May 21, 2016

Merangkai Kabel UTP Jaringan Komputer

Kabel UTP Jaringan Komputer
Kabel UTP Jaringan Komputer

Pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan tentang bagaimana cara merangkai kabel jaringan komputer, di mana jenis kabel yang digunakan adalah kabel jenis UTP (Unshielded Twisted Pair). Jaringan komputer dengan menggunakan kabel UTP masih banyak digunakan pada perkantoran skala kecil dan menengah untuk menghubungkan beberapa komputer dan perangkat kantor lainnya dalam menjalankan operasional perusahaan. Oke deh, berikut uraiannya.
  1. Siapkan bahan dan peralatan berupa kabel UTP (A), 2 buah konektor RJ45 (B), tang crimping (C) dan tester kabel jaringan (D).

    bahan dan peralatan
    bahan dan peralatan

  2. Kupas kedua ujung pembungkus kabel.

    kupas ujung kabel
    kupas ujung kabel

  3. Kemudian susun kabel sesuai dengan susunan standar pengkabelan jaringan komputer. Sebagai informasi, susunan kabel UTP pada jaringan komputer ada dua jenis, yaitu straight through dan crossover. Jenis straight through digunakan untuk menghubungkan antara dua buah perangkat yang jenisnya berbeda, misalnya untuk menghubungkan komputer dengan switch atau hub. Sementara kabel jenis crossover digunakan untuk menghubungkan antara dua perangkat yang jenisnya sama, misalnya untuk menghubungkan 2 buah komputer secara peer to peer. Untuk susunan kabel jenis straight through adalah: oranye/putih, oranye, hijau/putih, biru, biru/putih, hijau, coklat/putih, coklat. Yang dikenal dengan susunan T568B, dan susunan ini berlaku untuk kedua ujung kabel. Sementara untuk kabel jenis cross over susunan di masing-masing ujung kabel berbeda, di mana pada ujung pertama susunannya: oranye/putih, oranye, hijau/putih, biru, biru/putih, hijau, coklat/putih, coklat (T568B), dan pada ujung lainnya susunannya: hijau/putih, hijau, oranye/putih, biru, biru/putih, oranye, coklat/putih, coklat (T568A).

    susunan kabel straight through
    susunan kabel straight through
    susunan kabel crossover
    susunan kabel crossover

  4. Setelah kabel disusun, kemudian rapihkan dan ratakan ujungnya, lalu masukkan ujung kabel ke dalam konektor RJ45. (perhatikan dengan seksama dan jangan sampai salah urutannya).

    masukkan kabel ke dalam konektor RJ45
    masukkan kabel ke dalam konektor RJ45

  5. Kemudian kencangkan dengan tang crimping.

    kencangkan dengan tang crimping
    kencangkan dengan tang crimping

  6. Setelah itu, uji kabel yang dirangkai tadi dengan menggunakan alat tester kabel jaringan. Perhatikan lampu yang berkedip apakah menyala semua. Untuk kabel jenis straight through lampu akan berkedip dengan urutan yang sama (1-8 sejajar), sementara untuk kabel jenis crossover akan berkedip agak berbeda, di mana lampu nomor 1 akan berpasangan dengan lampu nomor 3 dan lampu nomor 2 akan berpasangan dengan lampu nomor 6, sementara lampu lainnya akan menyala sama.

    uji kabel
    uji kabel

  7. Selesai. ^,^

*) Pada perangkat jaringan komputer keluaran baru dibekali fitur auto-sensing, di mana perangkat bisa terkoneksi baik memakai kabel jenis straight through ataupun crossover, tetapi pengkabelan tetap harus berpedoman pada urutan standarisasi T568A atau T568B.

No comments:

Post a Comment