January 9, 2017

Pilihan Ban Yamaha Mio J Ala Rika

Ban Yamaha Mio J ala Rika
Ban Yamaha Mio J ala Rika

Hmm, tulisan ini adalah jawaban atas beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan kepadaku, baik yang menanyakan secara langsung ataupun melalui media sosial. Nah, agar lebih jelas dan lengkap serta mendapatkan jawaban yang seragam, simak baik-baik tulisan ini, hehehehe.

Yup, ban adalah salah satu bagian vital yang melekat pada kendaraan. Sebagai pengendara yang baik, sudah semestinya paham dengan komponen kendaraan yang satu ini, terutama ban yang melekat di kendaraan yang dikendarainya, karena pemilihan dan pemeliharaan ban sangat berhubungan erat dengan faktor kenyamanan dan keselamatan pengendara itu sendiri.

Pada sepeda motor Yamaha Mio J yang akhir-akhir ini sering aku kendarai menggunakan ban merk FDR Sport XR Evo dengan ukuran 90/80 untuk velg ukuran 14 pada ban belakang. Sementara untuk ban depan menggunakan ban merk IRC NF59 Series dengan ukuran 70/90 untuk velg ukuran 14. Oh iya, mayoritas medan jalan yang aku lintasi adalah jalan aspal dengan kondisi yang bervariasi.

Oke deh, pertama aku bahas tentang pemilihan ban untuk roda belakang terlebih dahulu karena biasanya ban belakang terlebih dahulu habis atau mesti diganti lebih cepat dari ban depan, hehehehe. Ban belakang dengan merk FDR Sport XR Evo adalah ban versi ekonomis atau versi penggunaan harian dari ban FDR Sport XR (tanpa embel-embel 'Evo') yang adalah ban untuk balap (racing). Aku pilih karena beberapa alasan, antara lain:
  • Pengalaman sebelumnya pada sepeda motor Yamaha V-ixion yang aku kendarai, secara performa aku cukup puas selama pemakaian ban jenis ini pada sepeda motor Yamaha V-ixion.
  • Tubeless, sebagai antisipasi sementara apabila terkena benda tajam sejenis paku atau kawat yang bisa saja kita alami saat berkendara.
  • Ukuran yang lebih lebar dari ban bawaan. Yup, secara penampilan ban ini terlihat lebih tegap dan berisi serta motif ulir ban yang terlihat unik.
  • Spesifikasi penilaian dari ban jenis ini pada halaman situs resminya aku anggap cukup baik untuk pemakaian harian dan di berbagai cuaca.
  • Harga yang cukup terjangkau.

ban belakang - FDR Sport XR Evo 90/80-14
ban belakang - FDR Sport XR Evo 90/80-14

Sementara ban depan yang melekat pada sepeda motor Yamaha Mio J masih menggunakan ban bawaan, yaitu IRC NF59. Hmm, secara keseluruhan aku cukup puas dengan ban ini, hanya saja yang aku kurang puas ketika menemui kondisi jalan agak berlumpur setelah hujan, karena ban ini terasa licin ketika melintasi medan seperti itu. Jadi harus lebih waspada dan hati-hati ketika menemui kondisi jalan seperti itu.

ban depan - IRC NF59 Series 70/90-14
ban depan - IRC NF59 Series 70/90-14

Hmm, apabila ban depan tersebut sudah habis masa pakainya, akan aku ganti dengan ban merk IRC SS-530F dengan ukuran 80/90. Imho, ban jenis ini cocok untuk karakteristik Yamaha Mio J. Pertimbanganku adalah sebagai berikut:
  • Ada alur garis tengah pada ban. Menurut informasi yang aku ketahui, ban depan dengan alur garis tengah akan lebih stabil ketika dikendarai saat kondisi hujan dibandingkan dengan ban tanpa alur garis tengah.
  • Tubetype. Kenapa tidak tubeless seperti ban belakang? Yup, karena ban dengan ban dalam (tubetype) lebih ringan bobotnya sehingga lebih responsif bagi pengendara untuk melakukan manuver. Dan juga ini bertujuan untuk meredam kerasnya shock depan Yamaha Mio J ketika melintasi jalanan yang bergelombang atau tidak rata.
  • Secara ukuran yang lebih lebar dan berisi dari ban bawaan.
  • Harga yang cukup terjangkau.

ban depan - IRC SS-530F Series 80/90-14
ban depan - IRC SS-530F Series 80/90-14

Yup, itulah pilihanku untuk ban yang digunakan pada sepeda motor Yamaha Mio J yang aku kendarai. Dalam pemilihan ban tersebut aku pertimbangkan faktor kenyamanan, keamanan dan harga. ^,^

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment