May 12, 2016

3.300 Km Dengan Fastron Techno Pada Yamaha Mio J

Fastron Techno 10W-40
Fastron Techno 10W-40

Yup, tidak terasa sudah 4 bulan waktu berlalu sejak aku melakukan penggantian oli mesin pada sepeda motor matic Yamaha Mio J milik Mbak Mila dengan jarak yang berhasil ditempuh adalah sejauh 3.343 kilometer. Riwayat penggantian oli mesin sebelumnya bisa dibaca pada artikel 'Mengganti Oli Mesin Yamaha Mio J' dan ulasan singkat setelah pemakaian sejauh 500 kilometer bisa dibaca pada artikel 'Pemakaian Oli Mesin Fastron Techno Di Yamaha Mio J'.

odometer saat ganti oli mesin sebelumnya
odometer saat ganti oli mesin sebelumnya
odometer saat ini
odometer saat ini

Pada gambar odometer di atas bisa diketahui bahwa jarak yang telah ditempuh adalah sejauh 3.343 kilometer. Jika menurut buku panduan apabila sepeda motor telah menempuh jarak sejauh 2.500 - 3.000 kilometer maka oli mesin harus diganti dengan yang baru. Ketentuan tersebut berlaku untuk oli mesin khusus sepeda motor matic, tetapi oli yang aku gunakan adalah oli mesin yang diperuntukkan untuk mobil, yang menurut produsennya bisa digunakan sampai jarak 10.000 kilometer. Hmm, tetapi itu kondisi yang ditujukan untuk mesin mobil di mana yang putaran mesinnya lebih rendah dari pada putaran mesin pada sepeda motor. Imho (in my humble opinion), untuk mesin sepeda motor mungkin hanya berlaku separuhnya, yaitu sekitar 5.000 kilometer.

Berhubung ini adalah penggunaan oli mobil di sepeda motor Yamaha Mio J untuk pertama kalinya aku akan mengikuti saran yang tertulis di buku panduan, yaitu penggantian oli mesin setelah menempuh jarak 2.500 - 3.000 kilometer. Eeh, sebetulnya secara hitungan nyata sesuai yang tertera di odometer sudah terlewat sejauh 343 kilometer dari jarak yang disarankan, hehehehe. Dan inilah penampakan oli mesin Pertamina Fastron Techno 10W-40 API SN setelah menempuh jarak sejauh 3.343 kilometer.

penampakan oli mesin (a)
penampakan oli mesin (a)
penampakan oli mesin (b)
penampakan oli mesin (b)

Kesimpulan:
  • Sepeda motor masih nyaman dikendarai walaupun oli mesin belum diganti sampai menempuh jarak 3.343 kilometer atau setelah 4 bulan jika dikonversi dalam hitungan bulan.
  • Penguapan bisa dikatakan tidak terjadi, bisa diketahui dari volume oli mesin bekas di gelas ukur.
  • Warna oli berubah menjadi hitam.
  • Selama pemakaian sejauh 3.343 kilometer tidak terjadi masalah yang berhubungan dengan mesin sepeda motor.

No comments:

Post a Comment