October 29, 2016

Jenang Pisang Ponorogo

Jenang Pisang Teguh Rahardjo
Jenang Pisang Teguh Rahardjo

Apabila kebetulan berkunjung atau singgah di Kota 'Reog' Ponorogo, Jawa Timur, ada baiknya anda mencicipi makanan yang satu ini. Yup, jenang atau sering juga disebut dodol, walaupun secara bentuk terlihat sama tetapi jenang memiliki tekstur yang lebih lembek dan lebih halus dari pada dodol. Aslinya jenang dibuat dari beras ketan, akan tetapi saat ini jenang tidak hanya dibuat dari beras ketan, ada juga yang dibuat dari buah-buahan, seperti jenang yang sedang dibahas di tulisan ini, yaitu jenang pisang.

Berdasarkan informasi yang aku dapat, ada dua produsen jenang yang terkenal di Ponorogo, yaitu Jenang Mirah dan Jenang Teguh Rahardjo. Dan berhubung aku baru saja mendapatkan kiriman oleh-oleh berupa jenang pisang Teguh Rahardjo dari sahabatku yang tinggal di Ponorogo, mari kita lihat bagaimana sih penampakan dan rasa dari jenang pisang yang satu ini, hehehehe.

komposisi
komposisi

Dalam satu kemasan kotak kecil terdiri dari 18 bungkus kecil jenang pisang.

isi satu kotak
isi satu kotak

Untuk pemesanan, layanan konsumen dan alamat produsen Jenang Pisang Teguh Rahardjo silahkan lihat informasi yang tertera pada gambar di bawah ini.

alamat produsen
alamat produsen

Nah, seperti inilah penampakan jenang pisangnya, sekilas tampak seperti dodol hanya teksturnya sedikit lebih lembek dan lembut. Sementara soal rasanya, kalau di lidahku sih hampir mirip dengan kue lambang sari atau nagasari, hanya saja rasa dan aroma pisangnya lebih terasa. Oh iya, soal harganya sekitar Rp.20.000,- untuk kemasan kotak kecil dengan isi 18 biji jenang. Oke deh, selamat menikmati jenang pisang khas Ponorogo. ^,^

jenang pisang khas Ponorogo
jenang pisang khas Ponorogo

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment