February 24, 2016

Mengganti Bohlam Lampu Senja Dan Lampu Sein Depan Yamaha Mio J

Yamaha Mio J
Yamaha Mio J

Artikel kali ini adalah artikel jawaban dari sebuah pertanyaan yang ditanyakan oleh seorang pembaca di kolom komentar pada blog-ku yang aneh ini, hehehehe, berikut cuplikannya:

cuplikan pertanyaan pembaca
cuplikan pertanyaan pembaca

Oke deh, karena komentar tersebut aku jawab dengan sebuah janji juga maka terbitlah artikel ini, heheheheHmm, berikut caranya:
  1. Siapkan bohlam lampu senja dan bohlam lampu sein. Bohlam bisa dibeli di toko suku cadang sepeda motor. Bohlam suku cadang asli Yamaha bisa dibeli di bengkel resmi Yamaha seharga Rp.4.500,- untuk bohlam lampu senja dan Rp.12.000 untuk bohlam lampu sein. (Harga satuan per Februari 2016). Yang perlu diperhatikan adalah ukurannya, untuk lampu senja menggunakan bohlam ukuran 12 volt 3,4 watt dan untuk lampu sein menggunakan bohlam ukuran 12 volt 10 watt.

    bohlam lampu senja dan bohlam lampu sein
    bohlam lampu senja (bening), bohlam lampu sein (kuning amber)

  2. Siapkan peralatan berupa obeng (+).

    obeng (+)
    obeng (+)

  3. Buka cowling A (cover flasher) dengan cara melepas 3 buah sekrup pengunci dengan menggunakan obeng (+) (lihat tanda panah), kemudian untuk melepas cowling A geser perlahan ke arah depan.

    lepas cowling A (cover flasher)
    lepas cowling A (cover flasher)
    buka sekrup
    buka sekrup
    buka sekrup
    buka sekrup
    cowling A (cover flasher) telah dilepas
    cowling A (cover flasher) telah dilepas

  4. Setelah cowling A dilepas kemudian lepaskan fitting lampu senja (lihat panah B) dengan cara menariknya ke luar, kemudian lepaskan juga fitting lampu sein (lihat panah A) dengan cara memutarnya ke arah berlawanan jarum jam (ke arah kiri) lalu tarik keluar.

    lepaskan fitting dari rumah lampu
    lepaskan fitting dari rumah lampu

  5. Kemudian ganti bohlam lampu senja dengan yang baru. Cara melepas bohlam dari fitting-nya cukup ditarik keluar dengan perlahan (lihat tanda panah), kemudian pasang bohlam lampu senja yang baru.

    lampu senja
    lampu senja

  6. Kemudian ganti bohlam lampu sein dengan yang baru. Cara melepasnya sama dengan cara melepas bohlam lampu senja seperti di langkah sebelumnya. Kemudian pasang bohlam lampu sein yang baru.

    lampu sein
    lampu sein

  7. Setelah bohlam lampu terpasang, dan sebelum dimasukkan kembali ke dalam rumah lampu ada baiknya tes nyala lampu dan fungsi lampu tersebut apakah bisa menyala dan berfungsi seperti sedia kala.

    tes nyala lampu
    tes nyala lampu

  8. Setelah tes dilakukan dan lampu dapat berfungsi seperti sedia kala, kemudian tempatkan kembali lampu senja dan lampu sein di dalam rumah lampu. Untuk lampu senja caranya cukup ditekan ke dalam sampai karet penahannya mengunci sempurna dan untuk lampu sein caranya cukup dimasukkan kemudian diputar searah jarum jam (ke arah kanan).

    pasang kembali rumah lampu
    pasang kembali di rumah lampu

  9. Pasang kembali cowling A (cover flasher), kemudian pasang kembali dan kencangkan 3 buah sekrupnya (lihat tanda panah).

    pasang kembali cowling A
    pasang kembali cowling A

  10. Selesai. ^,^

    selesai dan siap dikendarai
    selesai dan siap dikendarai

Catatan:
Jika hanya ingin mengganti bohlam lampu senja dan tangan anda berukuran kecil serta muat dimasukkan ke dalam celah di atas spakbor depan, tidak perlu melepas cowling A (cover flasher), cukup tarik saja kabel dan fitting lampu senja dari bagian belakang rumah lampu melalui celah tersebut.

12 comments:

  1. Makasih Gan infonya, cepet banget bikin artikelnya juga, baru kemarin request.
    Makasi banyakk.

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. waduh, mohon maaf oom, ane kagak punya spin yang bisa dijadikan bahan praktek di sini, hehehehe. ^,^

      Delete
  3. lampu senja mio sporty bisa di pasang di mio j ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, tapi ukuran watt-nya lebih besar.
      mio j pakai 3.4 watt, mio sporty pakai 5 watt. ^,^

      Delete