September 22, 2017

Membersihkan Lemari Es

Lemari Es
Lemari Es

Hari ini ada hal yang agak aneh sepertinya, apabila aku lewat di sekitar dapur kok tercium aroma yang tidak sedap. Aku kira dari sekitar kotak sampah atau kitchen sink (bak cuci piring), tetapi setelah aku periksa ternyata bukan dari sekitar situ. Tak lama kemudian keponakanku si Leka datang menghampiriku dan bertanya, "Mama Ka cari apa sih?" Lalu aku jawab, "Cari bau busuk, hehehehe."

Kemudian Leka pun ikut mengendus-endus mencari sumber bau busuk tersebut. "Hmph, huek, ini bau busuknya, Mama Ka." ujar Leka sambil menunjuk ke arah sekitar samping belakang kulkas atau lemari es. Lalu aku pun bergegas ke arah Leka dan memeriksanya. Hueks, ternyata benar kata Leka, bau busuk berasal dari lemari es, tepatnya dari tempat penampungan air buangan.

Aku pun teringat bahwa akhir-akhir ini sering mati listrik dan durasinya dalam waktu yang lumayan lama, serta ditambah lagi di dalam lemari es tersebut tersimpan bahan makanan seperti cumi-cumi, udang dan ikan. Hmm, oke deh, agenda kita hari ini adalah membersihkan dan merawat lemari es. Ayo kita mulai acaranya, hehehehe.

  • Pertama kali lepaskan steker lemari es dari stop kontak sumber daya listrik. Kemudian keluarkan semua barang-barang dari dalam lemari es. Apabila ada barang yang melekat dan sulit untuk dikeluarkan pada bagian ruang freezer, biarkan saja dulu (jangan dikeluarkan secara paksa) dan tunggu sampai bunga es mencair sehingga barang dapat dengan mudah dikeluarkan. Setelah barang-barang dikeluarkan, keluarkan dan lepaskan juga rak-raknya.

    keluarkan barang-barang dari lemari es
    keluarkan barang-barang dari lemari es

  • Lalu tekan tombol defrost yang berfungsi untuk mempercepat pencairan bunga es yang berada di ruang freezer. Pada lemari es tipe lain mungkin metodenya berbeda, untuk lebih jelasnya silahkan lihat buku panduan pengguna.

    tekan tombol yang berfungsi untuk mempercepat pencairan bunga es
    tekan tombol yang berfungsi untuk
    mempercepat pencairan bunga es

  • Siapkan peralatan berupa obeng (+) dan kain lap. Obeng digunakan untuk melepaskan tempat penampungan air buangan yang menempel di badan kulkas. Sebagai catatan, ada beberapa tipe lemari es yang tempat penampungan air buangannya tidak disekrup, jadi cukup ditarik atau lepaskan kunciannya.

    obeng dan kain lap
    obeng dan kain lap

  • Lepaskan 2 buah sekrup untuk melepaskan tempat penampungan air buangan dengan menggunakan obeng (+).

    lepaskan tempat penampungan air buangan
    lepaskan tempat penampungan air buangan

  • Kemudian lepaskan tempat penampungan air buangan dari tempatnya.

    tempat penampungan air buangan
    tempat penampungan air buangan

  • Setelah tempat penampungan air buangan dilepaskan, taruh kain lap tepat di bawah saluran pembuangan (lihat tanda panah) karena biasanya masih ada air yang menetes. Ini berguna untuk melindungi komponen-komponen dan kabel-kabel yang berada di sekitar saluran pembuangan dari tetesan atau percikan air buangan.

    taruh lap kering di bawah saluran pembuangan air
    taruh lap kering tepat di bawah saluran pembuangan air

  • Kemudian bersihkan tempat penampungan air buangan. Apabila wadah ini sudah lama tidak dibersihkan biasanya akan terdapat kerak dan lumut. Gunakan campuran detergen bubuk, cairan cuci piring dan air bersih untuk membersihkannya, lalu sikat sampai kerak dan lumutnya hilang. Setelah bersih lalu lap dan keringkan. Oh iya, setelah membersihkan tempat penampungan air buangan, bersihkan juga rak-rak yang tadi dilepaskan.

    bersihkan tempat penampungan
    bersihkan tempat penampungan
    beri air bersih lalu tambahkan detergen dan cairan cuci piring
    beri air bersih lalu tambahkan detergen dan cairan cuci piring
    tempat penampungan telah dibersihkan
    tempat penampungan telah dibersihkan

  • Kemudian pasang kembali tempat penampungan air buangan seperti semula, pasang dan kencangnya kedua sekrupnya (lihat tanda panah).

    pasang kembali tempat penampungan air buangan
    pasang kembali tempat penampungan air buangan

  • Bersihkan bagian dalam lemari es, gunakan kain lap yang telah dibasahi dengan air bersih, lalu lap bagian dalam lemari es. Setelah itu keringkan dengan lap kering atau lap kanebo. Bersihkan juga di sekitar mulut lubang saluran pembuangan (lihat tanda panah).

    bersihkan lubang saluran pembuangan
    bersihkan lubang saluran pembuangan

  • Kemudian pasang kembali seperti semula rak-rak yang tadi dilepaskan dan dibersihkan. Lalu hidupkan lemari es dan biarkan dalam keadaan kosong sekitar 25-30 menit. Oh iya, atur suhunya di tingkat minimum atau medium. Nah, setelah sekitar 25-30 baru deh mulai dimasukkan kembali barang-barang yang tadi dikeluarkan secara sedikit demi sedikit. Misalnya, masukkan barang-barang di bagian freezer terlebih dahulu, kemudian tutup kembali lemari es dan biarkan sekitar 10-15 menit, lalu masukkan barang-barang di bagian chiller (biasanya sebagai tempat menaruh daging), dan seterusnya.

    masukkan kembali barang-barang yang tadi dikeluarkan
    masukkan kembali barang-barang yang tadi dikeluarkan
    tempatkan barang sesuai tempatnya
    tempatkan barang sesuai tempatnya

  • Tarraaa, selesai deh acara kita membersihkan lemari es kali ini. ^,^

    lemari es kembali beroperasi
    lemari es kembali beroperasi

  • Oh iya, lemari es pada tulisan ini adalah produksi LG dengan model GN-V191RL.

    tipe kulkas
    tipe kulkas
    diagram sirkuit
    diagram sirkuit

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment