December 2, 2015

Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Pantai Tanjung Tinggi, Belitung
Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Pulau Belitung, Provinsi Bangka Belitung semenjak terkenalnya novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata ikut terkenal juga, ditambah dengan tayangnya Film Laskar Pelangi yang diadopsi dari novel yang berjudul sama pada tahun 2008 bertambah terkenal pula Pulau Belitung. Semenjak itu banyak wisatawan domestik dan juga mancanegara berkunjung ke Pulau Belitung untuk berwisata karena memang pulau tersebut memiliki banyak pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Tanjung Tinggi yang dijadikan salah satu tempat syuting film Laskar Pelangi.

Pantai Tanjung Tinggi terletak di Kecamatan Sijuk yang terletak sekitar 30 kilometer dari Kota Tanjung Pandan, Ibukota Kabupaten Belitung. Bisa ditempuh dengan sepeda motor atau mobil, sebagai informasi, tidak ada kendaraan umum (angkot atau bus) menuju ke sana, jadi anda harus menyewa kendaraan jika ingin ke sana.

Berikut peta petunjuk yang aku dapat dari google maps,

peta petunjuk (1)
peta petunjuk (1)

Peta petunjuk di atas dijelaskan titik awal perjalanan di Puncak Swalayan, sekitar pusat kota Tanjung Pandan menuju ke Pantai Tanjung Tinggi dengan jarak tempuh 28,5 kilometer yang bisa ditempuh dengan waktu 35 menit. Di sepanjang jalan ini anda akan disuguhi pemandangan laut di sebelah kiri jalan karena jalan ini adalah jalan pesisir, dan jika bertepatan dengan musim buah-buahan di sepanjang jalan akan anda temui banyak pohon durian dan pohon rambutan milik warga sekitar yang sedang berbuah.

Penjelasan di atas adalah jika perjalanan dilakukan dari kota Tanjung Pandan, karena biasanya wisatawan yang berlibur atau tur wisata ke Pulau Belitung mayoritas bermalam di hotel atau penginapan yang berada di sekitar kota Tanjung Pandan.

Nah, perjalananku dimulai bukan dari kota Tanjung Pandan, tetapi dari salah satu daerah di kabupaten sebelah, yaitu Kelapa Kampit yang terletak di Kabupaten Belitung Timur. Berikut peta petunjuk yang aku dapat dari google maps,

peta petunjuk (2)
peta petunjuk (2)

Perjalananku dimulai dari Puskesmas Kelapa Kampit, tidak jauh dari Pasar Kelapa Kampit, karena kebetulan aku bermalam di sekitar situ. Hmm, menurut petunjuk di peta jarak tempuh adalah 53,1 kilometer yang bisa ditempuh dengan waktu 1 jam 15 menit. Selama perjalanan kita akan disuguhi pemandangan berupa perkampungan warga, perkampungan suku Bali (ternyata di Belitung ada juga kampung orang Bali yang lengkap dengan bangunan puranya), perkebunan kelapa sawit dan pemandangan menarik lainnya.

Dan jika sudah ditemui tanda seperti gambar di bawah ini, artinya Pantai Tanjung Tinggi yang dituju sudah tidak jauh lagi, hehehehe.

selamat datang
selamat datang

Taarrraaaa, akhirnya sampai juga deh di Pantai Tanjung Tinggi, berikut pemandangannya.

(1)
(1)
(2)
(2)
(3)
(3)
(4)
(4)
(5)
(5)
(6)
(6)
(7)
(7)
(8)
(8)
(9)
(9)
(10)
(10)
(11)
(11)
(12)
(12)
(13)
(13)
(14)
(14)
(15)
(15)
(16)
(16)
(17)
(17)
tugu lokasi syuting film Laskar Pelangi
tugu lokasi syuting film Laskar Pelangi

Menarik, indah dan masih alami bukan?
Ayo menabung dan cari waktu libur untuk berlibur ke Pulau Belitung. ^,^


Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment