October 10, 2015

Kompres Ukuran File Gambar Secara Online

Indonesia Itu Indah
Indonesia Itu Indah

Kali ini aku akan memberikan informasi tentang bagaimana cara mengkompres atau mengecilkan ukuran file yang berformat jpeg atau berekstensi .jpg secara online, artinya kita tidak perlu memiliki atau meng-install program aplikasi tambahan di komputer atau laptop kita, karena kita cukup mengunggah file gambar tersebut dan proses dilakukan oleh situs yang dituju. Jadi intinya kita harus terhubung ke internet terlebih dahulu.

Situs yang akan aku coba fasilitasnya adalah situs jpeg-optimizer.com. Sebetulnya ada banyak situs penyedia layanan gratis seperti ini, tetapi dari beberapa situs yang aku coba, situs jpeg-optimizer.com adalah yang menurutku terbaik hasilnya dan yang paling mudah prosesnya. Oke deh, mari kita mulai tutorialnya.

Caranya:
  1. Buka internet browser, lalu pada kotak pencarian ketikkan kata kunci 'jpeg optimizer' (lihat panah 1), kemudian akan muncul hasil pencarian yang berhubungan dengan kata kunci yang diketikkan, karena pada tutorial kali ini menggunakan bantuan situs jpeg-optimizer.com maka pilihlah tautan yang mengarah ke situs jpeg-optimizer.com (lihat panah 2).

    langkah 1
    langkah 1

  2. Kemudian akan tampil halaman utama dari situs jpeg-optimizer.com, langsung saja klik 'Pilih File' (lihat tanda panah).

    langkah 2
    langkah 2

  3. Kemudian muncul kotak pencarian untuk memilih file gambar yang akan dikompres ukurannya. Caranya, cari lokasi atau folder file di komputer anda (lihat panah 1), pilih file gambar yang akan dikompres (lihat panah 2), lalu klik 'Open' (lihat panah 3).

    langkah 3
    langkah 3

  4. Kemudian perhatikan menu pengaturannya. Pertama, beri tanda check list (contreng) pada menu Compress Image dan berikan nilai angka 0-99 pada kolom Compression Level, atau abaikan saja sesuai nilai default 65 (lihat panah 1). Kedua, beri tanda check list (contreng) pada menu Resize Photo jika ingin merubah dimensinya, isi kolom di sebelahnya dengan angka yang sesuai dengan lebar piksel yang diinginkan (lihat panah 2). Ketiga, klik 'Optimize Photo' (lihat panah 3).

    langkah 4
    langkah 4

  5. Tunggu beberapa saat, lalu tampilan gambar hasil proses kompres akan muncul. Lihat kolom keterangan di bawah gambar yang menginformasikan perbandingan ukuran file sebelum dan setelah dikompres dan juga berapa persentasi rasio perbandingannya.

    langkah 5
    langkah 5

  6. Kemudian klik kanan pada tampilan gambar, lalu pilih 'Simpan gambar sebagai' (lihat tanda panah).

    langkah 6
    langkah 6

  7. Tentukan di mana anda akan menyimpan file gambar hasil kompres tersebut. Caranya, tentukan letak folder atau drive mana yang akan digunakan sebagai tempat menaruhnya (lihat panah 1), lalu beri nama file-nya (lihat panah 2), lalu klik 'Save' (lihat panah 3).

    langkah 7
    langkah 7

  8. Setelah itu lihat ke folder tempat file disimpan dan lihat perbedaan ukuran file-nya dengan file aslinya yang tidak dikompres.

    langkah 8
    langkah 8

  9. Selesai, mudah bukan? ^,^

No comments:

Post a Comment