March 28, 2017

Cara Isi Ulang Listrik Prabayar (Token PLN)

Meteran Listrik PLN Prabayar
Meteran Listrik PLN Prabayar

Sebagai wanita atau bagi para ibu rumah tangga yang waktunya lebih banyak dihabiskan di rumah, sudah semestinya harus mengerti dan paham tentang peralatan dan perlengkapan yang ada di rumahnya. Di zaman sekarang ini mayoritas peralatan dan perlengkapan rumah tangga menggunakan energi listrik. Peralatan masak menggunakan listrik, peralatan cuci pakaian menggunakan listrik, mesin air menggunakan listrik, dan sebagainya.

Semenjak beberapa tahun yang lalu, sistem listrik rumah tangga (PLN) yang menggunakan sistem pasca bayar (pakai dulu baru bayar) migrasi ke sistem prabayar (bayar dulu baru bisa pakai), walaupun belum semua rumah tangga bermigrasi. Nah, dengan diberlakukannya sistem listrik prabayar, para pengguna diharuskan bisa untuk melakukan sendiri pengisian ulang listrik yang menggunakan sistem token atau pulsa. Hmm, analoginya seperti mengisi ulang pulsa telepon seluler (handphone) dengan voucher pulsa.

Tulisan ini ditujukan kepada ibu-ibu rumah tangga yang mayoritas waktunya ada di rumah, jadi diharapkan bisa melakukan pengisian ulang listrik prabayar apabila suami sedang tidak berada di rumah, jadi pekerjaan rumah tangga yang tertunda akibat pulsa listrik habis bisa dilanjutkan kembali setelah dilakukan pengisian ulang pulsa listrik. Oke deh, berikut panduan tentang cara melakukan pengisian ulang listrik prabayar atau yang lazim disebut dengan pulsa listrik atau token PLN.
  1. Cek 'nomor meter' yang tertera pada kartu PLN anda atau jika kartu tersebut hilang, anda bisa melihat 'nomor meter' pada meteran listrik yang ada di rumah anda. 'Nomor meter' inilah yang diperlukan untuk pembelian pulsa listrik isi ulang (token). Selain 'nomor meter' bisa juga digunakan 'id pelanggan'.

    nomor meter
    nomor meter

  2. Setelah mengetahui 'nomor meter' atau 'id pelanggan', sekarang saatnya membeli pulsa listrik prabayar (token PLN) yang tersedia di toko terdekat atau toko yang menjual pulsa listrik prabayar. Pastikan anda mendapatkan kode token yang bisa terbaca jelas (apabila bukti pembelian menggunakan kertas cetak atau struk pembelian atau nota pembelian).

    kode token
    kode token
    jumlah kwh
    jumlah kwh

  3. Setelah mendapatkan kode token, sekarang saatnya melakukan proses penginputan kode token ke meteran listrik. Oh iya, sebelumnya aku akan sedikit menjelaskan bagian apa saja pada meteran listrik prabayar yang perlu diketahui oleh pengguna awam seperti kita. Meteran listrik PLN pada kasus kali ini adalah keluaran PT. Melcoinda MTS-125. Perhatikan gambar meteran listrik di bawah.
    Panah A adalah layar display, biasanya di-setting oleh petugas PLN untuk menunjukkan sisa kwh (kode 37) guna memudahkan pengguna melihat berapa sisa kwh.
    Panah B adalah nomor meter yang disertai barcode, apabila kartu listrik anda hilang bisa melihat ke meteran listrik untuk mengetahui nomor meter.
    Panah C adalah panduan untuk melakukan pengisian ulang listrik (input kode token).
    Panah D adalah tuts atau papan perintah yang terdiri dari 12 tombol, yaitu tombol angka 0-9, backspace dan enter. Salah satu fungsinya adalah untuk pengisian ulang listrik atau input kode token.
    Sebelum melakukan pengisian ulang pulsa listrik, pastikan tangan anda dalam keadaan kering atau tidak basah, dan untuk lebih amannya lagi pakailah sandal atau alas kaki. Oke deh, sekarang input kode token yang berjumlah 20 angka dengan cara menekan tombol yang ditunjukkan pada panah D, kemudian tekan tombol enter.

    proses input kode token ke meteran
    proses input kode token ke meteran

  4. Selanjutnya, apabila pada layar display muncul kata 'BENAR' artinya penginputan kode token atau pengisian ulang listrik telah benar dan berhasil, dan jumlah kwh akan bertambah sesuai dengan jumlah kwh yang dibeli. Apabila pada layar display muncul kata 'GAGAL' artinya penginputan kode token salah dan tidak berhasil. Coba ulangi dan periksa dengan teliti apakah kode token yang di-input telah benar dan sesuai. Jika beberapa kali proses input kode token statusnya masih gagal dan kode token yang di-input sesuai, silahkan hubungi call center PLN di nomor 123 jika dihubungi melalui telepon rumah atau (kode area) + 123 jika dihubungi melalui telepon seluler.

    proses input kode token berhasil
    proses input kode token berhasil

  5. Selesai, sangat mudah sekali bukan? ^,^

No comments:

Post a Comment