August 28, 2017

Cara Mengelupas Cat Pagar Besi Dengan Paint Remover

Mengelupas Cat Pagar Besi
Mengelupas Cat Pagar Besi

Acara akhir pekan kali ini adalah mengelupas atau merontokkan cat pagar rumah. Karena catnya sudah terlihat agak kusam dan di beberapa bagian catnya sudah ada yang mulai terkelupas juga, selain itu sih karena ingin perubahan suasana juga, yaitu dengan merubah warna sebelumnya ke warna yang lain agar terlihat seperti baru dan telihat lebih fresh, hehehehe.

Oke deh, ayo kita mulai acara main tukang-tukangannya, hehehehe.
  • Siapkan paint remover dan air bersih, siapkan juga peralatan berupa kuas, sikat gigi, kape (scrap), kaleng bekas (wadah untuk paint remover) dan kain lap. Gunakan juga sarung tangan karet untuk melindungi tangan dari paint remover, karena jika langsung terkena kulit bisa menyebabkan gatal, panas atau bahkan nyeri serasa terbakar.

    bahan dan peralatan
    bahan dan peralatan

  • Pakailah sarung tangan, lalu buka kemasan paint remover. Hati-hati ketika membuka tutup kemasannya dan agak dijauhkan dari bagian wajah, karena biasanya ketika membuka tutup kemasannya disertai dengan keluarnya gas.
    Kemudian tuang paint remover ke dalam kaleng atau wadah yang telah disiapkan, lalu aduk rata dengan menggunakan kuas atau sikat gigi. Oh iya, paint remover ini wujudnya adalah gel yang berwarna bening agak keputihan, seperti tepung kanji yang bercampur dengan air.

    saatnya bekerja
    saatnya bekerja

  • Lalu tujulah bagian pagar yang akan dikelupas catnya. Hmm, supaya kinerja paint remover lebih maksimal, bersihkan terlebih dahulu permukaan bidang dari debu, lumut atau kotoran lainnya. Gunakan air bersih dan kain lap.
    Kemudian olesi atau lapisi permukaan bidang pagar dengan paint remover, gunakan kuas yang telah disiapkan.

    bagian pagar yang akan dikelupas catnya
    bagian pagar yang akan dikelupas catnya

  • Setelah 3-4 menit kinerja paint remover mulai terlihat, cat yang melapisi pagar mulai mengelupas sendiri. Diamkan saja dulu sekitar 10 menit.

    cat mulai mengelupas sendiri
    cat mulai mengelupas sendiri

  • Kemudian lakukan pengelupasan atau pengikisan dengan menggunakan kape (scrap). Nah, proses ini yang membutuhkan kesabaran karena prosesnya agak lama, terutama pada permukaan yang dilapisi cat berlapis atau tebal atau juga pada pagar yang bentuknya berulir-ulir atau bersegi-segi.

    pengelupasan atau pengikisan lanjutan dengan kape (scrap)
    pengelupasan atau pengikisan lanjutan dengan kape (scrap)

  • Jika masih terdapat cat yang belum terkelupas (biasanya karena cat lebih tebal di bagian tersebut), olesi lagi paint remover pada bagian tersebut, lalu tunggu sejenak, kemudian kikis lagi dengan bantuan kape sampai cat tersebut terkelupas. ^,^

Catatan:
  • Untuk menghemat penggunaan paint remover yang harganya lumayan mahal, saranku gunakanlah cukup pada permukaan bidang yang catnya susah dikelupas. Sementara untuk permukaan bidang yang lainnya cukup dikikis menggunakan kape (scrap). Gunakan masker penutup hidup dan mulut ketika proses pengikisan, karena pengikisan cat tanpa paint remover sifatnya kering dan menimbulkan sejenis debu atau serbuk yang bisa menyebabkan batuk ketika terhirup oleh hidung. Akan lebih baik lagi jika menggunakan kaca mata untuk melindungi mata.
  • Sebelum dilakukan pengecatan ulang (mengaplikasikan cat baru) biasanya dilakukan proses menghaluskan permukaan bidang dengan menggunakan amplas nomor 800.

No comments:

Post a Comment