June 7, 2016

Fun Riding: Perlengkapan Cadangan Dan Peralatan Berkendara Harian

Bagasi Yamaha Mio J
Bagasi Yamaha Mio J

Melakukan perjalanan dengan mengendarai sepeda motor ada kelebihan dan juga ada kekurangannya. Kelebihannya antara lain bisa lebih cepat sampai tujuan terutama di wilayah perkotaan yang padat dan sering macet, bisa melalui jalan-jalan alternatif, jalan tembus atau jalan tikus yang biasanya sempit karena melewati pemukiman warga, bahan bakar lebih irit, dan kelebihan-kelebihan lainnya (silahkan tambahkan sendiri, hehehehe).

Akan tetapi selain kelebihan-kelebihan yang telah disebutkan di atas, ada juga kekurangannya seperti, hanya bisa dinaiki oleh dua orang, kondisi cuaca dirasakan langsung oleh pengendara (kalau cuaca panas terik ya kepanasan, kalau cuaca hujan ya kehujanan alias basah), bagasi terbatas (bahkan untuk jenis motor sport batangan bisa dikatakan hampir tidak ada bagasinya), dan kekurangan-kekurangan lainnya.

Pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang apa saja perlengkapan dan peralatan yang perlu dibawa dalam melakukan perjalanan dengan mengendarai sepeda motor. Yang harus digaris bawahi adalah definisi kata 'perlu' yang bermakna seperlunya saja, yang dirasa tidak perlu ya tidak perlu dibawa. Hal ini relatif karena berhubungan dengan dua hal yaitu, kondisi bagasi sepeda motor itu sendiri dan kondisi sepeda motor itu sendiri.

Untuk kondisi bagasi sepeda motor bisa anda sesuaikan sendiri dengan kondisi bagasi sepeda motor anda, semakin besar bagasi sepeda motor maka semakin banyak pula perlengkapan dan peralatan yang bisa dibawa. Kemudian untuk kondisi sepeda motor yang aku maksud adalah sehat atau tidaknya kondisi sepeda motor tersebut, contoh pada sepeda motor yang sudah berumur dan kurang perawatan biasanya ada kasus seperti setelan rem sering berubah, setelan rantai sering berubah, oli mesin mudah menguap, busi sering mati, dan lain sebagainya. Nah, maksudnya jikalau pengendara tetap nekat atau darurat mengendarai sepeda motor tersebut apa saja yang harus dibawa, baik peralatan dan suku cadang yang sesuai agar tidak bingung apabila terjadi mogok di tengah perjalanan dan mudah untuk dilakukan servis daruratnya.

Berikut aku contohkan perlengkapan cadangan, peralatan dan suku cadang ketika aku berkendara menggunakan sepeda motor matic Yamaha Mio J. Bagasi Mio J tergolong cukup besar sehingga beberapa barang bisa masuk ke dalam bagasi tersebut.

isi bagasi sepeda motorku
isi bagasi sepeda motorku

Bisa dilihat pada gambar di atas bagasi Yamaha Mio J aku isi dengan barang-barang berupa:
-  obeng (+/-)
-  kunci busi
-  busi cadangan
-  gembok
-  pompa angin mini
-  lap kain katun
-  lap serap kenebo
-  jas hujan
-  sandal jepit
-  kantong plastik

Hmm, untuk fungsi dan kegunaan dari barang-barang tersebut aku rasa anda sudah mengerti, hehehehe. Oke deh, setelah itu masukkan dan susun barang-barang tersebut ke dalam bagasi, taruh barang yang sering digunakan (seperti gembok dan lap) di posisi paling atas agar tidak susah mengambilnya dan tidak perlu membongkar semua isi bagasi jika suatu waktu diperlukan.

muat dan susun isi bagasi
muat dan susun isi bagasi

Setelah berhasil dimuat dan disusun, tutup kembali jok dan sepeda motor pun siap untuk dikendarai. ^,^

siap dikendarai
siap dikendarai

2 comments:

  1. kalo saya cuma tolkit(lengkap) sm seperangkat jas hujan+kanebo

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau aku yang paling penting sih jas hujan dan sandal jepit, apalagi kalau sudah masuk musim hujan.
      ban sudah diganti tipe tubeless, insya Allah aman kalau kena paku atau benda tajam.
      kalau soal mogok alhamdulillah belum pernah sih, mudah-mudahan jangan sampai lah. ^,^

      Delete