October 20, 2016

5.000 Km Dengan Fastron Techno Pada Yamaha Mio J

Yamaha Mio J
Yamaha Mio J

Tulisan ini adalah hasil dari pengalamanku menggunakan oli mesin Pertamina Fastron Techno 10W-40 pada sepeda motor matic Yamaha Mio J. Pada tulisan sebelumnya (3.300 Km Dengan Fastron Techno Pada Yamaha Mio J) telah dijelaskan pemakaian oli mesin jenis ini yang adalah pertama kali digunakan, nah pada tulisan kali ini adalah pemakaian oli mesin untuk kedua kalinya.

Odometer telah menunjukkan angka 20.024,9 yang artinya sepeda motor telah berjalan sejauh 5.023,7 kilometer. Jarak sejauh ini aku dapatkan setelah 5 bulan berjalan terhitung sejak pergantian oli mesin sebelumnya. Dan ini telah sesuai dengan tujuanku di mana oli mesin aku harapkan bisa digunakan untuk total perjalanan sejauh 5.000 kilometer. Sebagai informasi, pada periode sebelumnya oli mesin hanya aku gunakan untuk jarak sejauh 3.300-an kilometer.

odometer saat ganti oli sebelumnya
odometer saat ganti oli sebelumnya
odometer saat ini
odometer saat ini

Hmm, setelah menempuh perjalanan sejauh 5.000 kilometer beginilah penampakan oli mesinnya.

penampakan oli bekas
penampakan oli bekas
volume oli bekas
volume oli bekas

Dari gambar di atas bisa disimpulkan jika warna oli mesin berubah menjadi hitam. Sementara untuk penguapan, terjadi penguapan atau pengurangan volume oli mesin sekitar 50-100 ml (volume di gelas ukur sedikit berkurang karena pada saat proses pembuangan oli mesin ada sedikit oli mesin yang tumpah). Imho, penguapan terjadi saat sepeda motor dikendarai menempuh rute Lampung - Jakarta dan sebaliknya. Hmm, sementara untuk keluhan lain di seputar mesin aku rasa tidak ada masalah karena selama 5.000 kilometer terakhir tidak ditemukan masalah dan sepeda motor bisa dioperasikan secara normal.

oli baru
oli baru

Hmm, oke deh, karena aku merasa puas selama pemakaian oli mesin ini, maka untuk selanjutnya aku akan kembali memakai oli mesin Pertamina Fastron Techno 10W-40 di sepeda motor matic Yamaha Mio J untuk jarak tempuh sejauh 5.000 kilometer atau selama pemakaian 7-8 bulan apabila jarak sejauh 5.000 kilometer tidak tercapai. ^,^

Yamaha Mio J
Yamaha Mio J

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment