October 8, 2015

Menambahkan Kontak Terpercaya Pada Akun Facebook

Apa itu 'kontak terpercaya' atau 'trusted contacts' dalam media sosial facebook? Lihat penjelasan dari facebook di bawah ini.

kontak terpercaya (trusted contacts)

Di situ dijelaskan bahwa kontak terpercaya adalah (akun) teman yang dapat dihubungi jika sewaktu-waktu kita membutuhkan bantuan untuk dapat masuk (mengakses) ke akun kita. Contohnya, jika suatu saat kita lupa kata sandi (password) kita dan kebetulan juga tidak bisa mengakses email kita untuk mengatur ulang (resetting) kata sandi melalui email.

Sebagai berita dan cerita, beberapa waktu lalu ada informasi yang aku dapatkan dari suatu forum yang menjelaskan tentang teknik mengambil alih atau membajak akun facebook dengan metode memanfaatkan fasilitas kontak terpercaya. Nah, untuk menghindari hal tersebut ada baiknya jika kita melindungi atau mengamankan akun kita dari tindakan yang tidak bertanggung jawab seperti itu. Ya, walaupun tidak sepenuhnya aman (karena masih ada cara lain untuk membajak akun facebook) ada baiknya kita meningkatkan keamanan akun facebook kita dengan menutup celah tersebut.

Nah, begini cara pengaturannya:
  1. Masuk (login) ke akun facebook anda, lalu klik pada ikon segitiga yang berada di atas kanan halaman facebook (lihat tanda panah 1). Kemudian pilih 'Settings' (lihat tanda panah 2).
    langkah 1

  2. Kemudian pilih menu 'Security' yang berada di sekitar atas kiri halaman facebook (lihat tanda panah 1). Kemudian pada menu 'Security Settings' perhatikan di bagian 'Trusted Contact', klik pada tulisan 'Edit' yang berada di sebelah kanan menu tersebut (lihat tanda panah 2).
    langkah 2

  3. Pada menu 'Trusted Contacts' silahkan klik pada tulisan 'Choose trusted contacts'.
    langkah 3

  4. Kemudian akan muncul kotak pemberitahuan yang menjelaskan apa itu kontak terpercaya (trusted contacts), klik pada kotak biru yang bertuliskan 'Choose Trusted Contacts' yang berada di bagian bawah kanan kotak pemberitahuan (lihat tanda panah).
    langkah 4

  5. Lalu akan muncul kotak isian yang meminta kita untuk mengisinya dengan nama akun-akun yang kita pilih sebagai kontak terpercaya, pilihan minimal 3 akun dan maksimal 5 akun.
    langkah 5 (a)
    langkah 5 (b)

  6. Setelah memilih akun-akun yang akan dijadikan sebagai kontak terpercaya, klik kotak berwarna biru yang bertuliskan 'Confirm' (lihat tanda panah).
    langkah 6

  7. Kemudian kita akan diminta memasukkan kata sandi (password) akun kita. Inputkan pada kolom yang telah disediakan (lihat panah 1), setelah itu klik 'Submit' (lihat panah 2).
    langkah 8

  8. Lalu akun-akun yang ditambahkan sebagai kontak terpercaya akan muncul dalam daftar kontak terpercaya kita. Di situ juga ada pilihan untuk merubahnya (silahkan klik Edit) atau bahkan membuangnya atau mengosongkannya kembali (silahkan klik Remove All). Tapi jika tidak ada perubahan silahkan klik 'Close'.
    langkah 9

  9. Selesai, dan silahkan ber-facebook ria kembali. ^,^

Nah, setelah kita menambahkan kontak terpercaya (trusted contacts) beberapa saat kemudian akun-akun yang dijadikan sebagai kontak terpercaya (trusted contacts) akan menerima notifikasi atau pemberitahuan bahwa yang bersangkutan telah ditambahkan sebagai kontak terpercaya. Dan dengan ini untuk ke depannya apabila kita mendapati kasus lupa kata sandi (password) dan tidak bisa mengakses email, kita sudah tahu siapa-siapa saja yang harus dihubungi untuk diminta bantuannya untuk proses pemulihan akun facebook kita agar bisa diakses seperti sedia kala.

pemberitahuan telah ditambahkan sebagai kontak terpercaya (1)
pemberitahuan telah ditambahkan sebagai kontak terpercaya (2)

Oke deh, cukup sekian dan semoga bermanfaat. ^,^

4 comments:

  1. Dadi bintang iklan kudune aku oleh bagean ikih nek pas oleh wesel soko mbah google...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nek tak kasih bagian mengko duite gawe tuku sepatu yo. ^,^

      Delete
  2. mudah dan simple triknya mas. terima kasih. jangan lupa kunjungan balik www.hadziqmtqn.org

    ReplyDelete