April 16, 2017

Video YouTube Tidak Ramah Pengiklan? Begini Solusinya

Video YouTube Tidak Ramah Pengiklan
Video YouTube Tidak Ramah Pengiklan

Beberapa waktu yang lalu ketika aku baru selesai melakukan proses pengunggahan video ke situs YouTube, ada penampakan yang berbeda pada salah satu video, yaitu berupa icon bergambar dollar dengan warna kuning. Hmm, seharusnya icon tersebut bergambar dollar dengan warna putih dengan latar belakang berbentuk lingkaran berwarna hijau. Dalam artian video tersebut statusnya di-monetisasi.

Setelah aku periksa dengan seksama, ternyata icon tersebut adalah sebagai tanda bahwa video tersebut tidak bisa di-monetisasi karena video tersebut tidak ramah pengiklan dan minta untuk ditinjau (lihat tanda panah). Status tidak bisa di-monetisasi artinya iklan tidak akan muncul di video tersebut, yang juga artinya video tersebut tidak bisa mendapatkan penghasilan karena tidak munculnya iklan, huhuhuhu.

tidak ramah pengiklan, minta peninjauan
tidak ramah pengiklan, minta peninjauan

Hmm, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menuju ke pengaturan di video yang bermasalah tersebut. Caranya klik pada icon dollar yang berwarna kuning tersebut, kemudian kita akan diarahkan menuju pengaturan monetisasi. Buang tanda contreng (uncheck) pada pilihan 'Monesisasi video saya dengan iklan' (lihat panah A), kemudian beri tanda contreng (check) pada pilihan 'Tinjau video saya lagi . . .' (lihat panah B), lalu klik 'Simpan perubahan' (lihat panah C).

non-aktifkan fitur monetisasi
non-aktifkan fitur monetisasi

Kemudian pada tab 'Info dasar', atur video ke penonton 'Pribadi' (lihat panah A), lalu klik 'Simpan perubahan' (lihat panah B).

atur video ke penonton pribadi
atur video ke penonton pribadi

Nah, hasil dari perubahan yang baru saja dilakukan akan terlihat di tampilan daftar video. Akan terlihat icon bergambar gembok berwarna biru yang artinya video tersebut hanya dapat ditonton oleh anda selaku administrator (lihat tanda panah). Sampai di sini, biarkan dan tunggu selama 24 jam.

video sudah diatur ke penonton pribadi
video sudah diatur ke penonton pribadi

Keesokan harinya atau setelah dibiarkan selama sekitar 24 jam, aku lihat kembali dashboard YouTube. Apa yang terjadi? Hmm, dalam kasusku kali ini icon yang semula bergambar dollar berwarna kuning kini berubah menjadi icon bergambar dollar berwarna abu-abu kehitaman, yang keterangannya video tersebut dalam keadaan tidak di-monetisasi (lihat tanda panah).

status video tidak ramah pengiklan telah hilang
status video tidak ramah pengiklan telah hilang

Apabila icon dollar sudah berubah menjadi berwarna abu-abu kehitaman dan tidak ada keterangan tidak ramah pengiklan lagi, maka langkah selanjutnya adalah mengatur kembali video ke posisi pengaturan semula, di mana sebelum terkena status tidak ramah pengiklan, agar video tersebut bisa kembali di-monetisasi.

Caranya, pada tab 'Info dasar', kembalikan pengaturan video ke penonton 'Publik' (lihat panah A), kemudian klik 'Simpan perubahan' (lihat panah B).

atur video ke penonton publik
atur video ke penonton publik

Kemudian arahkan ke tab 'Monetisasi', lalu aktifkan fitur 'Monetisasi dengan iklan' (lihat panah A). Setelah itu klik 'Simpan perubahan' (lihat panah B).

aktifkan fitur monetisasi video
aktifkan fitur monetisasi video

Terakhir, coba lihat di daftar video, status monetisasi pun kembali seperti sedia kala, yaitu dengan icon bergambar dollar berwarna putih dengan latar belakang lingkaran berwarna hijau (lihat tanda panah).
status video di-monetisasi
status video di-monetisasi

Yup, sekarang video tersebut sudah kembali ke status di-monetisasi dan kembali bisa menghasilkan pendapatan. ^,^

No comments:

Post a Comment