatir). Kebetulan letak lapangan sepak bola tidak begitu jauh jaraknya dari rumahku sehingga mudah mengawasinya.

Sebelumnya Mbak Mila (ibunya Njo) juga berpesan kepadaku kalau Njo dibelikan sekalian satu set perlengkapan sepak bola untuknya. Oke deh, berikut daftar perlengkapan yang wajib dilengkapi untuk menunjang kegiatan olahraga sepak bola si kecil (anak-anak).

  1. Sepatu Sepak Bola
    Yup, sepatu adalah perlengkapan yang paling utama bagi setiap pemain sepak bola. Sesuai dengan pengalamanku melihat kondisi dan situasi permainan sepak bola di level akar rumput (grassroot) dan juga di level junior (youth), masih sering dijumpai para pemain menggunakan sepatu yang kurang tepat sehingga membuat mereka kurang nyaman saat bergerak dan bersentuhan dengan bola. Menurutku hal tersebut disebabkan oleh kurangnya edukasi tentang sepatu sepak bola, minimnya pilihan sepatu sepak bola di pasar terdekat dan yang tak kalah penting adalah soal harga sepatu sepak bola yang layak dipakai dan sesuai standar.

    Bagi orang tua membelikan sepatu sepak bola untuk anak kesayangannya agak tricky karena ukuran kaki anak yang cepat berkembang atau bertambah ukurannya. Dilemanya mau dibelikan sepatu yang berkualitas dan mahal nanti dipakainya hanya sebentar karena berselang beberapa waktu sepatu tersebut akan menjadi sempit dan tidak muat lagi sebab ukuran kaki anak yang bertambah. Sementara mau dibelikan sepatu yang murah meriah, eeh setelah dipakai 2-3 kali sepatunya langsung rusak, huhuhuhu.

    Hmm
    , idealnya ukuran sepatu sepak bola memang harus pas dengan ukuran kaki si pemain karena kalau ukurannya kekecilan atau kebesaran akan membuat pergerakan kaki kurang nyaman dan juga terasa tidak nyaman saat dipakai menendang bola.

  2. Pelindung Tulang Kering (Shinguard)
    Pelindung tulang kering atau shinguard atau deker berfungsi untuk melindungi tulang kering ketika bermain sepak bola. Perlengkapan yang satu ini kerap diabaikan oleh sebagian pemain, terutama ketika sesi latihan. Sebagai orang tua kita mesti memberi pemahaman kepada si kecil agar selalu memakai deker ketika bermain sepak bola, baik itu di dalam pertandingan ataupun sesi latihan. Selain untuk melindungi tulang kering si kecil dari cedera, hal tersebut juga bertujuan untuk melatih kebiasaan si kecil menggunakan deker setiap bermain sepak bola.

  3. Kaus Kaki Panjang
    Panjang kaus kaki pemain sepak bola idealnya sampai di sekitar bagian bawah tempurung lutut dan tidak mengganggu gerakan kaki si pemain. Kaus kaki panjang juga berfungsi menahan posisi pelindung tulang kering (deker) agar tetap pada tempatnya. Hindari penggunaan kaus kaki berlapis atau lebih dari satu karena akan membuat pergerakan kaki menjadi kurang leluasa dan kurang nyaman.

  4. Baju Olahraga & Celana Pendek
    Jika si kecil dimasukkan ke dalam klub atau sekolah sepak bola biasanya akan menggunakan baju dan celana seragam yang telah ditentukan oleh klub atau sekolah sepak bola tersebut. Namun ada juga yang tidak menyediakan hal tersebut. Apabila peserta latihan harus menyediakan sendiri baju dan celana, pilihlah yang berbahan polyester, nilon atau sejenisnya yang ringan dan cepat kering jika terkena keringat atau air. Hindari pakaian berbahan katun atau wol karena sifatnya menyerap dan menampung keringat.

  5. Tas Perlengkapan
    Masukkan semua perlengkapan yang telah disebutkan di atas ke dalam sebuah tas. Pastikan ukuran tas cukup untuk membawa perlengkapan tersebut, serta mudah dibawa oleh si kecil. Oh iya, selipkan 1-2 helai kantong plastik (kresek) di dalam tas perlengkapan tersebut untuk menampung pakaian kotor dan juga sepatu setelah selesai bermain sepak bola.

    Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli perlengkapan sepak bola anak di sini:

     Perlengkapan 
    Sepak Bola
    Anak-Anak
    shopee

    tokopedia

    lazada

    blibli


  6. Handuk Kecil
    Selipkan sehelai handuk kecil di dalam tas perlengkapan olahraga si kecil. Handuk berguna untuk mengelap keringat dan kotoran seusai si kecil bermain sepak bola.

  7. Baju Ganti
    Baju ganti atau baju salin dipakai setelah kegiatan bermain sepak bola selesai dan dikenakan selama perjalanan pulang dari lapangan ke rumah, terutama bagi yang jarak antara lapangan ke rumah lumayan jauh. Baju ganti tersebut berfungsi untuk menjaga suhu tubuh dan kenyamanan si kecil ketika perjalanan pulang ke rumah.

  8. Botol Minum
    Air minum biasanya telah disediakan oleh pihak penyelenggara pelatihan (klub atau sekolah sepak bola), namun tidak ada salahnya kita sebagai orang tua menyediakannya untuk si kecil kesayangan. Cukup siapkan air putih di dalam botol berbahan plastik berukuran 500-600 ml agar tidak terlalu menambah beban tas perlengkapan olahraga si kecil.

  9. Tas Mini P3K (First Aid Kit)
    Alat pertolongan pertama cedera pemain biasanya adalah tanggung jawab pihak penyelenggara pelatihan (klub atau sekolah sepak bola). Jika anda peduli dengan hal semacam ini, anda bisa menyelipkan beberapa komponen P3K sederhana, seperti plester luka, obat merah dan kapas.


Yup, itulah daftar perlengkapan yang sebaiknya kita (sebagai orang tua) persiapkan untuk mendukung minat anak-anak kita bermain sepak bola. Oke deh, semoga bermanfaat. ^,^


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar