July 31, 2015

Cek Harga Suku Cadang Asli Sepeda Motor Yamaha

Suku Cadang & Aksesoris Asli Yamaha

Harga kiprok di beres (bengkel resmi) berapa gan?
Harga filter oli V-ixion ori berapa?
Sayap luar Vega R asli Yamaha kira-kira harganya berapa ya?

Pernah mendapati pertanyaan seperti di atas? Yup, mungkin pernah lah ya. Padahal hidup di era informatika seperti saat ini seharusnya mudah untuk mendapatkan jawaban dari contoh pertanyaan-pertanyaan di atas. Tinggal buka aplikasi browser di smartphone dan (istilahnya) tanya ke Mbah Google dengan memasukkan kata kunci dan tarraaa, muncul beberapa tautan yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan.

Tapi kok masih ada ya pertanyaan-pertanyaan seperti di atas?
Hihihihi, banyak faktornya sih, imho, ada yang memang tidak tahu di mana dan bagaimana mendapatkan informasinya, ada yang kurang melek internet (padahal hape-nya hape pintar lho), ada yang sudah tahu tapi kurang yakin dengan informasi yang didapat, ada yang takut dibohongi oleh bengkel resmi (hellow :P), dan menurutku faktor yang paling banyak adalah karena malas serta ingin mendapatkan informasi dan jawaban dengan cepat (apa karena kebanyakan konsumsi makanan dan minuman cepat saji yah? :D).

Oke deh, apabila sepeda motor yang dimiliki ber-merk Yamaha dan perakitannya tahun 2000 ke atas, anda bisa cek harga suku cadang (spare part) sepeda motor Yamaha anda di halaman situs yang telah disediakan oleh Yamaha. Begini caranya,
  • Buka aplikasi browser, lalu ketikkan alamat http://www.yamaha-motor.co.id/spare-parts/ygp/part-catalogue.html (panah #1), lalu klik pada gambar yang bertuliskan 'PARTS CATALOGUE' (panah #2).
    langkah 1

  • Lalu akan muncul kotak pemberitahuan, klik 'SETUJU' (tanda panah). Di kotak pemberitahuan tersebut tertulis bahwa pada perangkat anda dibutuhkan aplikasi penampil Adobe Acrobat Reader dan Adobe Flash Player untuk membuka halaman berikutnya. Install kedua aplikasi tersebut pada perangkat anda jika belum ter-install.
    langkah 2

  • Kemudian akan muncul kotak pilihan, pilih besar cc sepeda motor (panah #1), lalu pilih nama sepeda motornya (panah #2), lalu pilih tahun perakitannya (panah #3), lalu klik 'Mencari' (panah #4). Atau bisa juga dengan memasukkan nomor rangka sepeda motor yang akan dicari suku cadangnya (panah #5), lalu klik 'Mencari' (panah #6). Sebagai contoh pada kasus kali ini aku akan mencoba mencari suku cadang sepeda motor Mio J tahun 2012.
    langkah 3

  • Kemudian akan muncul daftar sepeda motor sesuai dengan jenis yang telah dipilih, pilih salah satu sesuai dengan warna sepeda motor yang akan dicari suku cadangnya, lalu klik 2x (tanda panah).
    langkah 4

  • Kemudian akan muncul halaman yang menampilkan suku cadang dari sepeda motor tersebut. Pada kasus kali ini aku akan mencoba mencari suku cadang berupa bohlam lampu depan. Lihat ke tampilan di sebelah kiri, lalu cari dan pilih 'Headlight' (tanda panah), lalu klik 2x.
    langkah 5

  • Kemudian akan muncul daftar suku cadang bagian 'Headlight' (lampu depan), pilih lalu klik 2x (panah #1). Kemudian di bagian bawah akan muncul keterangan dari suku cadang yang dipilih tadi (panah #2). Nah, di situ tertera harga eceran tertinggi (het) suku cadang dari bohlam lampu depan adalah Rp.29.000,-. Jika anda ingin mencari suku cadang lainnya atau suku cadang sepeda motor Yamaha lainnya, silahkan klik pada salah satu pilihan pada kotak tombol warna hitam yang ada di bagian kanan atas halaman (panah #3).
    langkah 6

Selesai, mudah kan?
Jadi apabila ingin melakukan servis rutin di bengkel resmi Yamaha dan ada bagian pada sepeda motor kita yang dirasa ingin atau harus diganti, sebelum pergi kita bisa mengetahui estimasi biaya yang akan dikeluarkan untuk pembelian suku cadang. Oh iya, itu hanya harga suku cadangnya saja lho, biasanya ada biaya tambahan berupa biaya pemasangan dan biaya servis (jasa).

Oke, semoga bermanfaat. ^,^

No comments:

Post a Comment