November 15, 2015

Mengganti Kran Air

Kran Air
Kran Air

Kedua keponakanku, Ain dan Leka akhir-akhir ini suka mandi di bawah kucuran kran air yang terletak di kamar mandi, padahal sudah ada shower tetapi mereka lebih suka menggunakan kran. Alasannya sih karena kucuran airnya lebih deras dan lebih besar dibandingkan dengan kucuran air yang dikeluarkan dari shower. Aah, ada-ada saja kelakuan kedua keponakanku yang tersayang ini, hehehehe.

Masalah muncul ketika kran air di kamar mandi tersebut mengalami kerusakan, di mana alat untuk membuka dan menutup aliran airnya patah karena getas termakan usia, apalagi terbuat dari bahan babet yang agak tipis.

Hal pertama yang ada di pikiranku adalah cukup mengganti kran yang rusak dengan kran yang baru, dan masalah selesai. Eeh, ternyata kran lama tidak bisa pisahkan dari sock, keras sekali dan susah, huhuhuhu. Semakin dipaksa malah semakin tidak mau dilepaskan, dan akhirnya, kreeeekkk, krannya patah dan patahannya masih menempel sempurna di sock, haduuuhh, kacau ini, huhuhuhu.

Hmm, kalau sudah begini ya mau tidak mau harus dibuang bagian sock-nya dengan cara dipotong pada bagian pipanya, dan kebetulan masih ada ruang sisa di pipa untuk memasang sock yang baru. Oke deh, ayo kita mulai perbaiki, hehehehe.

Caranya:
  1. Siapkan peralatan dan suku cadangnya. Peralatan berupa kunci Inggris (lebih bagusnya sih pakai kunci pas, tapi di rumah tidak ada kunci pas yang sesuai ukuran) dan gergaji besi. Suku cadang berupa kran, sock drat dalam ukuran 1/2, seal tape dan lem pipa pvc.

    peralatan dan suku cadang
    peralatan dan suku cadang

  2. Matikan atau tutup aliran air yang mengarah ke aliran yang akan diperbaiki. Setelah itu potong pada bagian pipa pvc untuk membuang sock drat dalam yang telah rusak karena ada bagian kran menempel pada sock dan tidak bisa dibuang. Gunakan gergaji besi yang telah disiapkan.

    potong bagian yang rusak
    potong bagian yang rusak

  3. Lapisi drat atau ulir kran dengan seal tape.

    lapisi kran dengan seal tape
    lapisi kran dengan seal tape

  4. Kemudian satukan kran yang telah dilapisi seal tape dengan sock drat dalam. Putar searah jarum jam (sama dengan mengencangkan mur).

    satukan kran dengan sock
    satukan kran dengan sock
    kran dan sock telah disatukan
    kran dan sock telah disatukan

  5. Bersihkan bagian pipa pvc, lalu lumuri lem pada pipa yang akan dipasang kran.

    lumuri lem
    lumuri lem

  6. Kemudian satukan sock + kran dengan pipa yang telah dilumuri lem. Satukan ketika lem masih dalam keadaan basah, lalu tunggu sampai lem mengering, sekitar 10-15 menit.

    satukan sock dengan pipa
    satukan sock dengan pipa

  7. Setelah lem-nya kering silahkan coba hidupkan kran, dan tarraaaa, kran air telah berhasil dipasang dan berfungsi seperti sedia kala. ^,^

    kran telah berhasil dipasang
    kran telah berhasil dipasang

2 comments:

  1. sing susah ganti kran cuci piring flexible, pernah bolak-balik toko matrial cuma karna beda ukuran pipa sma krannyah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan ada sock yang beda ukuran (sock converter). ^,^

      Delete