28 November 2022

Mesin Pangkas Rambut Kemei KM-PG2600

Kemei KM-PG2600
Kemei KM-PG2600

Hmm, pada kesempatan kali ini aku akan me-review sedikit tentang mesin cukur rambut (hair clipper atau trimmer) yang cukup laris di pasaran karena harganya lumayan terjangkau, serta kualitasnya juga cukup baik. Yup, apalagi kalau bukan Kemei, hohohoho. Lebih tepatnya Kemei seri KM-PG2600. Sebagai informasi, seri KM-PG2600 adalah penyempurnaan dari seri sebelumnya, yaitu KM-2600 (tanpa PG).

kemasan (1)
kemasan (1)
kemasan (2)
kemasan (2)
isi kemasan
isi kemasan

Dalam setiap kemasan produk Kemei KM-PG2600 terdiri dari:
  • 1 mesin clipper
  • 4 sepatu clipper
  • 1 sisir
  • 1 sikat pembersih
  • 1 botol pelumas (blade oil)
  • 1 karet pegangan (hand grip)
  • 1 kabel usb
  • 1 kertas panduan

4 buah sepatu clipper terdiri dari ukuran 1,5 - 3 - 4,5 dan 6 milimeter.

4 buah sepatu clipper
4 buah sepatu clipper

Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli mesin pangkas rambut portabel Kemei KM-PG2600 di sini:

kemei km-pg2600
shopee

tokopedia

blibli


Untuk mulai mengoperasikan alat ini sangatlah mudah, yaitu dengan cara menggeser tuas daya (power switch) ke posisi ON (lihat tanda panah A). Nah, begitu tuas tersebut digeser ke posisi ON, maka pisau (blade) akan mulai bekerja, serta tampilan indikator daya juga akan muncul (lihat tanda panah B). Tampilan indikator menginformasikan sisa daya baterai dalam bentuk persentase. Sementara untuk mematikannya cukup dengan kembali menggeser tuas daya ke posisi OFF.

A = switch on/off B = indikator
A = switch on/off
B = indikator

Oh iya, Kemei KM-PG2600 termasuk clipper versi portabel dan tanpa kabel (cordless) yang menggunakan baterai sebagai sumber dayanya. Berdasarkan keterangan pada spesifikasi teknis produk bahwa baterai yang digunakan berkapasitas 2.000 mA (mili ampere) dan dapat digunakan selama sekitar 180 menit atau 3 jam. Sementara untuk pengecasan baterai menggunakan tegangan DC 5 volt, 1.000 mA atau 1 ampere.

spesifikasi teknis pada body mesin
spesifikasi teknis pada body mesin
spesifikasi teknis pada kemasan
spesifikasi teknis pada kemasan

Nah, masalahnya Kemei KM-PG2600 pada kemasannya tidak disertakan charger atau adaptor untuk pengisian daya baterai. Yang ada hanya kabel USB saja, huhuhuhu.

dari pabrikan hanya diberi kabel USB tanpa charger/adaptor
dari pabrikan hanya diberi kabel USB tanpa charger/adaptor

Tapi tenang saja, hal tersebut bisa diakali dengan menggunakan charger untuk smartphone. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah spesifikasinya, yaitu charger dengan nilai keluaran (output) 5 volt, 1 ampere.

charger 1 ampere
charger 1 ampere
siap melakukan pengecasan
siap melakukan pengecasan

Oke deh, karena charger yang bisa digunakan telah tersedia, mari kita coba melakukan proses pengecasan. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menghubungkan socket yang berbentuk seperti angka 8 pada kabel ke socket pada mesin clipper (lihat tanda panah A), sementara socket USB pada kabel dihubungkan ke charger. Kemudian hubungkan charger ke stop kontak atau listrik rumah/PLN (lihat tanda panah B).

proses pengecasan
proses pengecasan

Yup, begitu disambungkan ke sumber daya listrik, maka layar indikator akan menyala dengan menginformasikan nilai daya baterai dalam bentuk persentase, serta ikut menyala logo steker (colokan) berwarna merah (lihat tanda panah). Selama proses pengecasan nilai persentase akan bertambah sampai ke angka 99 (kondisi baterai penuh). Berdasarkan informasi pada spesifikasi teknis lama pengecasan dari baterai kosong ke penuh adalah sekitar 3 jam dengan charger 5 volt, 1 ampere.

indikator
indikator

Setelah aku mencoba alat ini untuk mencukur kepala Iyas dan Papanya, menurutku bobotnya cukup pas (tidak terlalu berat ataupun terlalu ringan), mata pisau cukur cukup tajam, proses menukar sepatu clipper cukup mudah karena pada sepatu clipper terdapat magnet. Hmm, satu kekurangannya menurutku adalah suara mesin yang terdengar agak bising. Oh iya, setelah pemakaian 2 kali (untuk mencukur kepala Iyas dan Papanya), kapasitas baterai yang awalnya 99 jadi tersisa 85 atau berkurang 14 persen. Hmm, mungkin bisa lebih hemat jika yang menggunakannya adalah profesional, hohohoho. ^,^

Tonton video-nya di sini:


Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli mesin pangkas rambut portabel Kemei KM-PG2600 di sini:

kemei km-pg2600
shopee

tokopedia

blibli


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar